Beranda » Handlis, Inovasi di Tengah Pandemi

Handlis, Inovasi di Tengah Pandemi

“Melahirkan lapangan kerja di tengah sulitnya mencari pekerjaan, serta melatih kreativitas anak bangsa dalam memanfaatkan limbah di sekitar lingkungan.” Pernyataan tersebut dilontarkan langsung oleh Lilis Melasanti, pemilik usaha cetak foto di atas kayu saat ditanya mengenai tujuan terbentuknya usaha tersebut. Selama ini cetak foto hanya dilakukan di atas kertas atau kain, tetapi Handlis—sebutan untuk produk—melahirkan inovasi baru dengan mencetak foto di atas kayu bekas.

Handlis merupakan nama untuk usaha cetak foto di atas kayu yang terletak di daerah Ciawi-Bogor. Usaha tersebut lahir sejak tahun 2014 dan dijalankan langsung oleh seorang wirausahawan bernama Lilis Melasanti bersama keluarga besarnya, di kediaman mereka sendiri. Proses editing, cetak, produksi, hingga proses akhir, dilakukan tanpa bantuan orang lain, dan dikerjakan dengan teliti untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Produk-produk yang ada pun beraneka ragam, mulai dari gantungan kunci, bingkai foto dengan bentuk buku, jam, bentuk box, dekoran kaligrafi, papan nama atau plakat, meja lipat. Semua produk tersebut berbahan dasar kayu pinus dengan kualitas terbaik, tetapi ramah lingkungan. Handlis akan mencetak foto sesuai pesanan di atas kayu pinus tersebut, dan menerima segala macam bentuk permintaan. Bukan hanya foto, tetapi tulisan-tulisan atau tanda tangan pun bisa dicetak di atas kayu tersebut, dengan kualitas tinggi dan tidak mudah luntur.

Proses produksi Handlis sangat ramah lingkungan dengan memperhatikan bahan-bahan yang digunakan sampai limbah yang dihasilkan dari produksi. “Kita menggunakan bahan kayu yang sangat ramah lingkungan, yaitu kayu pinus. Kayu ini tidak mudah lapuk, dan kualitasnya pun tinggi. Limbah dari hasil produksi pun kita kelola dengan baik sampai akhir, sehingga tidak merugikan lingkungan sekitar,” kata Lilis saat diwawancarai pada Kamis, 09 Desember 2020.

Inovasi pemanfaatan kayu sebagai pembuatan sebuah benda memang bukan hal baru, hal ini juga disadari oleh Lilis. Oleh karena itu, Handlis menawarkan kelebihan-kelebihan menarik yang membedakan produk berbahan kayu miliknya dengan merek lain. Keistimewaan Handlis terletak pada editan, kualitas gambar, karena proses cetak foto dilakukan dengan proses editing yang memiliki ciri khas tersendiri agar terlihat seperti lukisan.

Selain itu, Handlis juga menyediakan beragam motif yang bisa dipilih langsung oleh pembeli, bahkan menerima permintaan motif apapun tanpa terkecuali. Hal ini dilakukan agar semua orang bebas berkreasi tanpa batas dan ikut berkarya dalam menghasilkan sebuah produk berbahan kayu yang indah, sehingga tidak monoton hanya pada motif sederhana dan klasik. Ketika proses pembuatan, kayu-kayu tersebut menjalani proses pelapisan pernis agar lebih tahan lama dan gambar pun tidak akan hilang. Proses pelapisan pernis ini juga berpengaruh pada ketahanan kayu agar tidak mudah berjamur.

Produk yang tersedia di Handlis dapat dimanfaatkan sebagai kado ulang tahun, souvenir pernikahan, hadiah pernikahan, plakat acara untuk narasumber, atau pajangan di rumah. Nilai estetika menjadi nilai tambah dari produk-produk Handlis, selain editan yang rapi dan pahatan kayu yang indah. Selain itu, harga yang ditawarkan pun terbilang murah sehingga cocok untuk setiap kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, kalangan atas maupun bawah. “Produk-produk Handlis sangat murah jika dibandingkan dengan merek lainnya, karena disesuaikan dengan kantong pelajar,” ujar Lilis. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp10.000,00-20.000,00 untuk produk ganci. Sedangkan produk jam, bingkai, plakat, dekoran kaligrafi, papan nama, mulai dari harga Rp35.000,00-100.000,00.

Eksistensi Handlis hingga saat ini sudah dikenal luas di tengah masyarakat area Jabodetabek, Palembang, Riau, Aceh bahkan hingga luar negeri yaitu China dan Korea Selatan. Hal ini membuktikan bahwa kualitas yang ditawarkan Handlis sangat baik, dan diharapkan agar lebih dikenal di kota-kota besar Indonesia sebagai karya anak bangsa yang bermanfaat.

Peminat produk Handlis didominasi oleh mahasiswa, pelajar, tetapi mulai meluas ke berbagai kalangan. Jika diperkirakan, peminat produk-produk Handlis sudah mencapai ribuan orang, dengan reseller yang mencapai puluhan. Jadi tidak heran jika penyebaran produk-produk berbahan kayu milik Handlis terbilang cepat karena bantuan reseller yang tersebar di berbagai daerah dan bantuan media sosial.

Handlis diharapkan menjadi motivasi bagi anak bangsa dalam mengepakkan sayap di dunia bisnis, selain itu juga dapat melahirkan lebih banyak kreasi dan inovasi unik dalam melahirkan karya-karya yang bermanfaat. “Saya berharap agar Handlis bisa lebih dikenal banyak orang, terutama di Indonesia. Semoga bisa memiliki rumah produksi sendiri dan besar, agar bisa membuka lapangan kerja bagi siapa pun yang membutuhkan. Dan semoga Handlis bisa menjadi motivasi untuk melahirkan inovasi lainnya dalam pemanfaatan bahan-bahan berharga di sekitar kita,” kata Lilis saat ditanya harapan jangka panjang untuk usahanya tersebut.

Membeli produk anak bangsa juga sebagai bentuk mencintai produk dalam negeri, dan membantu dalam pertumbuhan usaha milik anak bangsa agar menjadi kebanggaan bersama.

Bagikan Artikel Ini