Beranda » Youtube Merubah Mimpi Menjadi Kenyataan

Youtube Merubah Mimpi Menjadi Kenyataan

Sugiyarto.S.E.,M.M, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang

Oleh: Sugiyarto.S.E.,M.M, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang

Di  era perkembangan teknologi  informasi  yang  sangat cepat, telah merubah sebagian perjalanan hidup  seseorang. Bahkan cerita kesukseskan hidup seseorang  bisa menjadi inspirasi bagi orang lain dan bisa menjadi program acara  televisi yang bisa menarik banyak iklan. Selain televisi ada  media lain yang menyajikan berita dan informasi yang bisa memberikan  inspirasi untuk masyarakat umum.

Kita bisa  melihat kisah sukes youtuber  yang memiliki follower jutaan  dan  menghasilkan  jutaan rupiah setiap bulan. Sebagian diantara  mereka sebelumnya  adalah orang yang tidak dikenal oleh masyarakat luas, bahkan pelaku industri hiburan dan televisi tidak ada  yang mengenal mereka. Bisa jadi mereka pernah ditolak oleh industri hiburan di tanah air atau gagal menjadi  public figure.

Dengan perubahan jaman dan perkembangan teknologi informasi,  youtuber  yang  bermunculan saat ini bisa menghasilkan uang yang tidak sedikit bahkan penghasilan  mereka mengalahkan gaji orang kantoran.

Sebelum youtube  menjadi tempat  untuk  mengembangkan diri dan  berkreasi  secara mandiri. Televisi menjadi  target utama masyarakat untuk mempromosikan bakat diri seseorang, dengan harapan setelah masuk TV  keinginan mereka  untuk menjadi artis  atau public figure  bisa tercapai

Berbeda dengan kondisi saat ini, harapan  untuk menjadi orang terkenal  dan mampiu  menghasilkan banyak uang sangat mudah. Setiap individu bisa membuat  Chanel Youtube  secara mandiri dan posting video  dokumentasi pribadi yang menarik dan bisa dilihat oleh masyarakat umum.  Jika isi video menarik, maka antusiasme  masyarakat untuk  melihat  video   di Chanel  youtube kita akan meningkat setiap saat. Sehingga kemungkinan diri  anda  menjadi  terkenal  sangat terbuka lebar. Ketika pemilik  produk atau  agency  memilih tempat  iklan, kemungkinan besar  chanel   anda  akan menjadi salah satu pilihan. Karena penggemar  chanel youtube anda  sudah banyak tentu segmen  pasarnya juga sduah terbentuk.

Semenjak  penyebaran  Covid-19  meningkat selama kurun waktu 2020  -2021 banyak dunia hiburan mulai terdampak termasuk pekerja seni, maka muncul selebgram  dan  youtuber   menjadi pesaing baru dunia pertelivisian  dengan konten yang lebih menarik  yang bisa diterima oleh masyarakat.

Kehadiran youtuber ini selaras dengan karakater masyarakat kita yang ingin sukses secara  instan seperti panci ketemu tutup . Kreatifitas   para contents  creator  juga ikut  menentukan suskses  dan tidaknya  youtuber .

Ada  youtuber  secara  khusus  membuat  konten  kuliner jalanan, yang menjadi ciri khas jajanan wong cilik yang tidak terakomodir pusat perbelanjaan modern.

Setiap daerah di Indonesia  memiliki banyak jenis makanan yang  di buru oleh para pecinta kuliner dan menjadi tempat tujuan  wisata kuliner masyarakat perkotaan. Terkadang wisatawan pemburu  kuliner ini memperoleh  informasi  dan referensi  dari para youtuber yang mereka saksikan.

Multiplier effect  dari munculnya banyak  youtuber, tentu  menguntungkan  pelaku  usaha  kuliner yang telah  di promosikan  secara   “gratis” . Di sisi  lain konten seperti ini juga bisa memberikan inspirasi bagi orang  lain yang memiliki bakat kuliner  bisa  merintis usaha  dalam bidang makanan yang mampu menciptakan lapangan kerja.

Adanya konten  sosial, ulasan  tempat  wisata bahkan tutorial memperbaiki alat listrik serta kendaran   telah  mampu  menginspirasi  banyak orang  sukses menjadi youtuber. Di era teknologi  seperti saat ini, untuk  menjadi orang sukses dan terkenal  sangat mudah  serta tidak  harus  menjadi orang yang memiliki penampilan sempurna.

Saat ini teknologi telah merubah  kehidupan seseorang. Jika anda memiliki  bakat, anda bisa membuat chanel  youtube dan membuat konten menarik agar  bisa menarik masyarakat melihat video di chanel youtube anda. Banyak contoh youtuber sukses  yang memiliki  follower jutaan, dengan latar belakang  pekerja pabrik, atau  TKW bahkan  ada youtuber  yang memang orang kampung  yang sebenarnya ingin menyampaikan informasi  kehidupan mereka sehari –  hari   sebagai orang kecil, tapi chanel youtubenya dikunjungi banyak masyarakat.

Ternyata  untuk menjadi  terkenal dan sukses tidak harus menjadi  seorang artis atau bintang film di televisi.  Jika anda memiliki bakat,  silahkan membuat  chanel   youtube, sebarkan bakat alami anda  dengan liputan yang menarik, maka anda  akan dicari masyarakat dan pemasang iklan. Tidak  hanya  terkenal  dan dikenal masyarakat, andapun akan memiliki added value yang tidak di miliki orang lain.

(***)

Bagikan Artikel Ini