Beranda » Musik untuk Healing? Emang Bisa?

Musik untuk Healing? Emang Bisa?

Banyak manusia yang sering memendam sesuatu seperti kesedihan, amarah, kegundahan, dan perasaan negatif lain dalam dirinya. Ada yang karena mereka tidak tahu bagaimana cara untuk berbagi kisah, atau bahkan tidak memiliki orang lain sebagai pendengar dari keluh kesahnya. Tidak menutup kemungkinan, emosi yang terpendam dapat mengganggu pola tidur dan kesehatan manusia, rentan mengalami stres serta depresi, dan yang lebih parah lagi, melampiaskan emosi dan perasaan yang sudah lama dipendam itu dengan cara yang salah.
Sebenarnya, ada banyak cara untuk kita menenangkan diri dari semua perasaan negatif tersebut, salah satunya dengan mendengarkan musik karena musik tidak hanya menenangkan, tetapi juga dapat mewakili kita untuk bercerita dan mengeluarkan emosi yang sudah kita pendam.
Dalam sebuah studi pada 2013, peserta mengambil bagian dalam salah satu dari tiga kondisi sebelum terkena stressor dan kemudian mengambil tes stres psikososial. Beberapa peserta mendengarkan musik yang menenangkan, yang lain mendengarkan suara gemericik air, dan sisanya tidak menerima rangsangan pendengaran. Hasilnya menunjukkan bahwa mendengarkan musik berdampak pada respons stres manusia, terutama sistem saraf otonom. Mereka yang mendengarkan musik cenderung pulih lebih cepat setelah stres.
Yang telah diketahui, dalam musik terdapat banyak genre dan setiap orang memiliki selira yang berbeda. Ada yang suka dengan genre ballad, rok, pop, dan banyak juga yang lebih suka musik klasik.
Berikut ini 3 rekomendasi lagu yang dapat menenangkan hati dan pikiran:
1. Christina Aguilera – Save Me from Myself
Lagu ballad rilisan 2006 ini mungkin dapat membuat Anda yang sedang merasa down, tidak diinginkan, dan membenci diri Anda untuk belajar mencintai kekurangan dalam diri sendiri, dan berdamai dengan masa lalu.
2. Coldplay – Strawberry Swing
Dririlis tahun 2009, lagu bergenre british rok ini cocok didengarkan untuk yang sedang merasa bahagia. Bagi Anda yang sedang merasa sedih, lagu ini juga dapat membantu mengubah suasana hati kalian.
3. Bon Iver – Skinny Love
Kali ini, untuk yang sedang dalam fase mencintai seseorang, Anda dapat menggunakan lagu ini untuk mengatakan perasaan Anda. Selain itu, melodinya yang menenangkan juga dapat menenangkan pikiran kalian.
Itulah tiga rekomendasi lagu yang tepat untuk menenangkan hati dan pikiranmu. Dengarkan musik yang kalian sukai dan kurangi memendam perasaan karena self healing dengan mendengarkan musik sudah terbukti banyak manfaatnya selain untuk menenangkan hati serta pikiran, musik juga dapat meningkatkan hormon bahagia, dan meningkatkan semangat belajar.
Bagikan Artikel Ini