Beranda » Mahasiswa S1 Akuntansi UNPAM Adakan PKM Online Pemanfaatan dan Pengenalan Marketplace

Mahasiswa S1 Akuntansi UNPAM Adakan PKM Online Pemanfaatan dan Pengenalan Marketplace

Sumber Foto : Dokumentasi Penulis

Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa program studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang mengadakan kegiatan sosialisasi mengenai pengenalan dan pemanfaatan marketplace Shopee sebagai sarana pemasaran online yang dapat dihadiri oleh masyarakat secara umum.

Kegiatan ini diadakan untuk memberikan pengetahuan mengenai bagaimana membentuk kemandirian dan produktifitas masyarakat terutama terkait kegiatan perekonomian di masa adaptasi baru dengan memanfaatkan marketplace shopee sebagai sarana pemasaran online.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan mahasiswa ini diselenggarakan melalui aplikasi conference zoom meeting dengan Aditya Rama sebagai Master of Ceremony (MC) yang memandu berlangsungnya kegiatan acara. Herliana Apriyanti selaku Moderator dalam kegiatan acara, Ing Wulan Maruti sebagai narasumber pertama, dan Afifa Rizky sebagai narasumber kedua. Acara ini juga dihadiri oleh Ibu Fil Isnaeni S.Pd.I.,M.Pd.I selaku dosen pembimbing yang memberikan arahan kepada panitia penyelenggara kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) ini.

Beliau juga turut hadir untuk memberikan sambutan kepada para audience dengan menyampaikan ucapan terima kasih dan memaparkan sedikit mengenai tujuan dan latar belakang dari diadakannya kegiatan pengabdian ini. Beliau menyampaikan semoga kegiatan acara tersebut dapat memberikan manfaat dan pengetahuan bagi teman-teman audience.

Dalam pemaparan materi yang disampaikan oleh saudari Ing Wulan Maruti sebagai narasumber pertama, beliau menyampaikan kegiatan perekonomian saat ini, telah banyak yang beralih ke pemanfaatan teknologi digital salah satunya yaitu pemanfaatan marketplace sebagai sarana kegiatan transaksi jual beli dimana pihak yang melakukan transaksi tidak perlu melakukan pertemuan secara langsung.

Saudari Ing Wulan menyampaikan bahwa marketplace yang sebelumnya didominasi oleh bisnis tipe B2C (Business to Customer) saat ini didominasi oleh bisnis dengan tipe C2C (Customer to Customer). Dimana hal ini menunjukkan bahwa marketplace tidak hanya digunakan oleh suatu entitas kepada entitas/perorangan lain, namun juga dimanfaatkan perorangan untuk melakukan kegiatan transaksi jual beli ke perorangan lainnya.

Beliau juga menyampaikan bahwa keberadaan marketplace saat ini setidaknya memudahkan penggunanya (user) untuk memenuhi kebutuhan  dengan berbagai alternatif pilihan produk yang beragam serta kemudahan alur penjualan atau pembelian dengan kemudahan sistem pembayaran dan sistem pengiriman yang semuanya dapat diakses melalui gadget.

Kemudian dalam pemaparan materi yang di sampaikan oleh saudari Afifa Rizky sebagai narasumber kedua, beliau fokus dalam menyampaikan materinya terkait bagaimana cara  meningkatkan perekonomian pada kondisi pandemik Covid-19 bagi perorangan yaitu seperti membuat toko di marketplace Shopee. Beliau membahas mengenai fitur-fitur apa saja yang terdapat di dalam marketplace Shopee, bagaimana cara membuat toko di Shopee, dan membahas mengenai bagaimana cara menjadi star seller di marketplace Shopee.

Beliau juga memberikan tips-tips terkait menjadi penjual yang bijak dan memiliki banyak konsumen di marketplace Shopee. Tips yang diberikan oleh beliau untuk menjadi penjual yang bijak yaitu seperti konsisten terhadap kualitas produk yang digunakan, selalu meningkatkan pelayanan, dan selalu yakin terhadap produk yang akan dipasarkan tanpa khawatir dengan pesaing lain. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa dalam meningkatkan jumlah konsumen terhadap produk yang dipasarkan dapat dilakukan dengan selalu upgrade terkait ketersediaan produk (stock produk), memberikan promo-promo menarik (gratis ongkir, cashback, potongan harga, dan lainnya), selain itu tidak perlu khawatir terhadap harga atau kualitas dari para pesaing, dan lain sebagainya.

Kedua narasumber juga menyampaikan bahwa dimasa pandemik Covid-19 yang sampai saat ‎ini belum memungkinkan masyarakat untuk intensif bekerja/aktivitas di luar rumah yang ‎membuat perekonomian masyarakat menurun, menuntut masyarakat untuk membangun kemandirian dan produktifitas, salah satunya dengan pemanfaatan marketplace sebagai produk dari teknologi digital yang memungkinkan inovasi terbentuk bukan hanya dari produk, namun juga kemudahan akses pada produk. (Ing Wulan Maruti)

(***)

Bagikan Artikel Ini