Beranda » Bersama HashMicro, IMA SC Telkom University Mengajak Audiens untuk Mempersiapkan Karir sebagai Corporate Marketing

Bersama HashMicro, IMA SC Telkom University Mengajak Audiens untuk Mempersiapkan Karir sebagai Corporate Marketing

Dalam beberapa tahun terakhir, profesi marketing khususnya digital marketing tengah menjadi salah satu pekerjaan yang paling diminati oleh generasi milenial. Terlebih, di era digitalisasi seperti sekarang ini, strategi marketing merupakan salah satu aspek terpenting untuk memasuki dan bersaing dengan pasar.

Memanfaatkan kondisi tersebut, Indonesian Marketing Association Sub Chapter Telkom University bekerja sama dengan beberapa perusahaan profesional salah satunya HashMicro, menggelar acara virtual berupa marketing class untuk memberikan edukasi kepada generasi muda dalam memulai karir di bidang pemasaran. 

Dibuka oleh sambutan dari Pembina IMA SC, acara Marketing Class ini dimulai dengan materi “Build Your Career Path in Marketing Industry” yang dibawakan oleh manajer digital marketing SEA dari HashMicro, Victo Glend. Pada kesempatan ini, HashMicro didampingi juga oleh pembicara dari perusahaan lain yaitu PT Nutrifood Indonesia. 

Pada materi pembuka ini, Victo Glend menuturkan bahwa seorang digital marketer tidak akan langsung terdampak dari masalah perekonomian suatu negara. Menurutnya, pada situasi apapun, Anda tetap bisa mengiklankan produk ke orang yang tepat, di saat yang tepat. Seperti halnya di saat Indonesia diterpa badai pandemi kemarin. Awalnya, saat HashMicro belum menerapkan strategi digital marketing yang efisien, rata-rata pengunjung website hanya dibawah 250 perharinya. Namun, pada saat situasi pandemi COVID-19 sekalipun, berkat strategi digital marketing yang tepat, Victo Glend berhasil menaikan jumlah visitor hingga mencapai angka 1000 dalam 2 minggu. Bahkan hingga saat ini, pengunjung harian HashMicro mencapai lebih dari 7000 pengunjung per harinya.

Selain itu, berbicara mengenai bidang pemasaran, umumnya kita mungkin hanya mengetahui bahwa marketing hanya memiliki satu tipe pekerjaan. Tetapi pada kesempatan ini, Victo Glend menjelaskan bahwa marketing memiliki beberapa tipe berdasarkan kelompoknya masing-masing. 

Bekerja di bidang apapun bukan berarti kita hanya kenal betul mengenai teori, melainkan prakteknya di dunia bisnis. Setiap orang pasti memiliki kapasitas yang berbeda-beda sehingga audiens harus memiliki skill set untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas sebelum terjun ke dunia kerja. 

Victo Glend juga memberikan tips ketika ingin memasuki dunia kerja, yakni kita harus tahu apa yang ingin kita capai dan apa yang dapat kita kontribusikan untuk perusahaan. Selain itu, prospek kerja dari bidang marketing juga dijelaskan dalam materi ini dengan tujuan audiens tahu sejauh mana skill yang mereka miliki dan gambaran prospek kerja yang luas di masa yang akan datang. 

Di samping itu, tips ketika interview dengan perusahaan juga disampaikan oleh Victo Glend. Ia berharap dalam virtual class ini, para audiens bisa membawa ilmu yang banyak yang dapat diimplementasikan. Lalu, beliau juga menyampaikan kepada generasi muda bahwa mencari pekerjaan bukanlah hal yang sulit tetapi kembali kepada cocok atau tidaknya kita pada pekerjaan tersebut. 

Materi yang dibawakan selesai dengan penutupan pada bagian strategi ketika ingin bekerjasama dalam bidang pemasaran. Kesimpulannya adalah Anda harus mengenal lebih dalam dunia marketing sebelum Anda Benar-benar terjun pada bisnis tersebut sehingga Anda memiliki bekal yang lebih dan nantinya dapat berpengaruh besar pada kemampuan yang ada di dalam diri masing-masing. 

Bagikan Artikel Ini