Beranda » Media Sosial Sebagai Wadah Peluang untuk Mencari Cuan di Masa Pandemi Covid-19

Media Sosial Sebagai Wadah Peluang untuk Mencari Cuan di Masa Pandemi Covid-19

Ilustrasi - foto Dokumentasi Penulis

Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, menghambat aktivitas perekonomian dunia. Akibat kondisi yang tengah melanda seluruh dunia, tidak sedikit perusahaan yang hampir bangkrut dan ingin menutup perusahaannya tersebut. Dengan kondisi yang memaksa untuk berdiam diri di dalam rumah mengharuskan para pebisnis maupun masyarakat yang terkena dampak dari pandemi Covid-19 harus memutar otak untuk memikirkan cara bagaimana agar menghasilkan ide-ide kreatif baru dan inovatif untuk tetap mendapatkan cuan meski dari dalam rumah.

Salah satu inovasi dalam aktivitas bisnis yang dapat diandalkan saat ini adalah dengan melalui transformasi digital. Transformasi digital dapat diartikan secara sederhana sebagai perubahan bentuk analog ke dalam bentuk digital. Dengan penggunaan internet dan media sosial yang semakin hari semakin pesat perkembangannya membuat bisnis berbasis digital menjadi peluang yang cukup menjanjikan saat ini.

Untuk mewujudkan ide dan kreasi dalam berbisnis melalui media sosial, sebaiknya pikirkan secara matang terlebih dahulu bisnis apa yang ingin dibuat lalu dikreasikan ide tersebut dengan inovatif. Untuk mempermudah hal tersebut pikirkanlah sekiranya bisnis yang sesuai dengan fashion yang dimiliki. Dengan demikian hal tersebut dapat terealisasi dengan mudah. Tentukan target saat ingin melakukan bisnis melalui media sosial, yakini banyak masyarakat mengenai bisnis yang dijalankan melalui media sosial dengan melakukan kegiatan promosi dengan cara yang kekinian. Seperti memberikan cashback, voucher diskon, dan lain sebagainya.

Karena pada saat ini hampir semua hal dipengaruhi oleh teknologi maka, Inovasi yang dijalankan juga harus sesuai dan sejalan dengan arus perkembangan zaman yang semakin pesat. Agar tetap bertahan dalam melakukan bisnis melalui media sosial.

Perlu dijadikan catatan bahwa mencari cuan melalui internet dan media sosial, setidaknya harus melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu. Melakukan riset untuk sesuatu yang ditekuni adalah kunci dari penguasaannya. Selain itu melakukan riset juga dilakukan agar tidak mudah tertipu oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Meski seperti terlihat mudah mencari cuan di media sosial merupakan hal yang sedikit agak sulit, banyak saingan dari berbagai macam penjuru negeri. Maka dari itu diperlukan niat, kesabaran, dan kreatifitas serta inovatif yang tinggi untuk tetap bertahan dalam berbisnis melalui media sosial. Berbisnis dalam media sosial bukan hanya sekedar melakukan perdagangan jual beli kepada orang lain akan tetapi banyak beragam hal lain yang bisa di jadikan sebagai peluang untuk berbisnis.

Sudah bukan rahasia umum lagi ketika menjadi konten kreator dengan membuat berbagai kreasi video menarik dan tidak membosankan akan dibayar dari seberapa banyak jumlah orang yang menonton video tersebut. Video yang dapat dibuat juga sangat beragam dan menarik mulai dari video menghibur, video edukasi belajar secara daring dengan diselingi banyak hal menarik seperti menambahkan candaan agar tidak bosan, dan banyak video lainnya.

Tidak berhenti disitu jika memiliki bakat menulis itu merupakan peluang yang sangat besar untuk mencari keuntungan dalam bermedia sosial. Selain akan mendapatkan keuntungan yang besar dari hasil karya membuat tulisan tersebut dalam media sosial, seseorang juga dapat menuangkan ide yang ada di dalam pikirannya secara bebas untuk dipublikasi.

Hal ini juga dapat memberikan banyak aspirasi akan karya tulis dan ikut turut serta mengajak banyak masyarakat lain untuk terjun ke dalam karya tulis menarik secara online yang dapat meningkatkan literasi pada bangsa. Jika tulisan yang dibuat sangat menarik bahkan bisa dijadikan buku inspirasi dan lain sebagainya yang tentunya akan meraup lebih banyak keuntungan.

Mulai dari orang tua bahkan sampai anak remaja dapat ikut serta mencari cuan melalui peluang dari penggunaan media sosial. Dengan berkembang pesatnya media sosial membuat segala hal menjadi lebih mudah dan cepat. Berdiam diri dirumah saat pandemi Covid-19 menyerang bukan lah hal yang dapat dijadikan alasan untuk terus mengeluh dan merasa susah. Justru dengan keadaan seperti ini berdiam diri dirumah dan menghabiskan banyak waktu mungkin ini adalah saat yang tepat untuk berfikir dan mengukur bagaimana dan sejauh mana untuk tetap bertahan hidup dengan mencari cuan saat pandemi terjadi.

Ada banyak hal yang dapat dijadikan inspirasi untuk mencari cuan dalam bermedia sosial seperti dengan melakukan hobi yang disuka saat didalam rumah. Hal tersebut dapat menjadi acuan untuk mencari inspirasi dan inovasi baru untuk memikirkan hal apa yang sekiranya cocok dan sesuai untuk dijadikan cuan dalam bermedia sosial. Ketika sudah menemukan suatu yang pas maka bungkus dan kemas lah hal tersebut sesuai dengan trend zaman saat ini terus ikuti perkembangan zaman agar tetap bertahan saat mencari cuan melalui media sosial.

Dampak dari pandemi covid-19 tidak sepenuhnya buruk. Bagi beberapa orang ini merupakan peluang yang sangat besar untuk mengembangkan bisnis dengan cara yang lebih menguntungkan lagi dari biasanya. Dengan tetap di dalam rumah meluangkan banyak waktu dengan keluarga akan tetapi tetap bisa mendapatkan keuntungan dari hasil berbisnis melalui media sosial merupakan hal yang sangat luar biasa bukan?.

Media sosial sebagai wadah penampung peluang untuk mencari cuan meski dari rumah disaat masa pandemi Covid-19 yang sekarang sedang terjadi, menjadi alternatif yang tepat untuk pencegahan penyebaran virus yang tengah mewabah dunia saat ini. Dengan melakukan pembayaran secara online ketika berbisnis dalam media sosial tengah berlanjut hal tersebut dapat mengurangi penularan dan penyebaran virus  Covid-19.

(***)

Bagikan Artikel Ini