Beranda » Mempertanggungjawabkan Setiap Rupiah Uang Jemaah

Mempertanggungjawabkan Setiap Rupiah Uang Jemaah

Mempertanggungjawabkan Setiap Rupiah Uang Jama’ah, itulah tag line yang di Sampaikan oleh Dr. H. Suripto, S.E., M.Ak Dosen S1 Program Studi S1 Akuntansi dan Magister Akuntansi Universitas Pamulang dalam presentasinya pada acara Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang diselenggarakan oleh Dosen dan Mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi, Universitas Pamulang.

PKM ini dilakukan di Yayasan Al Ikhsan, dimana Yayasan tersebut menaungi Masjid Agung Sarua Permai dan TKS Al Ikhsan yang beralamat di Jl. Garuda, Sarua Permai, Pamulang, Tangerang Selatan. Masjid Agung Sarua Permai, merupakan Masjid yang dikelola dengan baik, sehingga Masjid tersebut Kelihatan Megah dan luas tertata rapi. Masjid Agung Serua Permai juga memiliki berbagai fasilitas yang mendukung seperti kamar mandi dan tempat Wudlu yang bersih, Pendingin ruangan yang sejuk sehingga Masjidnya Makmur dengan jumlah jama’ah yang banyak.

Dihadapan pengurus Yayasan, Dewan Pengawas serta DKM Masjid Agung Sarua Permai, Suripto lebih lanjut mengatakan pentingnya laporan keuangan bagi Masjid. DKM mendapat Amanah berupa Sodaqoh, Infak, Zakat dan Wakaf dari para jama’ah agar dikelola dengan baik sesuai dengan harapan jama’ah.

Amanah tersebut harus dipertanggungjawabkan oleh DKM kepada jama’ah, bahwa amanahnya telah ditunaikan dengan baik sesuai dengan harapan jama’ah. Nah, Cara yang efektif dan efisien adalah mempertanggungjawabkan dengan cara membuat laporan keuangan yang transparan, akuntanbel sesuai dengan standar Akuntansi, khususnya ISAK 35.

Kegiatan PKM ini dihadiri oleh Dosen dan Mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang antara lain:

Dr. H. Suripto, S.E., M.Ak., CSRS (Nara Sumber)

Bp Sofyan Helmi Purba, S.E., M.Ak (Ketua PKM)

Bp Drs. Syamsuri, M.M., M.Ak

Bp Drs Syaibatul Hamdy

Bp Sudarmadi, S.E., M.Ak., CPSAK

Jayadih, Astuti, Elis Sholihah (Mahasiswa)

Sedangkan dari Yayasan Al Ikhsan dan pengurus Masjid Agung Serua Permai hadir beberapa pengurus inti, antara lain:

Bp Budi Aryanto, S.H., M,KN         : Plts. Ketua yayasan Al Ikhsan

Bp H. Soedaryanto, S.T. M.M        : Ketua Pengawas

Bp Syofitri Rasyid, S.E., M.M., Ak : Anggota Pengawas

Bp Abu Arifin Dadin Abdullah         : Ketua DKM

Adapun judul PKM ini adalah “PENDAMPINGAN YAYASAN AL IKHSAN DALAM MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN MASJID SESUAI ISAK 35 PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN ENTITAS BERORIENTASI NON LABA”. Ketua PKM Bp Sofyan Helmi Purba, S.E., M.Ak dalam sambutanya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pengurus dan Ketua Yayasan Al Ikhsan atas kesediaan untuk menerima Rombongan Dosen dan Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pamulang.

Sementara itu pihak Yayasan Al Ikhsan dalam hal ini diwakili oleh Bp H. Soedaryanto, S.T. M.M juga engucapkan terima kasih atas kegiatan PKM yang dilaksanakan di Yayasan Al Ikhsan tepatnya di Masjid Agung Sarua Permai. Selain Bp H. Soedaryanto, Anggota pengawas Yayasan Al Ikhsan Bp Bp Syofitri Rasyid, S.E., M.M., Ak juga menyampaikan presentasi mengenai kemajuan Yayasan dan Kepengurusan Masjid Agung Sarua Permai. Diharapkan kegiatan PKM ini dapat memberi manfaat nyata untuk Yayasan Al Ikhsan.

Dr. H. Suripto, S.E., M.Ak., CSRS

Dosen S1 dan S2 Magister Akuntansi, Universitas Pamulang

Bagikan Artikel Ini