Beranda » Pacu Literasi Pasar Modal melalui Galeri Investasi Universitas Pamulang

Pacu Literasi Pasar Modal melalui Galeri Investasi Universitas Pamulang

Investasi merupakan salah satu instrumen yang sangat penting dalam perencanaan keuangan pribadi. Pada umumnya, investasi yang sering digunakan di Indonesia adalah investasi pasar modal. Pasar modal merupakan sarana pendanaan bagi perusahaan dan pemerintah, dan sebagai sarana kegiatan berinvestasi bagi pemilik dana. Dengan demikian, pasar modal memfasilitasi berbagai sarana dan prasarana kegiatan jual beli dan kegiatan terkait lainnya. Pentingnya investasi ini memacu Program Studi Akuntansi Universitas Pamulang untuk meningkatkan Literasi Pasar Modal di Civitas Akademika melalui Pendirian Galeri Investasi Universitas Pamulang.

Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (BEI) adalah sarana untuk memperkenalkan Pasar Modal sejak dini kepada dunia akademisi. Galeri Investasi Universitas Pamulang diresmikan pada tanggal 3 Desember 2018 yang berkonsep 3 in 1 yang merupakan kerjasama antara Bursa Efek Indonesia, Universitas Pamulang dan Lotus Andalan Sekuritas selaku Perusahaan Sekuritas. Galeri Investasi Universitas Pamulang didirikan untuk mendukung Literasi dan memperkenalkan Pasar Modal tidak hanya dari segi teori saja akan tetapi juga prakteknya, sehingga penyebaran informasi pasar modal tepat sasaran serta dapat memberikan manfaat yang optimal bagi mahasiswa, praktisi ekonomi, investor, pengamat pasar modal maupun masyarakat umum di daerah dan sekitarnya untuk kepentingan ekonomis atau alternatif investasi.

Sesuai dengan Visi dan Misi Galeri Universitas Pamulang Menjadi pusat informasi dan riset investasi dalam bidang pasar modal di civitas akademika Universitas Pamulang melalui  penyediaan referensi riset pasar modal melalui data statistik, buku, dan internet, Penyediaan Laporan Keuangan Emiten, Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan dalam bidang pasar modal melalui pasar modal, Menyediakan sarana konsultasi dalam bidang pasar modal bagi civitas akademika.

 Berdasarkan Visi dan Misi dari GI tersebut membuat GI terpacu untuk bisa meningkatkan Literasi Pasar modal melalui beberapa kegiatan yang dapat diintegrasikan dengan beberapa mata kuliah dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis antara lain Penyelenggaraan Sekolah Pasar Modal dimana kegiatan ini merupakan kegiatan awal sebagai edukasi dan sosialisasi terkait dengan Mekanisme Pasar Modal yang bisa diintegrasikan dengan mata kuliah akuntansi keuangan, selanjutnya kegiatan Pendampingan Transaksi, adanya Kelas Analisis Fundamental dan Teknikal sebagai informasi awal dalam melakukan transaksi perdagangan jual atau beli saham sebagai pengambilan keputusan investasi.Kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan setiap semester sebagai output dari program kerja Galeri Investasi Universitas Pamulang.

Dari hasil kegiatan terkait peningkatan Literasi pasar modal di dunia akademisi universitas pamulang mengalami peningkatan baik peningkatan jumlah investor maupun jumlah transaksi dari awal pendirian sampai tahun ke 3 ini. Adapun jumlah investor awal di bulan januari 2019 sebanyak 110 investor dengan jumlah transaksi sebesar Rp. 10.678.000. Tepat tahun ketiga ini di bulan November 2021 perkembangan jumlah investor dan jumlah transaksi berkembang sangat signifikan yaitu 286 investor dengan total transaksi sebesar Rp. 19.693.956.575,-

Dengan kehadiran Galeri Investasi, kini Universitas Pamulang telah menyediakan publikasi dan bahan cetakan mengenai pasar modal yang disediakan oleh BEI, Laporan Keuangan Emiten sebagai bahan penelitian skripsi. Melalui berbagai macam fasilitas tersebut, diharapkan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin sebagai media praktik mahasiswa dalam peningkatan Literasi Pasar Modal.

*) Rosita Wulandari, Mahasiswa Magister Akuntansi Universitas Pamulang

Bagikan Artikel Ini