Beranda » Membentuk Kreatifitas Anak Panti Dalam Mengatur Keuangan Di kehidupan Sehari-hari Sesuai dengan Prinsip Akuntansi

Membentuk Kreatifitas Anak Panti Dalam Mengatur Keuangan Di kehidupan Sehari-hari Sesuai dengan Prinsip Akuntansi

Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) merupakan Implementasi dari salah satu  Thri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian kepada masyarakat. Tujuan yang ingin dikehendaki dari pelaksanaan PMKM ini adalah Bertambahnya peningkatan kemampuan sumber daya manusia sesuai dengan laju pertumbuhan pembangunan nasional.

Dengan diadakannya PMKM ini kami ingin mengamalkan Ilmu yang telah kami dapatkan dibangku perkuliahan. Dengan sasaran anak-anak Panti Asuhan Amanah yang berlokasi di Pamulang, Tangsel. Dengan mengambil judul “Membentuk Kreatifitas Anak Panti Dalam Mengatur Keuangan Di kehidupan Sehari-hari Sesuai dengan Prinsip Akuntansi”.

Tujuan kami melaksankan PMKM ini adalah untuk membekali ilmu kepada adik-adik Panti Asuhan Amanah dalam hal mengatur keuangan. Mengingat mengatur keuangan memangalah penting dilakukan guna menjaga kestabilan keuangan. Manfaat yang diperoleh yaitu melatih agar bisa Lebih Tertib dan Teratur dalam hal mengatur keuangan serta Memiliki Perencanaan Masa Depan yang Lebih Baik.

Dalam kegiatan PMKM kami diawali dengan sambutan baik oleh Pengurus beserta adik-adik Panti Asuhan Amanah Kedatangan kami bersama Bapak Sigit Adi Wibowo S.E., M.Ak. selaku Dosen pembimbing PMKM kami. Kemudian kami melaksanakan beberapa susunan dari rencana acara. Yang pertama ialah pembukaan dibuka oleh Alifvia Arubah Shofaa selaku MC dari kelompok PMKM. Kemudian dilanjutkan sambutan oleh Depi Aji Purwanto selaku ketua pelaksanaan PMKM. Kemudian dilanjutkan sambutan oleh Bapak M.Faly Hasan S.Q.,M.M. Selaku Kepala Panti Asuahn.

Setelah sesi pembukaan selesai dilanjutkan sesi pemaparan materi yang disampaikan oleh Laras Maulina Suhendi dan Vitara Rizki Yanti selaku anggota kelompok PMKM. Isi dari pemaparan materi kami yaitu :

  1. Memberikan Pemahaman tentang nilai uang kepada adik-adik sehingga bisa menanamkan sifat suka menabung

Mengajarkan tentang bagaimana uang tidak mudah didapatkan begitu saja sehingga perlu usaha dalam mendapatkannya. Maka dari itu adik-adik dapat mengerti nilai uang saat mereka memahami usaha dalam mendapatkan uang.

  1. Mengajak untuk mengatur dan memanfaatkan uang sesuai kebutuhan sehingga dapat melatih Kemampuan Pengelolaan Uang

Kemudian mengajak untuk mengatur dan memanfaatkan uang sesuai kebutuhan guna menghindari pengeluaran yang tidak perlu.Sehingga dapat mengenali cara memanfaatkan uang dengan sebaik-baiknya.

  1. Mengenalkan Pemahaman dalam menentukan Skala Prioritas dalam Pengelolaan Uang Yang Terbatas

Cara yang ketiga yaitu dengan memberikan Edukasi kepada adik-adik agar dapat memahami hal yang merupakan kebutuhan dan keinginan. Sehingga dapat menentukan skala prioritas dalam mengatur pengelolaan keuangannya.

  1. Mengajarkan Kepada adik-adik Dalam Mengurangi Risiko Finansial dalam antisipasi Hal-hal di luar dugaan

Kemudian memberikan pengetahuan dalam mitigasi finansial. Karena akan ada banyak hal yang tidak terduga yang mungkin akan terjadi kedepannya sehingga perlu mempelajari hal tersebut agar risiko yang terjadi tidak begitu fatal.

Setelah sesi pemaparan materi selesai kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab mengenai materi yang telah disampaikan. Bagi adik-adik yang bisa menjawab akan di berikan reward/hadiah. Dalam sesi tanya jawab banyak adik-adik yang antusias dalam menjawab pertanyaan.

Setelah itu kami mengajak adik-adik untuk berdiri dan menari bersama agar tidak begitu tagang dengan materi yang telah kami sampaikan. Kemudian setelah menari bersama yaitu sesi penyerahan sembako kepada pihak panti.

Dan Alhamdulillah, acara demi acara telah kita lewati bersama dengan ditutup oleh pembawa acara lalu dilanjutkan dengan ISOMA (Istirahat, Sholat, Makan).

“Melalui kegiatan PKM ini kami selaku mahasiswa/i mengharapkan adik-adik panti dapat memahami materi yang diberikan dan semoga bermanfaat dan dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari pada saat ini atau masa yang akan datang”.

Kami selaku mahasiswa/i Prodi Akuntansi S1 Universitas Pamulang Mengucapkan Terima kasih banyak kepada Panti Asuhan Amanah atas diberikannya kesempatan mengadakan acara PMKM ini. Tidak lupa kami berterima kasih banyak kepada Bapak Sigit Adi Wibowo S.E., M.Ak. selaku Dosen pembimbing.

Dan mohon maaf sebesar-besarnya dari kami jika terdapat kesalahan dalam proses acara yang tidak disengaja.

Wabillahi wa taufik wal hidayah,

Bagikan Artikel Ini