Beranda » Ragam Strategi Politik Dalam Pemilihan Umum

Ragam Strategi Politik Dalam Pemilihan Umum

Iustrasi - foto Dokumentasi Penulis

Oleh: Mochammad Rizky Putra Pratama, Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa program Studi Ilmu Komunikasi

Saya akan memberikan opini tentang strategi para politikus pada pemilihan umum. Lalu sebelum saya mulai kalian harus mengetahui arti dari politikus itu sendiri. Politikus adalah seseorang yang terlibat dalam politik dan figur politik yang ikut serta dalam pemerintahan.

Mengapa strategi politik diperlukan oleh politikus?

Strategi politik sendiri diperlukan oleh politikus untuk menciptakan suatu citra baik dan menarik berbagai simpati untuk mendapat dukungan dari masyarakat, Strategi politik sendiri sangat penting dalam berbagai hal terutama pemilihan umum.

Lalu apa itu Pemilihan Umum?
Pemilihan Umum (pemilu) menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah adalah sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang dilaksanakan secara langsung, umum,bebas,rahasia, jujur, dan adil dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945. Dalam Undang-Undang Dasar 1945, pasal 22E ayat (2) disebutkan: “pemilihan umum diselenggarakan untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Presiden dan Wakil Presiden, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah”.
Selain itu Pemilihan umum juga dapat didefinisikan sebagai salah satu cara dalam sistem demokrasi untuk memilih wakil rakyat yang akan duduk di lembaga perwakilan rakyat, serta salah satu bentuk pemenuhan hak asasi warga Negara di bidang politik.
Untuk melancarkan sebuah strategi politik para politikus wajib memiliki sebuah dasar untuk menyusun strategi politik yang baik yaitu Komunikasi politik, apa itu komunikasi politik? Komunikasi politik adalah komunikasi yang melibatkan pesan-pesan politik dan para pelaku politik, atau berkaitan dengan kekuasaan, pemerintahan, dan kebijakan pemerintah.
Selain itu Komunikasi politik juga bisa dipahami sebagai komunikasi antara “yang memerintah” dan “yang diperintah”. Selain itu komunikasi politik juga merupakan proses pengoperasian lambang atau simbol atau sistem komunikasi yang berisi pesan politik dari seorang atau kelompok kepada orang lain dengan tujuan untuk membuka wawasan atau cara berpikir, serta mempengaruhi sikap dan tingkah laku masyarakat yang dituju sebagai target politik.
Lantas bagaimana cara agar seorang politikus memenangkan pemilihan umum?
Agar suatu politikus dapat memenangkan pemilihan umum, seorang politikus harus mampu menarik simpati si pemilih agar para masyarakat berpihak dan dapat memberikan suaranya. Hal ini hanya dapat dicapai apabila politikus memperoleh dan mendapat dukungan yang kuat dari berbagai pihak ataupun berbagai daerah.
Mengapa Para politikus perlu menyiapkan strategi yang matang?
Para politikus perlu menyiapkan strategi yang matang agar visi, misi serta tujuan yang diinginkan dapat tercapai dan mendapat dukungan penuh dari masyarakat. lalu untuk memenangkan pemilu ini para politikus akan melakukan berbagai strategi untuk memenangkan pemilu maupun itu dengan cara yang bersih ataupun kotor. Namun tidak semua strategi tersebut diperlihatkan karena mungkin terdapat sisi gelap yang tidak bisa ditunjukan kepada masyarakat karena dapat mempengaruhi atau bahkan menghancurkan citra baik bagi figur seorang politikus tersebut yang telah dirangkai sedemikian rupa oleh media massa.
Lalu apa saja strategi yang para politikus gunakan?
Ada banyak strategi yang para politikus gunakan maupun itu secara kotor ataupun bersih lalu saya akan memberikan opini saya mengenai beberapa strategi yang mereka lakukan untuk mecapai kemenangan
Yang Pertama Penjabaran visi dan misi dari calon kandidat,Penjabaran visi dan misi adalah salah satu hal yang wajib karena dalam penjabaran ini para calon kandidat dapat menarik calon pemilih dengan memberikan janji janji manis kepada para pemilih nanti nya walaupun nanti pada akhirnya kita tidak tahu apakah para calon tersebut akan menepati janjinya atau tidak.
Kedua Pembentukan Tim Sukses dan Relawan Keberadaan tim sukses dan relawan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kontes politik. Untuk itu pembentukan tim sukses merupakan salah satu syarat yang tidak bisa dilupakan bagi para kontestan karena tim sukses sendiri nanti akan menggunakan segala cara untuk mempengaruhi berbagai calon pemilih.
Ketiga ada Baliho dan Spanduk Strategi ini merupakan strategi yang sangat umum digunakan oleh kandidat dengan tujuan agar masyarakat atau pemilih dapat mengenali siapa calon kandidat yang akan dipilihnya dalam pemilihan nanti. Strategi ini tidak lain untuk bertujuan mempengaruhi dan mencari simpati para masyarakat atau pemilih. Contohnya seperti puan maharani yang menaruh banyak baliho di pinggir pinggir jalan maupun spanduk besar yang terpampang nyata dan terlihat jelas di jalan utama untuk memperbaiki citra buruk yang ia miliki.
Keempat ada Kampanye Politik, Kampanye politik adalah sosialisasi secara berkelanjutan dalam skala besar kepada masyarakat atau calon pemilih yang bertujuan untuk mendapatkan simpati dan mendapatkan citra baik kepada calon pemilih. Kampanye politik dapat dilakukan dengan melalui media massa, personal, serta organisasi. Dengan harapan para masyarakat atau calon pemilih nanti bisa terpengaruh dan meningkatkan jumlah pendukung.
Lalu kelima ada Pembentukan Citra Kandidat Dengan Memanfaatkan Media Massa Strategi ini dilakukan oleh calon kandidat dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi para calon kandidat akan berusaha berakting agar mendapat citra yang sebaik mungkin untuk kemudian diliput media massa seperti Televisi, Koran, dan media massa lainnya agar mendapat kesan dan pesan serta citra yang baik dari calon pemilih sehingga masyarakat terpengaruh dan memberikan suara nya untuk kandidat tersebut. Namun kita tidak akan pernah tau sifat asli dari calon kandidat karena mereka mungkin memiliki tujuan buruk atau bahkan propaganda politik yang tidak kita ketahui.
Lalu yang terakhir atau keenam adalah Strategi Politik Uang, Strategi ini adalah strategi yang ilegal dan seharusnya tidak boleh dilakukan oleh para calon kandidat namun tidak bisa dipungkiri strategi ini memiliki kontribusi yang sangat besar dan bahkan pemilih tidak ragu ragu untuk menerima strategi ini untuk mendapatkan bantuan uang maupun barang. Dengan strategi ini para calon kandidat akan memberikan bantuan berupa uang ataupun barang dengan tujuan mempengaruhi pemilih agar memberikan suara kepada si calon kandidat.
Para politikus pada masa sekarang ini tidak ragu ragu melakukan berbagai cara untuk mencapai tujuannya baik itu cara bersih ataupun cara kotor. Oleh karena itu kita sebagai warga Negara yang baik yang mengerti hukum dan undang undang serta tau mana yang baik ataupun yang buruk harus dapat menyaring segala strategi yang telah dijelaskan sebelumnya dan menjaga diri kita sendiri agar terhindar dari hal buruk dan dapat memilih calon politikus yang baik.
(***)
Bagikan Artikel Ini