Beranda » Peran Taman Baca Bagi Minat Baca Anak

Peran Taman Baca Bagi Minat Baca Anak

Ilustrasi - Sumber Foto : Dokumentasi Penulis

Minat baca ialah keinginan yang kuat disertai dengan usaha-usaha seseorang untuk membaca. Minat baca tidak tiba-tiba muncul dari dalam diri seseorang. Namun, minat baca timbul dari dorongan dan lingkungan yang tepat. Dari situlah peran Taman Bacaan sangat penting guna menumbuhkan minat baca.

Membaca memang suatu kegiatan yang membosankan dan hanya membuat ngantuk, tetapi dengan adanya taman bacaan, apakah kegiatan membaca akan lebih menyenangkan? Bisa ya atau juga tidak.  Di indonesia sendiri sudah mulai bermunculan taman bacaan yang didirikan oleh organisasi masyarakat, untuk meningkatkan minat baca masyarakat sekitar di daerah yang minim perpustakaan.

Ide membuat taman bacaan memang bagus, demi meningkatkan minat baca di indonesia, karena saat ini angka peminat baca di indonesia masih sangat minim sekali. Sudah banyak penelitian internasional yang mengatakan minat baca orang indonesia itu rendah. Sementara Indonesia itu negara yang lumayan luas dengan jumlah penduduk terbesar ke 4 di dunia.

Kehadiran Taman Bacaan  dapat diarahkan kepada banyak tujuan, diantaranya:

  1. Memasyarakatkan atau membudayakan minat baca anak, yang sejauh ini dinilai masih sangat rendah.
  2. Mendidik segenap lapisan masyarakat dalam rangka pendidikan sepanjang hayat, atau menyadarkan seluruh individu bahwa belajar merupakan kegiatan mendasar yang secara kontinu mesti dilakukan sepanjang hidup.
  3. Dengan adanya Taman Bacaan , akan terbuka lebar-lebar peluang bagi seluruh anggota masyarakat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan setinggi-tinggi dan sedalam-dalamnya.
  4. Taman Bacaan Masyarakat dapat menunjang terciptanya situasi dan kondisi sosial yang sehat, sehingga secara umum akan mendukung pengembangan modal dasar bagi proses pembangunan.

Sejauh ini yang paling sering dikeluhkan adalah rendahnya minat baca masyarakat, sehingga Taman Bacaan kerap kali tak digunakan secara optimal. Bahkan tak jarang terdengar keluhan, Taman Bacaan yang ada, baik yang dikelola  swasta, tak terurus dan tak terawat dengan baik. Sehingga koleksi buku, majalah dan bacaan lainnya menjadi rusak. untuk mengatasi hal ini perlu didukung dengan lingkungan yang kondusif untuk mendukung aktivitas baca. Mulai dari penyediaan perpustakaan dalam skala rumah dan skala kecil lainnya seperti Taman Bacaan ini.

Dukungan dan perhatian yang kurang dari pemerintah daerah terhadap masyarakat bisa jadi salah satu kendala perkembangan Taman Bacaan belum membaik. Harusnya pemerintah memperhatikan hal hal seperti itu yang merupakan kegiatan yang sangat positif. Ada Baiknya jika pemerintah mau memfasilitasi taman bacaan yang sudah berkembang, dari segi tempat dan bahan bacaan. Semakin banyak bahan bacaan tersedia, maka makin terbuka inovasi yang dihasilkan, mengembangkan ide juga opsi-opsi sehingga mampu memberikan keputusan yang tepat.

Pemerintah harus mau bekerjasama dengan organisasi sekitar dalam membangun taman bacaan, karena untuk mencerdaskan seluruh warga negara harus ada peran dari elemen elemen yang membangun yaitu pemerintah, masyarakat dan organisasi atau lembaga masyarakat.   Dari situlah peran taman bacaan akan sangat penting bagi bangsa dan negara.

Bagikan Artikel Ini