Beranda » Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah Keterampilan dan Proses Pembelajaran

Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah Keterampilan dan Proses Pembelajaran

Deprianto S.Ak, Mahasiswa Magister Akuntansi Universitas Pamulang

Dampak Pandemi covid-19 Terhadap Dunia pendidikan

Deprianto S.Ak, Mahasiswa Magister Akuntansi Universitas Pamulang

Indonesia merupakan salah satu negara yang terinfeksi pandemi Covid-19. Penyakit Corona virus 2019 (Covid-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh sindrom pernapasan akut corona virus 2 (SARS-Cov-2). Sehingga berdampak Kepada Masyarakat, Mahasiswa dan siswa atau di tempat umum. Berdasarkan riset Nielsen yang bertajuk “race againt the virus.

Indonesia Consumer Respon towards Covid-19” Mengungkapkan bahwa sebanyak 50% masyarakat indonesia mulai masyarakat indonesia mulai mengurangi aktivitas diluar rumah, dan 30% diantaranya mengatakan bahwa mereka berencana untuk lebih sering berbelanja online. Begitu juga kegiatan proses belajar mengajar dilaksanakan dari rumah bahkan bekerja pun dilakukan dari rumah dengan tujuan agar bisa mengurangi penularan Covid-19.

Pembelajaran merupakan instrumen penting mencerdaskan kehidupan Bangsa. Sebagai suatu sistem penting dalam pendidikan, pembelajaran diselenggrakan sebagai ruang interaksi terbangunnya relasi guru dan peserta didik mengembangkan potensi kognitif, psikomotorik dan efektif.

Hal ini harus didukung dengan dinamika pembelajaran yang berjalan secara efektif dan suasana belajar internal yang membuat peserta didik tertarik belajar. Pembelajaran juga dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal, seperti dengan adanya wabah Covid-19 yang memberikan dampak di antaranya

  1. Sekolah dialihkan kerumah melalui proses pembelajaran daring.
  2. Terjadi tranformasi media pembelajaran berbasis teknologi melalui pengunaan Whatshap group, Zoom, Google Classroom, Youtube dan saluran Tv (TVRI)
  3. Penyesuaian metode pembelajaran
  4. Penyesuaian evalusi pembelajaran untuk penentuan standart kenaikan kelas dan kelulusan
  5. Tuntutan kolaborasi orangtua peserta didik dirumah sebagai pengganti guru mengontrol pembelajaran anak.

Dampak positif pembelajaran online dalam sistem pendidikan indonesia pasca pandemi Covid-19.

Pesatnya perkembangan teknologi infomasi terutama internet membuka peluang bagi pengembangan layanan informasi yang lebih baik di lembaga pendidikan. Pasca mewabahnya pandemi Covid-19 ke indonesia pada pertengahan maret 2020 maka pemerintah daerah mengeluarkan kebijakan dalam dunia pendidikan yaitu meniadakan sementara pembelajaran tatap muka secara langsung dan diganti dengan pembelajaran secara online, baik tingkat sekolah dasar dan menengah,maupun tingkat perguruan tinggi.Hai itu dapat di wujudkan dalam suatu sistem yang di sebut electronic university (e-University).

(***)

Bagikan Artikel Ini