Beranda » Pulau Sangiang, Keindahan Tersembunyi di Tengah Wilayah Industri Serang, Banten

Pulau Sangiang, Keindahan Tersembunyi di Tengah Wilayah Industri Serang, Banten

Pemandangan bawah laut pulau sangiang. Dokumentasi Pribadi.
Pulau Sangiang adalah sebuah pulau kecil yang mempunyai pemandangan sangat indah. Pulau Sangiang terletak di Selat Sunda yang memisahkan antara Pulau Jawa dan pulau Sumatera tepatnya di Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Indonesia. Wilayah kecamatan ini terpenuhi dengan berbagai macam pabrik Industri seperti pabrik kimia, pabrik percetakan, industri sandang dan papan, dan berbagai industri lainnya.
Bagian serang timur provinsi banten ini, atau banyak disebut sebagai zona Industri serang timur ternyata memiliki pesona alam yang tidak dapat diduka oleh wisatawan kota.
Pulau Sangiang adalah pulau yang awalnya sebuah Cagar Alam namun pada tahun 1991 tempat ini diubah menjadi wisata perairan dengan total luas 720 Ha. Pulau Sangiang memiliki pemandangan alam yang luar biasa indah, pantai-pantainya yang cantik, dengan pasir putih menyatu dengan birunya laut, serta aneka ragam tumbuhan dan hewan langka yang mengagumkan. Pulau Sangiang sendiri bukanlah sebuah tempat wisata yang penuh dengan fasilitas, namun minimnya fasilitas layaknya pulau yang tidak terjamah, justru menjadi daya tarik tersendiri dari pulau ini untuk dikunjungi.
B599B0C7-2DD1-47AB-92A6-9F6F5154BA11.JPG

Cover Pelabuhan Paku Anyer. Dokumentasi Pribadi

Pulau sangiang terletak di titik kordinat antara 105′49′30″ – 105′52′ Bujur Timur 5′56′ – 5′58′50″ . Berada tidak jauh dari kecamatan anyer dan hanya menutuhkan waktu kurang lebih 60 menit perjalanan laut dengan kapal yang tersedia di pelabuhan Paku Anyer.
Rute menuju pulau sangiang cukup mudah, dari Kota Serang, Banten, anda bisa menggunakan angkutan umum atau mobil pribadi langsung menuju Pelabuhan Paku Anyer, setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan kapal menuju pulau. Jika berkunjung ke pulau ini, anda dapat melihat berbagai macam tanaman khas seperti dadap laut, api-api, waru laut, lumba-lumba, hiu putih, nyamplung, cemara laut, ketapang bayur, dan walikukum.
Selain itu terdapat juga berbagai macam hewan yang dilindungi seperti dara laut, elang lautbelibis, burung camar serta berbagai biota laut lainnya juga menjadi magnet tersendiri bagi Pulau Sangiang. Terutama pulau pantai yang berpasir putih serta air laut yang jernih bersih dan hijaunya tanaman mangrove yang tumbuh disekitar pulau ini menjadikannya semakin indah dan menawan.
DSC_0055.JPG

Hutan Mangrove pulau Sangiang. Dokumentasi Pribadi

Seperti pada wisata kepulauan lain di Indonesia, Pulau Sangiang memiliki pemandangan bawah laut yang sangat indah yang dijadikan tempat wisata seperti snorkeling atau diving. Pengunjung yang diving di seputar wilayah pulau sangiang akan menemukan beraneka ragam ikan, jenis ikan badut atau sering disebut ikan nemo banyak hidup di perairan pulau ini.
GOPR8556.JPG

Pemandangan bawah laut pulau sangiang. Dokumentasi Pribadi.

Pantai di pulau sangiang juga tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai indah yang ada di Indonesia, Pantai dengan beberapa karang di pinggir pantai , di selimuti dengan pasir putih membuat pantai-pantai di pulau sangiang menjadi sangat romantis dan indah. Masih banyak yang belum mengetahui bahwa Pulau Sangiang memiliki sisa-sisa peninggalan dari masa Perang Dunia ke-2. Peninggalan yang masih ada di Pulau Sangiang berupa benteng pertahanan Jepang dan terdapat peninggalan alat perang.
Tempat mempesona yang akan kalian temui di pulau ini selanjutnya adalah Goa Kelelawar, kita akan melihat banyak ratusan kelelawar bermain dengan deburan ombak yang memasuki goa tersebut. Jika Anda beruntung, Anda dapat menemukan ikan hiu putih yang biasanya berenang ketepi-tepi dekat darat goa, tapi jangan khawatir, tentu saja hiu ini tidak akan memangsa kalian, biasanya hiu-hiu ini datang untuk menunggu para kelelawar diatas goa yang jatuh untuk disantap.
IMG_3286.JPG

Goa Kelalawar. Dokumentasi Pribadi.

Tempat mempesona lainnya di pulau ini adalah pemandangan kecantikan alam pulau dari ketinggian. Biasanya para wisatawan sering melakukan trekking ke atas bukit dan bersantai di puncak. Pulau ini memiliki dua tempat puncak untuk para wisatawan menikmati keindahan pulau dari ketinggian, yaitu Bukit Harapan dan Puncak Begal.
Bagikan Artikel Ini