Beranda » Mata Kuliah Sosiolinguistik, Jadi Minat Mahasiswa di Prodi Sastra Indonesia Universitas Pamulang

Mata Kuliah Sosiolinguistik, Jadi Minat Mahasiswa di Prodi Sastra Indonesia Universitas Pamulang

Mata Kuliah Sosiolinguistik umumnya dipahami sebagai suatu bidang ilmu yang mengkaji bahasa dalam penggunaannya di masyarakat. Mata kuliah ini juga mata kuliah wajib berjenjang bagi mahasiswa jurusan Sastra Indonesia, khususnya bagi mereka yang memilih untuk memperdalam masalah ilmu Linguistik yang dihubungkan dengan masalah-masalah sosial di masyarakat. Sosiolinguistik dapat mengacu kepada pemakaian data kebahasaan dan menganalisis ke dalam ilmu-ilmu lain yang menyangkut kehidupan sosial, dan sebaliknya, mengacu kepada data kemasyarakatan dan menganalisis ke dalam linguistik.

Metode yang digunakan adalah deskriptif, dalam arti, menelaah objek sebagaimana adanya pada saat tertentu. Salah satu mahasiswa sastra Indonesia, Teguh Firman Saputra mengatakan “Mata Kuliah ini jadi minat di jurusan saya, karena mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah favorit yang banyak dipilih mahasiswa untuk dijadikan bahan menulis skripsi”.

Sosiolinguistik mengkaji bahasa yang mengaitkan dengan dimensi kemasyarakatan, Dari perspektif sosiolinguistik fenomena sikap bahasa (language attitude) dalam masyarakat multibahasa merupakan gejala yang menarik untuk dikaji, karena melalui sikap bahasa dapat menentukan keberlangsungan hidup suatu bahasa. Sosiolinguistik juga memerhatikan fonologi, morfologi, dan sintaksis, tetapi satuan yang terbesar yang menjadi objeknya adalah wacana, setidaknya sosiolinguis memulai dari wacana, baru turun ke tataran yang lebih kecil. Karena masalah Sosiolinguistik itu fungsi bahasa, pendekatannya tidak cukup eka/tunggal disiplin (seperti linguistik) melainkan harus anekadisiplin (multidisipliner), meliputi sosiologi, antropologi, psikologi sosial.

Topik umum yang dikaji dalam sosioliguistik diantaranya bahasa, dialek, idiolek, ragam bahasa, repertoar bahasa, masyarakat bahasa, kedwibahasaan, fungsi kemasyarakatan, kegandabahasaan, etnografi berbahasa, sikap bahasa, perencanaan bahasa, interaksi sosiolinguistik serta bahasa dan kebudayaan.Setiap topik yang disebut itu mempunyai unsur-unsur yang dapat dikaji dari berbagai aspek; juga telah terkumpul cukup banyak hasil penelitian yang memperkaya perbendaharaan studi sosiolinguistik.

(Teguh Firman Saputra)

Bagikan Artikel Ini