Beranda » Penggunaan Bahasa Bagi Kalangan Remaja

Penggunaan Bahasa Bagi Kalangan Remaja

Pentingnya Penggunaan Bahasa Indonesia Bagi Kalangan Remaja
Seperti yang kita tahu negara Indonesia mempunyai banyak sekali provinsi serta pembagian wilayah di dalam nya, sehingga dengan adanya pembagian wilayah tersebut sudah pasti memunculkan banyak nya perbedaan antara satu daerah dengan yang lainnya.
Mulai dari perbedaan suku, bahasa, ras , agama dan budaya. Tidak heran jika dari perbedaan tersebut mudah sekali terjadinya perselisihan. Oleh sebab itu untuk mengurangi terjadinya perselisihan perlu ditanamkan jiwa nasionalisme yang tinggi.
Penggunaan bahasa menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan, karena dapat dijadikan senjata dalam menumbuhkan sikap nasionalisme warga negaranya.
Karena dengan banyaknya bahasa daerah yang ada, bahasa Indonesia menjadi satu satunya bahasa yang dapat mempersatukan banyaknya perbedaan diantara masyarakat Indonesia.
Lantas seberapa penting penggunaan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari terutama di kalangan remaja?
Jawabannya penting sekali, bisa dibayangkan jika tidak ada bahasa Indonesia dan masyarakat harus menggunakan bahasa daerahnya masing-masing tentu akan sangat sulit dalam berkomunikasi, segala aspek kehidupan tidak akan berjalan lancar, karena terhalang oleh perbedaan bahasa. Terlebih komunikasi merupakan kebutuhan dasar bagi manusia. Dengan berkomunikasi manusia dapat saling berhubungan satu sama lain baik dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat atau dimana saja manusia berada.
Masyarakat memang sudah menerapkan pengggunaan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari, akan tetapi seiring dengan pesat nya perkembangan teknologi komunikasi, penggunaan bahasa Indonesia di kalangan remaja mulai tergeser keberadaan nya dengan bahasa gaul yang menjadi trend masa kini. Para remaja lebih sering menggunakan bahasa gaul dalam berinteraksi. Sehingga tidak jarang para remaja yang kesulitan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar. Bahasa gaul dapat dikatakan sebagai kode-kode tertentu yang hanya dimengerti oleh segelintir orang saja. Banyaknya pengguna remaja dipicu oleh gengsi dalam diri mereka karena jika tidak mengetahui, mengerti dan menggunakan bahasa gaul, maka remaja tersebut akan dianggap ketinggalan jaman oleh remaja lain.
Berikut adalah dampak positif dan negatif :
Dampak Positif
1. Remaja lebih kreatif dalam menyampaikan opini yang disampaikan
2. Menimbulkan keakraban dalam berkomunikasi sehingga akan lebih leluasa dan merasa nyaman
Dampak Negatif
1. Bahasa Indonesia akan tergeser oleh bahasa gaul.
2. Derajat bahasa Indonesia akan turun, karena bahasa gaul lebih mudah untuk digunakan saat berkomunikasi dan hanya orang tertentu yang mengerti
3. Remaja menjadi kurang paham dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baku.Dengan menggunakan bahasa gaul, remaja akan sulit mengerti penggunaan bahasa Indonesia yang baku karena sudah terbiasa berkomunikasi menggunakan bahasa gaul.
Menurut saya pemakaian bahasa gaul dalam kehidupan sehari-hari merupakan bentuk penyimpangan dari penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Adanya penyimpangan ini dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan bahasa Indonesia. Luntur atau hilangnya penggunaan bahasa Indonesia dikarenakan kurangnya kesadaran dalam diri untuk mencintai dan menggunakan bahasa Indonesia di negeri sendiri.
Hal ini terkadang diperparah oleh maraknya dunia artis yang menggunakan bahasa gaul di media massa dan elektronik
Kita sebagai bangsa Indonesia seharusnya lebih mencintai bahasa indonesia sebagai bahasa persatuan di negeri sendiri. Dengan cara menjunjung tinggi bahasa Indonesia, menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari serta memperbanyak kosakata bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Bagikan Artikel Ini