Beranda » Pidato BTS di UNGA Jadi Motivasi Remaja

Pidato BTS di UNGA Jadi Motivasi Remaja

Sumber foto : Dokumentasi Penulis

Jenis musik KPOP kini menjadi popular di seluruh dunia, bukan hanya di negara asalnya Korea Selatan. Selain paras yang mempesona motivasi yang diberikan para idol juga menjadi daya tarik bagi para remaja. Salah satunya adalah Bangtan boys mereka selalu memberi motivasi kepada penggemar melalui pidato maupun lagunya. Di masa pandemi saat ini, banyak remaja yang merasa stress dan jenuh. Rasa jenuh tersebut membuat mereka kehilangan motivasi dan semangat dalam menggapai cita-cita. Selain itu, saat ini remaja cenderung aktif dalam menggunakan media sosial membuat mereka merasa kurang ketika melihat kelebihan dan kebahagiaan orang lain.

Selain memberikan motivasi Boyband dengan segudang prestasi ini mampu membuat para penggemar bangga dan terpesona dengan perjuangannya. Mencapai posisi ini bukanlah hal yang mudah. Memulai karir dengan debut di agensi kecil yaitu Bighit Entertainment membuat mereka mengalami kekurangan dana serta tidak memiliki fasilitas yang mendukung namun mereka tidak menyerah dan terus berkerja keras. Kerap kali mendapat hinaan dan direndahkan tidak melunturkan tekad mereka dan terus semangat menggapai mimpi. Sampai akhirnya mereka dapat membuktikan bahwa mereka mampu berada dipuncak dan mengantongi banyak penghargaan, berada di top 10 billboard hingga menjadi menjadi artis KPOP pertama yang tampil dan mendapat nominasi di Grammy Awards. Hal tersebut membuat para penggemarnya tersadar untuk bangkit dan terus mengejar mimpi meskipun harus menghadapi banyak rintangan.

Selain hadir dan mendapat penghargaan dalam acara musik Bangtan boys juga mendapatkan kehormatan untuk hadir dalam Sidang Umum PBB ke-73 dan menyampaikan pidato tentang love myself. Dalam pidatonya salah satu anggota BTS Kim Namjoon menyampaikan pesan untuk para pemuda yaitu “I want to hear your voice… No matter who you are, where you’re from, your skin colour, gender identity: speak yourself.” Pidato ini disampaikan untuk mengispirasi para pemuda untuk menunjukan dirinya dan mencintai dirinya. Sehingga mampu menemukan semangat untuk terus menjalani hidup dengan baik.

Remaja pada umumnya mulai memperhatikan dirinya dan menginginkan kesempurnaan.  Mereka cenderung merasa dirinya kurang sehingga mereka tidak berani untuk menunjukan dirinya. Bersembunyi dibalik topeng tanpa menyadari bahwa dirinya sangat berharga dan indah. Mencintai diri sendiri bukanlah hal yang mudah, mencintai diri sendiri terkadang lebih sulit daripada mencintai orang lain. Namun dengan yang mencintai diri sendiri banyak hal positif yang akan didapatkan. Orang yang mencintai dirinya cenderung akan berusaha menjalankan kehidupan dengan sebaik mungkin. Dengan mencintai diri sendiri kita akan lebih mengenali diri kita sehingga kita dapat membuat pintu dalam diri untuk menemukan dunia kita serta motivasi dalam menjalani hidup.

Pada Sidang Umum PBB ke-76 BTS kembali hadir sebagai utusan khusus pertama dari private sector korea selatan. Melalui pidatonya Kim Namjoon menyampaikan “Believe that every choice we make is the beginning of change, not the end.”. Pademi covid tidak membuat dunia berhenti ia terus bergerak maju, itulah yang perlu ditanamkan generasi muda saat ini. Generasi ini akan menjadi penentu bagaimana dunia kedepannya. Mereka harus mampu manfaatkan waktu untuk mempelajari sebanyak mungkin dan menentukan pilihan yang terbaik. Pilihan yang akan digunakan sebagai pijakan awal untuk menuju masa depan yang lebih baik.

Selain melalui pidato BTS juga memberikan dan membantu penggemarnya menemukan  motivasi dan semangat melalui lagu-lagunya. Melalui musik diharapkan dapat membuat pesan akan tersampaikan lebih baik dan mendalam. Selain itu,dengan mendengarkan musik dapat menjadi hiburan untuk menghilangkan kepenatan. Setiap orang harus meluangkan waktunya untuk beristirahat dan menghibur diri agar terhindar dari stress. Stress sendiri dapat menyebabkan seseorang kehilangan semangat dalam menjalankan kehidupannya.

BTS memiliki 7 anggota yaitu Kim Namjoon, Kim Seokjin, Min Yoongi, jung Hoseok, Park Jimin, Kim Taehyung, dan Jeon Jungkook. Tiap anggota memiliki tingkah yang berbeda dan unik. Melalui serial web run bts kita akan melihat bagaimana para anggota saling berinteraksi. Interaksi yang tidak dapat kita lihat di atas panggung. Banyak tingkah dan candaan yang dapat menimbulkan tawa penonton. Tertawa adalah hal yang baik karena dapat menghilangkan emosi negative dan stress.

Seperti koin yang memiliki dua sisi, BTS juga memiliki dua sisi yaitu positif dan negatif tergantung bagaimana cara kita menyikapi . Kita masih banyak menemukan penggemar yang salah mengartikan maksud dan tujuan BTS. Mereka bertujuan untuk memberi motivasi dan menghibur. Namun penggemar justru terobsesi, sehingga menjadi malas dan tidak memikirkan masa depan mereka hanya berhalusinasi memiliki idolanya. Penggemar yang seperti inilah yang membuat orang lain mengambil kesimpulan bahwa BTS hanya membawa dampak negatif. Pada kenyataannya masih banyak penggemar yang mampu mengambil sisi positif. Mereka yang mengambil sisi positif dari BTS mereka cenderung akan memikirkan masa depan dan menjadi hebat seperti idolanya. Mereka menjadikan BTS sebagai hiburan untuk menghilangkan kejenuhan, healing saat merasa Lelah dan panutan untuk berkerja keras dan mencapai cita-cita.

Berdasarkan hal-hal diatas kita dapat mengetahui bahwa BTS memberi banyak pengaruh positif. Mulai dari mencintai diri sendiri, Memberanikan diri untuk speak up, Keluar dari zona nyaman dan pantang menyerah hingga mencapai kesuksesan. Selain itu, BTS mampu membantu menghilangkan rasa stres lewat lagu maupun web seriesnya. Meskipun memiliki banyak pengaruh positif kita harus memiliki pemahaman bahwa menyukai sesuatu harus sesuai porsinya.

(Mahasiswa Akuntansi FEB UPN Veteran Jakarta)

(***)

Bagikan Artikel Ini