Beranda » Membangun Peradaban Melalui Pendidikan Islam

Membangun Peradaban Melalui Pendidikan Islam

Oleh : Muhammad Abdi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas  Ilmu tarbiyah dan Keguruan UIN syarif Hidayatullah jakarta

Peradaban adalah seluruh hasil budaya manusia yang mencangkup seluruh aspek kehidupan , baik fisik (bangunan, jalan) maupun non-fisik (nilai-nilai tatanan). Masyarakat yang maju budayanya  berarti mempunyai peradaban yang tinggi. Contoh peradaban yang maju yaitu pada masa kekhalifahan Harun al Rasyid, pada masa itu negara islam menempatkan dirinya sebagai negara terkuat. Harun al-Rasyid memanfaatkan kekayaan negaranya untuk membiayai Gerakan intelektual berupa penerjemahan, penelitian, penulisan, pendirian Lembaga pendidikan dan perpustakaan.

Peradaban bermula sejak manusia diciptakan sampai sekarang, peradaban terus berkembang dari waktu ke waktu masa ke masa tahun ke tahun terus berkembang terus berubah dari yang dulunya tidak menggunakan alas kaki sekarang menggunakan sandal dan sepatu dari dulunya yang menunggangi kuda sekarang yang mengendarai motor dari dulunya harus bertemu saat rindu sekarang tinggal buka hp.

Peradaban memiliki berbagai definisi salah satunya peradaban adalah segala bentuk kemajuan, baik yang merupakan kemajuan bendawi ilmu pengetahuan,sastra maupun sosial yang terdapat pada masyarakat. contoh peradaban yang ada di Indonesia dari bangunan  ada masjid, dari segi kesenian ada batik dan masih banyak contoh peradaban yang ada di Indonesia.

Majunya suatu bangsa dapat ditentukan oleh kemajuan peradabannya. membangun peradaban tidak dapat dipisahkan dari manusia sebagai subjek individu pembuat budaya. Kualitas suatu bangsa dapat dilihat, dari tingkat kesejahteraan, ketentraman, keadilan dan kedamaian penduduknya. untuk membangun peradabannya, suatu bangsa harus bisa mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dengan mengembangkan sumber daya manusia yang kompeten, bermoral berdasarkan agama. untuk mencapai kemajuan peradaban, kualitas pendidikan terutama pendidikan islam merupakan modal utama untuk dipenuhi.

Bagaimana cara kita mengetahui suatu negara memiliki peradaban yang maju? Kita dapat mengetahui suatu negara memiliki peradaban yang maju dengan mengetahui ciri peradaban yang maju, berikut ciri-ciri negara yang memiliki peradaban yang maju 1. memiliki kota-kota baru, indah, dan modern 2. program pemerintahan yang teratur 3. banyak berekembang berbagai macam ilmu pengetahuan dan teknologi yang lebih maju seperti Kesehatan, bentuk tulisan, kesenian, keagamaan, dan lain-lain 4.masyarakat memiliki  berbagai macam keahlian, dan sastra sosial yang kompleks.

Pengertian pendidikan islam, menurut zakiyah dhrajat pendidikan islam adalah proses pembentukan pribadi kepribadian manusia sebagai muslim. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendidikan islam adalah suatu proses bimbingan kepada manusia  yang berdasarkan pada ajaran islam dan tujuannya untuk membentuk kepribadian yang sesuai dengan aturan Islam. Pendidikan Islam memegang peranan penting dalam membangun peradaban, pendidikan islam menuntun masyarakat menjadi pribadi yang produktif, dan berwawasan yang luas, sebagaimana sabda rasul SAW tuntutlah ilmu walaupun sampai ke cina. Pendidikan islam mendidik anak agar menghormati orang tuanya tidak berbuat dan berkata kasar kepada mereka.

Pendidikan Islam tidak hanya mengajarkan perkara akhirat saja, tetapi juga, perkara dunia, Seperti, Islam menuntun umatnya agar menguasai teknologi, menjaga kebersihan, menjaga lingkungan dll. Islam juga mengajarkan untuk saling menghormati perbedaan bukan saling memusuhi dan menjatuhkan. sebagaimana firman Allah swt dalam AL-quran yang artinya wahai manusia sungguh kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal (QS Al-hujurat : 13).

Pendidikan islam mengajarkan untuk menghormati tamu yang bertamu ke rumah dan menghormati dan membantu  tetangga yang sedang kesusahan tidak saling memusuhi. Islam menuntun kita untuk membantu sama lain. Islam mengajarkan umatnya untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar Kesehatan tetap terjaga dan tidak mudah terkena penyakit, dengan islam kita dapat membangun peradaban yang maju.dimulai dari diri kita sendiri untuk membangun peradaban yang maju.

Salah satu contoh pendidikan islam di Indonesia adalah pondok pesantren. Pondok pesantren mendidik santri-santrinya siang dan malam agar menjadi seorang muslim yang baik.mereka para santri diatur sejak dari bangun tidur hingga tidur lagi sesuai dengan syariat islam. Dengan menggunakan pendidikan islam kita dapat memajukan peradaban di Indonesia karena dengan menggunakan pendidikan islam kita dapat membentuk sikap dan moral yang baik. penerapan pendidikan islam seperti menjaga kebersihan dan kerapian  berpengaruh dalam pembentukan moral sehingga tercipta pribadi yang baik dan cerdas

Karna pendidikan islam mengajarkan hal-hal yang baik seperti harus saling menghormati satu sama-lain yang membuat pribadi seorang menjadi baik sehingga peradaban pun menjadi berkembang dan maju. Kita harus mulai menerapkanya ke diri kita sendiri kemudian kita terapkan pada orang lain sehingga peradaban kita dapat berkembang dan maju

Sudah kita ketahui bahwa pendidikan islam itu mengajarkan kebaikan oleh karena itu kita harus menerapkannya pada kehidupan kita. Kita harus intropeksi diri agar kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Sehingga kita dapat mengembangkan peradaban yang ada negeri tercinta ini.

Dengan sistem pendidikan islam kita dapat mewujudkan peradaban yang maju karena sistem pendidikan islam kita dapat mewujudkan masyarakat yang berpribadi yang baik bukan hanya sekedar baik tapi masyarakat yang terbaik di dunia dan baik disisi Allah swt karena yang paling mulia disisi Allah adalah orang yang paling bertaqwa. 

Mari kita lihat peradaban islam pada abad pertengahan di cordova terdapat 700 masjid 60 ribu rumah mewah dan 70000 perpustakaan dan memiliki 500 ribu manuskrip, peradaban begitu maju kenapa bisa semaju itu peradaban, karena penduduknya memiliki pribadi yang baik dan juga berwawasan yang luas.

Pendidikan islam mendidik manusia sesuai tuntunan ajaran islam agar manusia menjadi pribadi yang baik. Islam memberikan perhatian besar terhadap ilmu pengetahuan. Islam menuntun manusia agar mempelajari ilmu pengetahuan.agar manusia menjadi lebih produktif agar manusia terus berkembang. Islam tidak melarang mempelajari teknologi sesuai tuntunan dan ajaran Islam. Karena islam menginginkan kebaikan bagi manusia.

Kesimpulan peradaban yang maju itu peradaban yang kesopansantunan kebudibahasaan dan kebudayaannya yang menjadi lebih baik daripada keadaan sebelumnya. Dalam perspektif islam kemajuan peradaban sangat penting, karena peradaban yang maju bermakna masyarakatnya memiliki pribadi yang baik dan terus berkembang menjadi lebih baik lagi. Sehingga masyarakatnya Makmur dan sejahtera.  Yang harus dilakukan melalui pendidikan islam adalah mendidik moral masyarakat dan generasi muda agar menjadi pribadi yang baik dengan begitu Indonesia menjadi negara berperadaban maju dan Islami.

Bagikan Artikel Ini