Beranda » Mahasiswa UHAMKA Adakan Kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan 1 di SMA 13 Pandeglang

Mahasiswa UHAMKA Adakan Kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan 1 di SMA 13 Pandeglang

Foto Dokumentasi Penulis

Mahasiswa UHAMKA yang terdiri dari Program Studi Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Bimbingan Konseling mengadakan kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan 1 (PLP 1) di SMAN 13 Pandeglang. Kegiatan PLP 1 ini di laksanakan selama masa pandemik dengan mematuhi protokol kesehatan yang sangat ketat untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

SMAN 13 Pandeglang menjadi sasaran dalam kegiatan ini dikarenakan lokasi yang sangat dekat dengan mahasiswa Pandeglang dan ada Alumni dari UHAMKA yang sudah mengajar di sekolah tersebut, hal tersebut menunjukan keunggulan kampus UHAMKA dalam menciptakan Alumni yang unggul.

Kegiatan PLP 1 merupakan tahapan yang dilakukan oleh mahasiswa semester 5 untuk memahami terkait proses pengamatan atau observasi dan pemagangan yang dilakukan untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan.

Pada saat wawancara dengan kepala  SMAN 13 Pandeglang, Muhammad Nasir menjelaskan bahwa adanya beberapa problem yang terjadi selama pembelajaran Daring yang dilakukan di SMAN 13 Pandeglang terutama terkait jaringan.

“Selama masa pandemi, segala kegiatan sekolah yang kami lakukan secara daring, namun banyak sekali kendala yang kami hadapi terutama permasalahan terkait jaringan,” ucap Muhammad Nasir.

Tidak hanya itu, permasalahan yang terjadi juga terdapat pada guru yang mengajar di SMAN 13 Pandeglang, para pengajar sangat merindukan peserta didik untuk melakukan kegiatan belajar secara tatap muka.

Selama masa pandemi berlangsung, terutama dalam melakukan pembelajaran adanya beberapa hal yang sangat berbeda dikarenakan tidak adanya interaksi tatap muka secara langsung. “Sehingga kami sangat merindukan peserta didik untuk bisa segera melakukan kegiatan belajar secara tatap muka,” ucap Lia.

Problematika yang terjadi selama masa pandemi Covid-19 terutama dalam kegiatan belajar mengajar di SMAN 13 Pandeglang salah satunya adanya kendala terhadap jaringan, sehingga kegiatan pembelajaran kurang efektif dilakukan secara maksimal. Namun setelah adanya pemberlakuan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka, SMAN 13 Pandeglang tetap melakukan protokal kesehatan yang sangat ketat dengan cara membagi waktu kegiatan belajar.

Dengan adanya kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan 1 (PLP 1) ini kita mengetahui terkait problemtika yang dihadapi oleh sekolah, peserta didik, dan guru dan cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sesuai dengan tujuan dalam kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan 1 (PLP 1) yaitu untuk membangun landasan jati diri pendidik sesuai dengan panduan program PLP Kemendikbud.

(***)

Bagikan Artikel Ini