Beranda » Pengaruh Game Online Bagi Anak

Pengaruh Game Online Bagi Anak

Kemajuan teknologi saat ini terutama penggunaan internet memudahkan kita dalam melakukan segala hal, salah satunya ialah bermain game. Saat ini berkembang permainan atau game yang berbasis internet yang dapat menghubungkan pemain satu dengan pemain lainnya secara global sehingga semakin diminati oleh semua orang dari berbagai kalangan. Game online kini dimainkan oleh anak-anak hingga orang dewasa yang memiliki latar belakang yang berbeda. Namun kita harus berhati-hati karena banyak efek negatif yang dihasilkan oleh game online bila kita sudah kecanduan seperti penurunan konsentrasi, insomnia, sering mengalami halusinasi, agresif, cemas, dan frustrasi adalah beberapa dampak dari kecanduan game online. walaupun ada yang bisa berprestasi melalui game online namun pada dasarnya kegiatan ini hanyalah salah satu bentuk hiburan yang di tujukan untuk mengusir kelelahan setelah melaksanakan aktivitas sehari-hari.

Semua jenis kecanduan tentu bukan merupakan hal yang baik, saat seseorang mengalami kecanduan termasuk kecanduan terhadap game online maka dia akan cenderung memprioritaskan game online tersebut dibandingkan dengan kepentingan aktivitas sehari-hari lainnya seperti, makan, tidur, Bekerja, belajar, bersosialisasi dengan lingkungan dan lain sebagainya. Apabila pemain tersebut tidak puas dalam bermain game online maka akan timbul rasa gelisah, marah, depresi, dan tidak beraktivitas dengan baik seperti semestinya.

Secara psikologis kecanduan game online sama hal nya dengan kasus-kasus kecanduan lainnya yaitu bisa memicu aktivitas dopamine yang berlebihan, dopamine sendiri merupakan salah satu senyawa kimia di otak yang memiliki peran penting dalam regulasi proses reward dan motivation. Peningkatan aktivitas dopamine jika masih dalam batas yang wajar bisa membantu dalam meningkatkan konsentrasi, memperbaiki suasana hati, dan juga membuat seseorang aktif dalam menjalankan aktivitas sosial lainnya. Namun, jika aktivitas dopamine ini meningkat secara berlebihan makan penderita dapat mengalami kecemasan berlebih, hedonisme, insomnia, stres,dan tidak mampu mengontrol diri sendiri sekaligus mengalami peningkatan energi dan juga libido yang sulit untuk dibendung.

Lebih lanjut pecandu game online sering kali tidak menyadari bahwa dirinya mengalami kecanduan dalam hal tersebut sebab ia merasa sangat nyaman saat melakukan hal tersebut. Beberapa jenis game online juga dibuat dengan menyediakan dunia fantasi yang sangat mirip dengan Dunia nyata namun bisa dikontrol oleh pemainnya.

Akibatnya bermain game online seperti ini juga dijadikan cara pemainnya dari masalah, termasuk apa yang dialaminya dalam kehidupan nyata yang tidak selalu sesuai dengan harapannya.

Nah, Karena kecanduan game online ini pula hubungan sosialisasi penderita sering terganggu, akibatnya ia bisa mengalami kendala dalam hubungan rumah tangga, lingkungan pertemanan, pekerjaan dan lain sebagainya.

Untuk itu kita harus sebisa mungkin menghindari kecanduan termasuk terhadap game online, jika hal ini dilakukan secara wajar maka game online bisa dijadikan salah satu cara untuk melepaskan kejenuhan, namun jika berlebihan tentu hal ini tidak baik bagi kesehatan kita baik secara fisik maupun secara psikis.

Bagikan Artikel Ini