Beranda » Mengenal Bahasa, Sastra dan Politik

Mengenal Bahasa, Sastra dan Politik

Bahasa adalah ungkapan yang diucapkan untuk menyampaikan informasi atau makna kepada orang lain yang dimengerti oleh lawan bicara apa yang kita ucapkan. Fungsi bahasa itu sendiri adalah sebagai alat komunikasi kepada orang lain, sedangkan sastra adalah sebuah kata yang diindahkan atau kata-kata yang memiliki makna, bahasa dan sastra tentu sangat berhubungan karena karya sastra tanpa adanya bahasa bukan menjadi karya sastra, adanya sastra di bahasa membuat orang tertarik akan membacanya karena karya tersebut mempunyai nilai estetikanya atau keindahan dan sebuah makna yang dapat diambil oleh pembacanya, nah apa itu politik? Politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama.

Politik ini berhubungan dekat dengan masyarakat karena sebuah keputusan pasti diambil dari masyarakat, beradu argumen, mengeluarkan pendapat, dan lain sebagainya, ada pula yang bermain main dengan politik seperti koruptor.

Apa hubungannya sastra dan politik ? Sastra dan politik berhubungan melalui bahasa yang digunakan oleh para politikus misalnya, sedang mempromosikan diri atau kampanye yang dilakukan agar masyarakat tertarik dan memilih dia, itu bisa menggunakan bahasa yang baik tentu sastra juga berpengaruh terhadapnya karena bahasa dan sastra menjadi suatu media komunikasi antara politikus dengan masyarakat diluar.

Bagikan Artikel Ini