Beranda » Perkembangan Tari Jaipong Kreasi di Jawa Barat

Perkembangan Tari Jaipong Kreasi di Jawa Barat

Iustrasi - Sumber Foto : Dokumentasi Penulis

Tari jaipong adalah sebuah tari daerah yang berasal dari karawang,jawa barat. yang berkembang pada tahun 60-an .sebuah pertunjukan seni tari yang dipentasakan yang diiringi oleh musik dengan instrument gamelan sebagai pengiringnya.tari ini pada zaman dahulu tarian ini dijadikan hiburan untuk rakyat, tarian jaipong ini gabungan dari pencak silat, wayang golek, topeng banjet, ketuk tilu, tarling, dan tepak topeng. Setiap tarian pasti memiliki makna seperti hal ya tarian jaipong ini memiliki makna yang terkandung dalam tari jaipong adalah merepresentasikan wanita sunda yang memiliki sifat energi,ramah,berani,pantang untuk menyerah,lincah,mandiri,bertanggung jawab,genit namun santun. tarian jaipong memiliki keunikan tersendiri yang sangat menonjol adalah gerakan tariannya yang sangat enerjik,ditambah kostumnya yang mencolok.

Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu daerah yang kaya akan budaya seni. Provinsi ini merupakan salah satu hunian manusia tertua yang ada di Indonesia. Di antara kesenian tersebut salah satunya adalah tarian Jaipong. Pada masa kini tarian Jaipong banyak dikreasikan oleh penggiat seni hingga menyebabkan perubahan gerakan asli tarian Jaipong. Banyak sekali lagu baru bermunculan yang sifatnya sangat modern yang dipadukan dengan gerakan tarian jaipong ini. Melihat sejarah tari Jaipong pada mulanya hanya menggunakan alat musik gamelan dan dilagukan oleh seorang sinden dilengkapi oleh penari yang biasa dikenal dengan ronggeng. Gerakan tarianpun lebih spesifik dengan hal hal mistis dikarenakan pada masa itu tarian merupakan hal sakral yang sudah dipercayai sebagai warisan nene moyang yang biasa digunakan pada saat acara upacara-upacara adat.

Gerakan tarianpun masih dibatasi dengan mengikuti gerakan alam seperti gerakan burung merak dan lain-lain. Namun pada saat ini bila dilihat dari tarian Jaipong telah mengalami banyak perubahan seperti mengalami percampuran yang disebabkan oleh tarian modern baik dari dalam Negara maupun luar Negara. Semakin majunya teknologi juga memperngaruhi perubahan dalam gerakan tarian Jaipong. Saat ini siapa saja bisa membuat gerakan atau koreografi Jaipong berbeda dengan masa lalu karena tidak semua orang dapat membuat gerakan tarian Jaipong.

Selain itu dalam hal musik lagu apa saja kini bisa dipadukan sebaga tarian Jaipong, banyak juga alat musik modern yang bisa dipadukan dengan musik tradisional sebagai lagu untuk Jaipongan. Dengan semakin banyaknya tema dalam tarian jaipong pada masa kini semakin membuat kesenian jaipong menjadi lebih luas.

Contohnya adalah maestro Didik Nini Thowok ia adalah penari yang namanya sejajar dengan maestro tari senusantara. Rusini (Solo), Ayu Bulantrisna Djelantik (Bali), Retno Maruti (Jakarta), Munasiah Daeng Jinner (Makassar), dan Dariah (penari lengger lanang dari Banyumas). Banyak tarian yang ia pelajari, baik yang berkarakter laki-laki maupun perempuan. Ia menguasi tari kelana dan laung yang gagah,juga lakon wayang wong berkarakter laki-laki tapi hasilnya tak sebagus ketika menari perempuan. Didik juga menciptakan beberapa tarian kreasi. sama seperti penari Jaipong muda Sandrina Azahra jebolan ajang Indonesia Mencari Bakat(IMB). Dia juga mencetuskan gerakan tari kreasi dengan bakatnya yang sangat baik dalam hal hari kreasi,sandrina telah melestarikan kebudayaan Jaipong modern yangmengikuti zaman.

Menurut pendapat Endang Caturwati, kreasi baru merupakan kerja yang dihasilkan atas kreativitas individual atau kelompok, sebagai karya yang ditata dengan sentuhan atau cita rasa baru. Sedangkan menurut Arthur S Nalan adalah,bentuk tarian kreasi baru yang datang dari wujud-wujud tarian yang hadir kisaran tahun 1950-an keatas,yaitu hasil dari garapan tari yang hidup relative masih muda,lahir setelah tari tradisi berkembang,serta terlihat berbagai macam bentuk perubahan. Pada kesimpulannya perkembangan tari kreasi tari jaipong memiliki sisi positif diantaranya mempertahankan kebudayaan ditengah kemajuan zaman dan teknologi.gerakan dan musik memang harus berkembang dan menyesuaikan zaman agar tidak terjadi ketinggalan atau menyebabkan tari jaipong disebut sebagai tarian kuno yang dilupakan.(***)

Bagikan Artikel Ini