Beranda » Pengembangan Perpustakaan Taman Baca Saung Kolong Buluh

Pengembangan Perpustakaan Taman Baca Saung Kolong Buluh

Ada berbagai jenis perpustakaan untuk kepentingan masyarakat agar lebih mudah mengakses buku dan sejenisnya untuk tujuan keilmuan atau hanya sekedar menjadi saluran masyarakat untuk hobi membaca. Ada perpustakaan sekolah, perpustakaan daerah, perpustakaan Nasional, perpustakaan berjalan dan masih banyak lagi jenis-jenis perpustakaan. Semua jenis perpustakaan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca bagi seluruh masyarakat Indonesia. Namun memang banyak masyarakat yang mungkin belum sadar, atau belum ada minat banyak untuk mengunjungi perpustakaan dan membaca koleksi buku di sana. Beberapa perpustakaan di daerah atau di sekolah pun banyak yang terbengkalai secara pengelolaanya dan juga tidak banyak dalam penambahan koleksi buku yang dimiliki. Mungkin karena hal itu juga, minat masyarakat akhirnya tidak memiliki minat khusus untuk mengunjungi perpustakaan dan menambah keilmuan dengan buku-buku disana.

Pengabdian Kepada Masyarakat atau biasa disingkat sebagai PKM merupakan rangkaian kegiatan yang dibuat oleh Universitas Pamulang sebagai wujud dasar kepedulian seluruh civitas akademika Universitas Pamulang. Program ini dibuat untuk meningkatkan rasa peduli, rasa memiliki dan rasa persatuan dengan masyarakat sekitar Universitas Pamulang atau bahkan masyarakat Indonesia secara umum. Kegiatan ini adalah kegiatan wajib yang diberikan kepada mahasiswa semester akhir untuk terjun langsung ke masyarakat dan memberikan manfaat kepada masyarakat sesuai dengan bidang prodi yang sedang dijalankan saat ini. Seperti hal nya kelompok kami, kami adalah mahasiswa/i prodi Sastra Indonesia dan melaksanakan kegiatan PKM sesuai dengan bidang yang kami pelajari selama kuliah.

Melihat fenomena di masyarakat bahwa tidak adanya minat, dan tidak tertata rapihnya pengelolaan perpustakaan di masyarakat terutama untuk perpustakaan sekolah, maka itu kami selaku kelompok (sebutin nama/nomor kelompok) dari Program Studi Sastra Indonesia yang juga mempelajari tentang Ilmu Perpustakaan menjadi salah satu mata kuliah kami selama menjadi mahasiswa, maka itu kami melaksanakan penyuluhan tentang Kepustakaan dalam program PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat).

Konsentrasi kami lebih kepada perpustakan umum. Karena kami meilhat perpustakaan umum atau Taman Baca Masyarakat jarang sekali bagus dalam pengelolaannya. Sehingga dengan adanya PKM ke sekolahan dan memberikan penyuluhan tentang perpustakaan diharapkan dapat membuka pengetahuan tentang bagaimana harusnya perpustakaan sekolah berjalan dan dapat diaplikasikan dengan baik di sekolahnya. Begitulah Kami menyelenggsrakannya di Saung Kolong Buluh, tepatnya di Balaraja – Kabupaten Tangerang.

Kegiatan ini diadakan pada hari Kamis dan berjalan dari siang hari setelah kegiatan solat Dzuhur dan makan siang. Siswa dikumpulkan di aula musholla terdekat, tempat mereka biasa solat berjama’ah dan juga beraktivitas bersama-sama. Waktu pelaksanaan diadakan cukup sesuai rencana karena kami anggota kelompok sudah sampai di lokasi acara dari jam 10 dan mempersiapkan semua kebutuhan untuk acara berlangsung.
Setelah makan siang, anak-anak langsung dikumpulkan dan duduk sesuai gender, anak laki-laki duduk di depan, dan anak perempuan duduk di belakang. Acara sosialisasi pun dimulai dan kami mulai mempresentasikan pembahasan kami mengenai perpustakaan. Anak-anak pun antusias mengikuti acaranya dengan mengikuti permainan yang diberikan atau pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh pemateri.

Bagikan Artikel Ini