Beranda » Pengertian Bahasa: Manfaat dan Sejarah

Pengertian Bahasa: Manfaat dan Sejarah

Pengertian bahasa adalah suatu alat komunikasi yang dimiliki manusia yaitu berupa sistem lambang bunyi yang berasal dari alat sia untuk berkomunikasi satu sama lainnya dengan memakai tanda atau simbol, misalnya kata-kata dan gerakan tubuh.
Pengertian Bahasa Menurut Beberapa Ahli
1. Sudaryonoucap atau mulut manusia.
Ada juga yang menjelaskan bahwa arti bahasa adalah suatu kemampuan yang dimiliki manu
Menurut Sudaryono, arti bahasa adalah sarana komunikasi yang efektif walaupun tidak sempurna sehingga ketidaksempurnaan bahasa sebagai sarana komunikasi menjadi salah satu sumber terjadinya kesalahpahaman.
2. Harimurti Kridalaksana
Menurut Harimurti Kridalaksana (1985:12), pengertian bahasa adalah suatu sistem bunyi bermakna yang dipergunakan untuk komunikasi oleh kelompok manusia.
3. Wibowo
Menurut Wibowo (2001:3), pengertian bahasa adalah sistem simbol bunyi yang bermakna dan berartikulasi (dihasilkan oleh alat ucap) yang bersifat arbitrer dan konvensional, yang digunakan sebagai alat berkomunikasi oleh sekelompok manusia untuk melahirkan perasaan dan pikiran.
Fungsi-Bahasa.jpg
fungsi bahasa sebagai alat komunikasi dalam berinteraksi
Secara umum, bahasa adalah memudahkan banyak orang diberbagai daerah untuk berinteraksi kehidupan berbangsa dan bernegara. berikut ini adalah beberapa fungsi bahasa tersebut:
1. Sebagai Alat Berkomunikasi
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahasa merupakan kumpulan kata-kata yang memiliki makna.
2. Sebagai Identitas Suatu Suku/ Bangsa
Bahasa juga dapat berfungsi sebagai identitas suatu suku/ bangsa karena keunikannya. Setiap suku/ bangsa tentunya memiliki bahasa yang berbeda-beda, hal ini menjadi identitas dan keunikan tersendiri bagi suatu suku/ bangsa.
3. Sebagai Alat Pemersatu Suatu Bangsa
Bahasa dapat berfungsi sebagai alat pemersatu bangsa karena penggunaannya sebagai alat untuk berkomunikasi. Setiap warga suatu bangsa dapat menyampaikan pemikirannya dengan menggunakan bahasa yang dimengerti. Komunikasi masyarakat dengan menggunakan bahasa yang sama dan dimengerti satu sama lain akan mempersatu suatu bangsa menjadi lebih kuat.
Manfaat bahasa yang didapatkan oleh manusia. Adapun beberapa manfaat bahasa adalah sebagai berikut:
1. Bahasa Resmi Suatu Negara
Ada negara yang di dalamnya terdapat banyak bahasa daerah, contohnya Indonesia yang terdiri dari berbagai suku bangsa.
2. Alat Pengembang Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan
Dalam berbagai upaya pengembangan kebudayaan yang ada di Indoensia, tentu sangat berkaitan dengan penggunaan bahasa Indonesia.
3. Pengantar dalam Dunia Pendidikan
Dalam penyampaian materi di dunia pendidikan harus menggunakan bahasa resmi yang dimengerti oleh warga negara yang bersangkutan. Itulah sebabnya kegiatan belajar-mengajar di negara kita menggunakan bahasa Indonesia dan menjadi salah satu bidang studi yang harus dipelajari oleh para siswa. Demikian artikel yang saya buat semoga bermanfaat sampai jumpa di artikel selanjutnya 
Terimakasih.
Penulis: Yulianti
Bagikan Artikel Ini