Beranda » Mencintai Bahasa Indonesia Sebagai Identitas Nasional

Mencintai Bahasa Indonesia Sebagai Identitas Nasional

kalian tahu gak sih, sebagian besar dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah identitas. apasih itu identitas?Identitas adalah pembeda antara satu sama lain. Sama halnya dengan identitas diri yang membedakan antara manusia satu dengan yang lain, identitas nasional juga merupakan pembeda antara bangsa itu sendiri dengan bangsa-bangsa yang lain loh.
Apa Itu Identitas Nasional?
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), identitas memiliki pengertian sebagai jati diri. Sedangkan nasional merupakan bersifat kebangsaan; berkenaan atau berasal dari bangsa sendiri; meliputi suatu bangsa. Teman-teman adapun menurut beberapa pendapat ,yaitu Menurut Kaelan (2007), identitas nasional pada hakikatnya adalah manifestasi nilai-nilai budaya yang tumbuh dan berkembang dalam aspek kehidupan satu bangsa (nation) dengan ciri-ciri khas, dan dengan ciri-ciri yang khas tadi suatu bangsa berbeda dengan bangsa lain dalam kehidupannya.
Pada dasarnya identitas nasional adalah unsur-unsur yang menjadi ciri khas/jati diri dari Bangsa Indonesia yang membedakannya dengan bangsa lain. Salah satu unsur instrumental identitas nasional Bangsa Indonesia yakni Bahasa Indonesia.
sebelumnya apa sih Pengertian serta Fungsi Bahasa?.
Menurut beberapa pendapat yaitu Kridalaksana dan Djoko Kentjono (dalam Chaer, 2014:32) bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer yang digunakan oleh para anggota kelompok sosial untuk bekerja sama, berkomunikasi, dan mengidentifikasikan.
Mengapa Harus Mencintai Bahasa Indonesia?
Seperti yang tertuang dalam Sumpah Pemuda yang menandai dari awal pergerakan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia, salah satu butir didalamnya menyebutkan bahwa ” Kami putra dan putri Indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia”. Yang mana berarti bahwa Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan yang menyatukan berbagai macam jenis suku bangsa dari Sabang sampai Merauke. Dengan aneka ragam bahasa yang dimiliki, tidak mungkin juga kita bisa memahami kesemuanya.
Maka dari itu diperlukan sebuah bahasa yang disepakati sebagai bahasa persatuan, dimana seluruh rakyat Indonesia tidak peduli dari latar belakang suku manapun dapat berkomunikasi dengan baik menggunakan bahasa tersebut.
Bagikan Artikel Ini