Beranda » Pelatihan Manajemen Keuangan dalam Meningkatkan Keandalan Menyusun Laporan Keuangan

Pelatihan Manajemen Keuangan dalam Meningkatkan Keandalan Menyusun Laporan Keuangan

Setiap semester tugas wajib yang harus di lakukan oleh seorang dosen adalah Pengabdian kepada Masyarakat selain pengajaran dan penelitian. Untuk kegiatan pengabdian kelompok dosen dari Universitas Pamulang ini masih memilih lokasi yang sama dengan semester lalu di Kecamatan Pagedangan Tangerang Banten dengan khalayak sasaran PAC Gerakan Pemuda Ansor pada tanggal 5 Maret 2022 dan di ketuai oleh Sri Mardiana, S.E., M.M. Pengabdian ini memilih tema “Pelatihan Manajemen Keuangan Dalam Meningkatkan Keandalan Menyusun Laporan Keuangan Pada PAC Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Pagedangan, Tangerang-Banten”.

Pemilihan tema ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada Pemuda Ansor untuk memahami penyusunan laporan keuangan yang benar dalam organisasinya.  Penyampaian materi menggunakan metode ceramah  dan pelatihan oleh Yenny Merinatul Hasanah, S.Pd.I., M. Pd. mengatakan bahwa “sangat penting mengetahui ilmu Manajemen Keuangan khususnya dalam suatu organisasi terkait laporan pertanggungjawaban di akhir tahun. Dengan adanya pengetahuan manajemen keuangan akan dapat membantu GP Ansor dalam memantau pemasukan dan pengeluaran anggaran organisasi secara detail”.

Hal yang mungkin mempengaruhi keandalan dan ketepatan memanajemen keuangan organisasi adalah kapasitas sumber daya manusia. Untuk menghasilkan informasi keuangan yang bermanfaat bagi para pemakai, maka laporan keuangan harus disusun oleh pengurus organisasi yang memiliki kompetensi di bidang manajemen keuangan. Disinilah peran pemimpin dan pengurus organisasi sebagai sumber daya manusia yang memiliki kapasitas yang handal dalam mengelola keuangan Gerakan Pemuda Ansor Pagedangan-Tangerang Banten.

Seperti yang diketahui bersama bahwa GP Ansor merupakan salah satu Badan Otonom Nahdlatul Ulama (NU) yang bergerak di bidang kepemudaan dan kemasyarakatan. GP Ansor memiliki peran strategis dan signifikan dalam perkembangan masyarakat Indonesia. GP Ansor mampu mempertahankan eksistensi dirinya, mampu mendorong percepatan mobilitas sosial, politik dan kebudayaan bagi anggotanya, serta mampu menunjukkan kualitas peran maupun kualitas keanggotaannya.

Lebih lanjut GP Ansor diberikan pelatihan terkait cara membuat laporan keuangan di sertai dengan kasus kegiatan pemasukan dan pengeluaran yang terjadi di periode berjalan. Sehingga mempermudah dan membantu  mereka dalam memanajemen keuangan organisasi.

Setelah pemberian materi dan pelatihan, tentu saja ada kegiatan tanya jawab untuk mengantisipasi peserta yang belum memahami materi yang di pandu oleh Intan Sari Budhiarjo, S.E., M.M. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini di harapkan dapat memberi manfaat bagi perkembangan Sumber daya manusia dalam organisasi GP Ansor ke depannya di segala bidang.

Oleh: Sri Mardiana, S.E., M.M.

Dosen Prodi Manajemen Universitas Pamulang.

Bagikan Artikel Ini