Beranda » Pengaruh Bahasa Gaul Pada Zaman Ini

Pengaruh Bahasa Gaul Pada Zaman Ini

Sumber Foto : Dokumentasi Penulis

Bahasa merupakan alat untuk berkomunikasi menyampaikan ide, pikiran maupun pendapat. Indonesia terdiri dari beberapa pulau, bahasa yang beraneka ragam, budaya yang berbeda – beda dari sabang sampai merauke. Banyak sekali bahasa yang dipakai di Indonesia ada bahasa bahasa Bawa, Bugis, Sunda dan, bahasa – bahasa lainnya.

Tidak menutup kemungkinan setiap bahasa yang berbeda – beda menimbulkan munculnya kata – kata baru atau yang sering dikenal dengan bahasa gaul. Tentunya hal ini akan menjadi bahasa baru bagi anak kaum muda di zaman sekarang ini. Hal ini diakibatkan mudahnya mengakses media sosial seperti Google, Youtube maupun aplikasi – aplikasi lainnya.

Contoh, ada seorang anak kecil yang sedang berjalan di sebuah taman bunga dan berkata “Wah taman dan danau ini mantul sekali”!

Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa, bahasa gaul sudah berkembang di kalangan orang dewasa maupun anak kecil. Tidak menutup kemungknan seiring dengan perkembangan zaman, Indonesia akan menanpung dan akan menerima pengaruh – pengaruh yang diberikan oleh zaman dalam bahasa – bahasa yang baru bermunculan.

Penggunaan bahasa gaul menimbulkan dampak negatif terhadap perkembangan bahasa di Indonesia, sebagai identitas bangsa. Dewasa ini, masyarakat sudah banyak yang memakai bahasa gaul, generasi muda Indonesia tidak akan terlepas dari pemakaian bahasa ini, apabila tidak segera ditangani. Bahkan, generasi muda inilah yang banyak memakai dan menggunakan bahasa gaul daripada memakai bahasa Indonesia yang sesuai dengan KBBI.

Untuk menghindari pemakaian bahasa gaul yang sangat luas di masyrakat, masyarakat perlu menanamkan kecintaan akan bangsa. Seiring dengan munculnya bahasa gaul, banyak sekali dampak atau pengaruh yang ditimbulkan oleh bahasa tersebut dalam perkembangan bahasa Indonesia sebagai identitas bangsa, diantaranya sebagai berikut :

  1. Hilangnya bahasa – bahasa baku yang sebelumnya digunakan
  2. Menganggu pemahaman bahasa bagi orang lain
  3. Rendahnya penggunaan bahasa di negeri
  4. Bisa menjadi salah satu penyebab punahnya sebuah bahasa

Dari pernyataan di atas bisa disimpulkan bahasa gaul bisa saja mengeser bahasa baku sebagai bahasa persatuan Indonesia. Dengan kata lain, bahasa gaul bisa saja berdampak negatif terhadap perkembangan bahasa indonesia pada masa kini dan masa mendatang. Bahasa indonesia adalah bahasa nasional. Bahasa gaul juga menjadi salah satu dampak punahnya bahasa indonesia.

Maka dari data di atas dapat disimpukan bahwa, penggunaan bahasa pada saat ini sudah bisa dikatakan semakin menurun. Hal ini seharusnya segera ditangani, supaya tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan pada masa yang akan datang.

Bagikan Artikel Ini