Beranda » Kiat Sukses di Usia Muda

Kiat Sukses di Usia Muda

Ilustrasi - sumber foto - Dokumentasi penulis

Sukses merupakan sebuah status dimana kita telah berhasil mencapai suatu pencapaian.

Kesuksesan tidak hanya dapat diukur melalui uang namun juga bisa melalui prestasi,terutama bagi para remaja yang masih duduk di bangku sekolah.

Prestasi juga merupakan kesuksesan loh. contohnya seperti menjadi juara satu di kelas atau memenangkan lomba.

Sukses di usia muda merupakan impian bagi semua orang, tapi untuk meraih kesuksesan juga tidak mudah, kita perlu berusaha lebih keras dan butuh ketekunan serta konsisten, meraih kesuksesan juga bisa dimulai dari hal-hal kecil seperti menentukan tujuan hidup.

Mengisi waktu luang dengan hal positif dan tidak hanya menciptakan ide baru namun juga mempraktekannya.

    Menentukan tujuan hidup

Merencanakan hal-hal untuk esok,hari ini,dan tahun yang akan datang,agar hidup kamu dapat terencana kamu perlu menentukan tujuan hidup,seperti kamu memilih mencapai kesuksesan melalui bisnis atau karir.

Memilih pergaulan yang benar juga sangat mempengaruhi pilihan tujuan hidup kamu karena dengan adanya lingkungan pergaulan yang benar kamu jadi dapat berpikir lebih positif dalam menentukan pilihan tujuan hidup kamu

    Mengisi waktu luang dengan hal positif

Mengikuti seminar-seminar kewirausahaan seperti bisnis kuliner,kamu juga bisa membaca buku dari segala sumber,dan belajar dari pengalaman-pengalaman orang sekitar,pada zaman era digital juga banyak jurnal digital yang bisa kamu pelajari. Dengan begitu kamu dapat menciptakan ide-ide baru.

   Mempraktekan ide-ide baru yang kamu buat

Tidak hanya menciptakan ide-ide baru kamu juga harus mengembangkan ide itu,dan jangan berlama-lama membuang waktu kamu hanya untuk menciptakan ide.

Memperaktekan ide kamu juga sangat penting,agar kamu tau efektivitas dari ide yang kamu buat, dalam mencoba hal baru pasti akan ada kegagalannya namun dari kegagalan itu kamu akan mendapat pelajaran sehingga kamu tidak mengulanginya lagi.

Untuk para remaja yang masih duduk di bangku sekolah kalian bisa meningkatkan potensi diri agar dapat maksimal dalam belajar sehingga bisa mencapai kesuksesan  melalui prestasi.

Tetapi ada beberapa orang yang diusia muda sudah terjun dalam dunia bisnis untuk
mencapai sebuah kesuksesan .

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis. Memiliki tekad yang kuat untuk membangun bisnis,dengan kamu memiliki tekad yang kuat kamu akan lebih konsisten dalam membangun bisnis,kamu juga akan lebih bersemangat dalam menjalankan bisnis.

Mengetahui peluang bisnis yang menjanjikan di lingkungan sekitar,dengan mengetahui peluang bisnis yang besar kamu jadi mudah untuk menentukan bisnis yang akan kamu jalani

Sehingga kamu dapat menarik pelanggan dengan mudah,karena tentunya pelanggan akan sangat membutuhkan bisnis kamu. Mengetahui bisnis apa yang akan kamu jalani,dengan kamu mengetahui kamu bisa mulai merancang tema bisnis, seperti halnya bisnis kuliner kamu jadi bisa mengikuti kemauan pelanggan masakan apa yang diinginkan dan secara tidak langsung kamu dapat menarik pelanggan ke bisnis kulinermu.

Menyiapkan modal juga sangat penting dalam memulai bisnis,umumnya orang yang berbisnis akan mengeluarkan modal yang besar, maka dari itu kamu sebagai bisnis pemula harus merincikan keperluan-keperluan yang dikeluarkan.

Berhemat dan selalu ingat bahwa kamu adalah seorang pemula. Tahan godaan barang mewah dan peralatan mahal,bisnis kamu bergantung pada uang yang ada di dompet kamu sehingga setiap rupiah harus di cek tiga kali lipat. Pertahankan overhead yang rendah dan Kelola arus kas kamu secara efektif (Santam,2018).

Motivasi untuk menjadi sukses biasanya dimulai dari orang sekitar seperti saudara atau kerabat yang sukses dalam dunia karir atau bisnisnya, namun untuk menjadi sukses  harus dimulai dari diri kita sendiri karena diri sendirilah yang dapat menggerakan untuk bisa meraih kesuksesan. Selain itu pendirian yang teguh dan alasan untuk menjadi sukses juga bisa menjadi motivasi untuk diri sendiri.

Seperti kisah Wirda mansur yang bisa kamu jadikan motivasi,dikutip dalam bukunya ia mengawali karirnya di usia 18 tahun menjabat menjadi direktur. Wirda juga mendirikan sebuah komunitas bisnis dengan system affiliate marketing yaitu Millenial anti bokek atau yang disingkat dengan MAB,dan juga sukses membangun bisnis kosmetiknya  sendiri yang bernama wakeup and makeup.

Bagikan Artikel Ini