Beranda » PKM Mahasiswa Sastra Indonesia UNPAM di SMP YMIK, Ajak Tingkatkan Minat Baca Melalui Dongeng

PKM Mahasiswa Sastra Indonesia UNPAM di SMP YMIK, Ajak Tingkatkan Minat Baca Melalui Dongeng

Mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Pamulang mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat atau PKM. Kegiatan tersebut dilaksanakan di SMP YMIK Joglo, Jakarta Barat pada Sabtu, 2 Oktober 2021.

Siswa menjadi salah satu target kegiatan PKM yang dilakukan mahasiswa UNPAM dengan didasari judul dan tema Meningkatkan Minat Baca Melalui Cerita Dongeng Dengan Memperhatikan Isi dan Nilai-nilainya.  PKM itu sendiri merupakan tempat/wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan potensi, seperti mengajar ilmu pengetahuan umum atau memberikan keterampilan seni yang dapat menambah wawasan masyarakat.

Pandemi Covid-19 yang terjadi pada tahun 2020 memberikan dampak serius bagi pendidikan di Indonesia. Pemerintah akhirnya membuat kebijakan baru dengan cara menerapkan sistem pembelajaran dari rumah masing-masing yaitu daring (Pembelajaran dalam jaringan) melalui berbagai platfrom mulai dari aplikasi zoom, google meet, e- learning, e- student dan media pembelajaran lainnya.

Pelaksanaan PKM dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom dan diikuti oleh 35 peserta didik. Rangkuman informasi penyuluhan yang diberikan meliputi manfaat membaca buku, peranan dongeng dalam menumbuhkan minat baca, asah otak dengan bermain games, dampak rendahnya minat baca, serta tujuan membaca.

Seluruh peserta terlihat sangat antusias dan atas materi yang diberikan, interaksi dengan fasilitator berjalan cukup aktif disertai tanya jawab dan tanggapan positif yang aktif dan interaktif. Kegiatan ini juga menghasilkan hubungan baik yang lebih erat antara pihak Universitas Pamulang khususnya Fakultas Sastra Indonesia dengan SMP YMIK. Kegiatan yang telah terlaksana ini selain memperoleh hasil yang diharapkan berupa tersampaikannya informasi tentang pengetahuan minat baca,  meningkatkan daya tarik dalam membaca maka berikan berbagai metode apapun itu.

Berdasarkan hasil observasi yang telah kami lakukan secara online kami melihat kepada siswa -siswi SMP YMK bahwasannya para siswa  lebih cepat mencerna dan sigap saat hubungan lingkungan dan lingkungan sekolah mendukung,khususnya kepada siswa – siswi yang aktif bagi yang mendalaminya dalam bidang membaca.

Minat baca menjadi kunci penting bagi kemajuan suatu bangsa, karena penguasaan Iptek hanya dapat diraih dengan minat baca yang tinggi. Dan pada sarnya terdapat pada minat diri sendiri,membaca tidak hanya sekedar baca,tetapi cobalah membaca  dengan cara  memperagakan intonasi suara sesuai karakter masing-masing yang sudah ada adalam tokoh ceritanya,tujuannya agar suasana dalam membaca tidak membosankan.

Maka dari pada itu, solusi agar tidak cepat bosan dalam membaca dan juga agar bisa meningkatkan daya tarik dalam membaca maka berikan berbagai metode apapun itu,bisa mulai suara yang berkarakter, serta intonasi suara dan lain sebaginya. Dan  kemungkinan besar para siswa-siswi kurang tertarik dalam membaca bisa jadi dalam membaca tidak meliliki metode khusus dalam dirinya sehingga para siswa-siswi kurang memilik keinginan dalam melakukan membaca.

Karena itu kepedulian dalam lingkungan sosioal sangatlah penting dan sangat diperlukan karena akan mempengaruhi semua,karena dalam membaca tidak hanya memberikan pendidikannya tetapi juga kita untuk memberikan memberikan potensi kepada siswa- siswi untuk mengkarakterkan suatu peran, juga bisa meberikan memotivasi baru pada dirinya.

(Teguh Firman Saputra)

Bagikan Artikel Ini