Beranda » Peranan Akuntan Publik Menghadapi Angin Persaingan Bisnis dan Arus Pandemi

Peranan Akuntan Publik Menghadapi Angin Persaingan Bisnis dan Arus Pandemi

Ilustrasi - sumber foto : dokumentasi penulis

Di zaman Persaingan bisnis yang kian meningkat. Semakin banyak munculnya pesaing dari luar dan dalam negeri untuk mengembangkan pundi-pundi penghasilan didalam negeri.

Begitu juga dengan persaingan bisnis yang belakangan ini kian marak dengan digitalisasi hampir semua apsek bisnis dari kalangan Umkm, Kalangan menengah, dan besar harus dapat berevolusi mengikuti arus bisnis yang terus berkembang.

Ketika dipuncak-puncaknya persaingan bisnis lalu diterpa oleh badai dahsyat yang sangat luar biasa yaitu Covid-19. Membuat semua sektor ambruk dalam 2 tahun terakhir, banyak perusahaan besar yang terpaksa menutup usahanya akibat daya beli dan pangsa pasar yang turun dengan drastis, ditambah lagi semua sektor dibatasi untuk jam Oprational nya. Beban perusahaan yang kian besar dengan diikuti pemasukan yang kian mengecil, jelas menjadi beban yang berat bagi perusahaan dan para investor.

lalu bagaimana kah para akuntan public menyikapi hal demikian, banyak mitra patner yang terpaksa menutup usaha nya dan banyak efisiensi yang dilakukan perusahaan. adakah dampak besar bagi meraka. Mampukah mereka menjaga kwalitas standar berdasarkan ketentuan pemerintah dan PSAK.

Semua tau bahwa seorang akuntan menjadi pilar yang sangat penting dalam dunia bisnis, selain dari hasil pekerjeaan meraka dalam mengelola keuangan perusahaan, seorang akuntan juga harus menjaga standar SOP yang telah ditetapkan oleh mentri keuangan, serta juga harus memberikan pandangan tentang kondisi perusahaan, mampukah mereka menjadi tombak keaman untuk perusahaan. Mampukah mereka menjaga standar kerja mereka. Dimana hasil opini mereka pun sangat dibutuhkan bagi semua pihak, baik pihak internal maupun pihak eksternal.

Ini menjadi tangtangan besar bagi mereka dimana meraka. harus menjaga standar Etik dalam sebuah bisnis dan disatu sisi mereka juga membutuhkan mitra untuk income perusahaan mereka, sangat luar biasa tangtangan yang mereka hadapi. Dimana meraka harus menjaga norma-norma kode etik dan etika dalam sebuah pelaporan korporate.

Kita berharap akuntan public tetap kokoh dalam penerapan dan menjaga kwalitas nya yang mana mereka sangatlah dibutuhkan bagi perkembangan perusahaan. Semua bisnis membutuhkan laporan audit, baik itu perbankan, pemda, dinas perpajakan begitu juga para supplier untuk membaca apakah baik tidak nya sehat tidak nya mitra bisnis mereka

Novel Azahari

(Mahasiwa Magister Akuntansi Universitas Pamulang)

Bagikan Artikel Ini