Beranda » Kesehatan Mata Di Tengah Pandemi Yang Bergelut Dengan Gadget

Kesehatan Mata Di Tengah Pandemi Yang Bergelut Dengan Gadget

Foto diambil edukasi kompas

Di tulis oleh: Ayu Santika Mahasiswi Universitas Pamulang

Pandemi yang tidak terasa sudah berlangsung selama kurang lebih 2 tahun, dimana pembelajaran dan pekerjaan yang sampai sekarang dilakukan secara daring, mengharuskan masyarakat untuk tetap produktif didepan layar sinar biru. Belum lagi yang harus terjaga larut malam demi menyelesaikan tugas yang sudah di kejar deadline, terbayang bukan bagaimana lelahnya mata yang terus menerus diserang oleh sinar biru, yang jika dibiarkan terus menerus akan mengganggu kesehatan mata.

Produktif memang harus, namun menjaga kesehatan juga penting apalagi ditengah pandemi dan bulan safar begini, dimana bulan safar dipercayai oleh kaum muslim sebagai bulan yang penuh dengan musibah. Oleh karena itu ada yang namanya sholat tolak bala dan kemudian para jama’ah akan membawa air untuk diberi doa oleh para ustadz kemudian air tersebut biasanya diminum, dan di siramkan pada kendaraan yang biasa digunakan. Tujuannya agar terhindar dari bala dibulan safar ini.

Memang yang namanya musibah, penyakit atau apapun itu bisa terjadi kapanpun asalkan atas izin Tuhan yang Maha Esa, namun kembali lagi pada semboyan “Sedia payung sebelum hujan” apa salahnya untuk kita berusaha mencegah hal tersebut, sisanya baru diserahkan kembali pada tuhan.

Kembali lagi pada kesehatan mata, menurut saya mata adalah salah satu organ yang rentan terganggu kesehatannya, mengapa demikian? Karena jika kita terlalu sering membaca buku pada sinar yang kurang, itu akan merusak kesehatan mata. Padahal, terkadang kita merasa silau dengan cahaya. Kemudian, jika terlalu sering menyetir maka akan mengganggu kesehatan mata juga, dimana yang terjadi cahaya jatuh di belakang retina, karena terlalu sering melihat sesuatu dengan jarak yang jauh dan juga menyipitkan mata, alhasil mata akan terbiasa untuk melihat dengan keadaan jarak yang jauh. Begitupun sebaliknya untuk miopia atau rabun jauh.

Itulah mengapa untuk para readers yang masih memiliki mata sehat sangat penting untuk menjaganya agar tetap sehat, jadi walaupun pada masa seperti ini dimana kita mungkin beberapa diantaranya sebagian besar menghabiskan waktu didepan gadget lebih lama dari biasanya bisa tetap sehat.

Banyak cara yang dilakukan untuk menjaga kesehatan mata, walaupun yang kita tau adalah banyak mengkonsumsi wortel. Lantas bagaimana yang tidak suka dengan wortel? Nah ini dia, mungkin beberapa readers juga sudah mengetahui bagaimana solusinya. Yap, tentu makanan yang mengandung vitamin A atau yang berguna untuk kesehatan mata bukan hanya wortel, tetapi ada banyak makanan lain yang kandungan sama dengan wortel.

Ternyata makanan yang sering kita jumpai pada saat hari raya itu juga termasuk bagian dari vitamin A lho readers. Betul sekali, hati sapi, hati sapi adalah salah satu protein yang mengandung vitamin A, selain bermanfaat untuk kesehatan mata, vitamin A juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Wahh, sangat cocok sekali bukan untuk masa pandemi seperti ini? Lalu bagaimana jika sulit mencari hati sapi? Belum lagi harganya yang cukup tinggi? Tenang, vitamin A tidak hanya wortel dan hati sapi kok, ada beberapa temannya lagi. Salah satunya adalah minyak ikan kod yang sangat mudah untuk di jumpai, karena minyak ikan kod ini banyak di jual pada apotek terdekat.

Taukah teman-teman? Minyak ikan kod ini ternyata selain mengandung vitamin A ia juga mengandung vitamin D, dimana vitamin tersebut berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang kita.
Jika selama ini kita berfikir bahwa kesehatan tulang dapat terpenuhi pada vitamin zat besi yakni susu, ternyata kesehatan tulang juga bisa di dapat pada vitamin D juga, selain itu vitamin D sendiri dapat melindungi jantung, dan kesehatan depresi juga lho. Menarik sekali bukan? Ternyata banyak vitamin atau makanan yang bisa kita temui untuk terus menjaga kesehatan. Jadi bagaimana? Masih mau mengabaikan kesehatan? Kesehatan itu suatu nikmat yang tak terhingga, orang yang sedang sakit sangat ingin sehat, masa kita yang sudah diberikan nikmat sehat ini oleh tuhan mau mengabaikannya, sayang sekali bukan.

Bagi readers yang merasa masih kurang suka atau merasa kesulitan mendapatkan hati sapi, wortel, dan minyak ikan kod, tenang masih ada bayam, melon, brokoli, ubi jalar yang banyak sekali diminati oleh masyarakat indonesia, ada juga paprika merah, dan jus tomat sebagian dari kalian pasti suka jus tomat bukan? Apalagi ditambah susu dan es batu di minum pada siang hari di bawah teriknya matahari, wahh nikmat sekali bukan?

Lalu, bagaimana menjaga kesehatan mata pada masyarakat lansia? Tentunya harus banyak mengkonsumsi makanan bernutrisi bisa mengkonsumsi makanan diatas tadi, dan tak lupa melakukan olahraga, untuk generasi muda juga harus berolahraga karena olahraga itu penting sekali selain untuk membakar lemak, ia juga mampu membuat badan terasa ringan.

Mungkin jika di perhatikan para readers pasti suka merasa terkadang badan terasa berat dan tidak enak, nah itu artinya badan kita membutuhkan olahraga, lemak di dalam tubuh harus segera di bakar. Namun terkadang kita mengabaikan hal tersebut bukan? Dan satu lagi kurangi merokok, merokok boleh saja untuk sekedar menghilangkan rasa penat atau stress, namun alangkah baiknya dikurangi terutama untuk yang masih muda sebelum nantinya kecanduan, karena terlalu sering merokok juga dapat menganggu kesehatan mata.

Yuk dari sekarang mulai menjaga kesehatan, tidak hanya kesehatan imun tetapi juga mata, mulai dari sekarang untuk tidak mengabaikan kesehatan mata terutama pada teman-teman yang masih memiliki mata sehat.
~Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga bermanfaat, salam generasi sehat!~

Bagikan Artikel Ini