Beranda » Seberapa Banyak Slang yang Dapat Kamu Temui di Twitter

Seberapa Banyak Slang yang Dapat Kamu Temui di Twitter

Slang merupakan bahasa tidak resmi yang biasa digunakan oleh kelompok sosial tertentu untuk berkomunikasi, agar mereka yang bukan dari kelompok sosial tersebut tidak mengerti dan membuat bahasa slang bersifat rahasia. Meskipun sebenarnya bahasa slang sudah ada sejak awal abad ke 18, tetapi kini bahasa slang kerap kali digunakan dalam kehidupan sehari-hari karena mudah ditangkap telingan dan juga mudah digunakan. Slang sendiri biasanya digunakan oleh anak muda yang tidak suka menggunakan bahasa aslinya atau bahasa baku. Bahasa slang sendiri dapat digunakan secara lisan dan juga tulisan, seperti ysng terjadi di media sosial.

Media sosial merupakan media yang berbasis online dan mendukung interaksi sosial yang menggunakan teknologi berbasis web dan mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif. Di dalam media sosial kita dapat menemui bahasa slang, terutama di media sosial Twitter. Twitter memungkinkan pengguna untuk mengirim dan juga membaca pesan yang biasa disebut dengan tweets, di dalam tweets tersebutlah kita dapat menemui bahasa slang.

Ada banyak bahasa slang yang dapat kita temui dalam Twitter terutama dalam bentuk yang disingkat atau juga yang dipendekan. Misalnya saja:

JB

Yang berarti Join Bareng. Biasanya digunakan ketika kita ingin ikut beragabung dalam sebuah obrolan.

• Atau SJW

Sosial Justice Warrior yang berarti pejuang keadilan. Singkatan tersebut biasa digunakan ketika membuat tweets mengenai keadilan.

Baru-baru ini terdapat bentuk singakatan yang mulai digunakan oleh warga Twitter, yaitu:

TBL

Yang berarti Takut Banget Loh.

CBL

Yang berarti Cakep/Cantik Bnaget Loh, singkatan tersebut digunakan untuk memuji seseorang.

TIA

Thanks In Advance, yang berarti terima kasih sebelumnya. Singkatan tersebut biasanya digunakan ketika sender (pengirim pesan) bertanya di dalam base.

Slang sendiri memliki fungsi tersendiri, terumata di dalam twitter. Karena kapasitas untuk membuat tweest hanya sekitar 280 karakter. Membuat slang atau menyingkat kalimat menjadi pilihan untuk tetap bisa berkomunikasi. Fungsi slang di dalam Twitter, antara lain:

• Untuk memudahkan hubungan sosial di dalam Twitter, slang yang biasanya digunakan adalah mutual, menfess, jb, atau hyung.

• Untuk menarik perhatian pengguna lainnya, slang yang biasa digunakan adalah thread, spill, dan tea.

• Untuk menyindir, slang yang biasanya digunakan adalah baper, tubir, magadir, pansos. Baru-baru ditemui penggunakan slang makondo yang berfungsi untuk menyindir kaum laki-laki yang hanya mementingkan nafsunya.

• Untuk mempersingkat, karena hanya terdapat 280 karakter dalam sekali tweets mempersingkat kata menjadi solusi. Slang yang biasanya digunakan adalah oot, cmiiw, wdyt, rl btw, pa.

Mungkin saja ada lebih banyak slang yang nantinya dapat kita temui, karena slang sendiri akan berbeda setiap musimnya. Terlebih lagi slang sudah menjadi bahasa keseharian anak muda, sehingga kosakata slang akan selalu muncul dengan kosakata yang baru.

Bagikan Artikel Ini