Beranda » Larangan Menggunakan Baju Hijau di Pantai Selatan

Larangan Menggunakan Baju Hijau di Pantai Selatan

Ratu Kidul atau Nyi Roro Kidul sering di kait-kaitkan dengan menghilangnya sejumlah orang yang berkunjung ke pantai selatan. Mitos menyebutkan mereka yang berenang menggunakan baju berwarna hijau akan ditarik oleh penguasa laut selatan, konon dipercaya sang ratu sangat menyukai warna hijau, mereka yang menjadi korban keganasan laut selatan diyakini akan dijadikan abdi sang ratu kidul. Karena keyakinan ini maka tersebar luas mengatakan adanya larangan memakai pakaian berwarna hijau jika akan berkunjung kepantai selatan.
Mitos tentang larangan memakai baju berwarna hijau di pantai selatan Jawa sudah dipercaya masyarakat sejak lama dan turun temurun. Masyarakat selama ini mempercayai betul mitos yang menyebutkan bahwa orang yang memakai baju hijau di pantai selatan Jawa akan mendapat musibah tenggelam dan akan terseret ombak ke tengah lautan.
Pakaian hijau identik dengan warna baju kebesaran Nyi Roro Kidul, penguasa sekaligus sebagai Ratu Pantai Selatan. Nyi Roro Kidul tidak suka warna kesukaannya disaingi oleh manusia. Oleh karena itu, siapa pun yang mengenakan pakaian berwarna hijau, maka dia akan “dihabisi” oleh penguasa pantai selatan tersebut.
Benar kah ratu pantai selatan menyukai warna hijau? fakta nya warna hijau kerap kali dipakai oleh keraton-keraton dijawa. Secara logis karena mitos ini berkembang dilingkungan keraton maka sosok Nyi roro kidul divisualisasikan sebagai wanita cantik dengan kebaya dan selendang hijau kemudian muncul kepercayaan bahwa penguasa pantai selatan akan mengambil pengunjung pantai yang berpakaian hijau.

Bagikan Artikel Ini