Beranda » Mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Pamulang Berbagi Sembako dan Alat Tulis

Mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Pamulang Berbagi Sembako dan Alat Tulis

Mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Pamulang Berbagi Sembako dan Alat Tulis di Pondok Pesantren Bahrul ulum, Perigi Baru, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan

Lili Eli Wahyudin, Mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Pamulang 

Mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Pamulang melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Pondok Pesantren Yatim Piatu dan Dhuafa Bahrul Ulum, Kelurahan Perigi Baru, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan.

Kegiatan ini dilaksanakan secara Online dan Offline. Kegiatan secara Online dilaksanakan pada tanggal 2, 16, dan 17 Oktober. Sedangkan kegiatan secara Offline dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober 2021.

Kegiatan ini dihadiri oleh Mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Pamulang, Dosen Pembimbing PKM, Ulfah Julianti, Pimpinan Pondok Pesantren, Ustadz M. Sapari S.Pd.I,. S.Kom, dan diliput oleh Sasmita Jaya Televisi ( SJTV ). Selain itu ada sekitar 120 santri yang ikut serta dalam kegiatan ini. Adapun kegiatan PKM ini dilaksanakan di Aula serbaguna Pondok Pesantren Bahrul ulum yang menjadi sentral kegiatan para Santri, kegiatan ini dilakukan dengan mematuhi standar protokol kesehatan yang berlaku saat ini.

Kegiatan PKM merupakan sebagai wujud mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Pamulang untuk memberikan manfaat ilmu pengetahuan yang didapat di Universitas Pamulang kepada para Santri Yayasan Pondok Pesantren Bahrul ulum.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diikuti oleh 45 anggota mahasiswa yang secara keseluruhan diketuai oleh Agusnaldi. Serta dibimbing Ulfah Julianti, selaku Dosen Sastra Indonesia Universitas Pamulang.

“PKM kali ini mengusung tema Pemanfaatan Perpustakaan di Pondok Pesantren Bahrul ulum dan Menumbuhkan Minat Baca dari Cerita Rakyat bagi Para Santri di Pondok Pesantren,” Agusnaldi Ketua Panitia PKM, Minggu (24/10/2021).

Kegiatan tersebut, kata dia, bertujuan untuk meningkatkan minat baca,memanfaatkan perpustakaan di Pondok Pesantren, serta berbagi kebahagiaan bersama para santri dengan memberikan sumbangan berupa sembako dan Alat Tulis yang merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi mereka.

Mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Pamulang yang tergabung memberikan pengajaran berupa ilmu-ilmu pengetahuan seputar bahasa dan sastra Indonesia ini diharapkan dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan terhadap anak-anak santri yang tinggal di pondok Pesantren tersebut.

“Pelajaran yang diberikan kepada para santri berupa pengenalan sejarah kebahasaan Indonesia, wawasan ilmu pengetahuan,keberagaman budaya dan suku bangsa, serta kajian puisi, cerpen, Pantun,Novel dll”, ujarnya.

Dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat kegiatan ini, lanjutnya, peserta sangat antusias dengan pelatihan dan serius dalam mengikuti tahapan proses yang dilakukan pada pembelajaran dalam kegiatan tersebut.Peserta yang hadir yaitu terdiri dari tingkatan Santri SD, SMP, dan SMA yang secara keseluruhan mereka berjumlah 120 orang.

“Kami sangat berterima kasih kepada Mahasiswa Sastra Indonesiai Universitas Pamulang yang bersedia membantu santri kami dalam melakukan pembelajaran dan juga berbagi ilmu pengetahuan serta berbagi kebahagiaan. Saat ini santri kami yang ada di Pondok Pesantren ini sangat membutuhkan uluran tangan dari para hartawan yang mana notabene mereka berasal dari kaum dhuafa dan anak-anak yatim Piatu,” ujar Jaka Suara salah satu pengurus di Pondok Pesantren tersebut.

Diharapkan Pengabdian Kepada Masyarakat ini menjadi acuan dan membawa banyak manfaat untuk masyarakat terutama bagi para santri di pondok pesantren.

Bagikan Artikel Ini