Beranda » Kekurangan dan Kelebihan Pembelajaran Secara Daring

Kekurangan dan Kelebihan Pembelajaran Secara Daring

Seperti yang kita ketahui pembelajaran yang di lakukan saat pandemi adalah dengan cara daring, daring merupakan singkatan dari ‘Dalam Jaringan’. Cara ini digunakan oleh semua pendidikan sekolah dasar hingga ke perguruan tinggi. Di dalam pembelajaran daring murid dan guru dituntut untuk paham aplikasi pembelajaran seperti Zoom, Google Meet dan sebagainya. Meski demikian, metode pembelajaran daring pasti memiliki kekurangan dan kelebihan.
Mari kita ulas apa saja kekurangan dan kelebihan yang ada pada pembelajaran daring :
KEKURANGAN
 
• Seringnya gangguan pada sinyal/jaringan
Proses pembelajaran bisa sangat terganggu jika sinyal tiba-tiba hilang, kita tidak bisa memprediksi gangguan sinyal seperti ini sedangkan pembelajaran pasti akan tetap berlangsung.
• Lemahnya pemahaman tentang materi
Murid sulit dalam mencerna materi dikarenakan daring dari rumah membuat pembelajaran ini dibatasi oleh jarak yang mengakibatkan guru tidak bisa menjelaskan dan mengawasi murid-muridnya secara langsung.
• Kurangnya pengawasan saat pembelajaran
Fokus siswa selama proses pembelajaran terganggu oleh kegiatan lain seperti berbalas pesan dengan teman, belajar sambil menonton film dan mendengarkan lagu, atau suara bising dari aktivitas yang dilakukan di rumah.
KELEBIHAN
 
• Dapat melakukan interaksi dari rumah
Pembelajaran daring dapat dilakukan dari rumah sehingga untuk murid yang rumahnya jauh tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi tetapi murid hanya perlu membeli paket data saja.
• Bisa memahami dan menguasai teknologi informasi
Melalui pembelajaran daring, murid akan lebih memahami dan menguasai teknologi informasi yang terus berkembang pesat.
• Mudahnya akses dalam belajar
Pembelajaran daring dapat di akses dengan mudah menggunakan gadget atau pun laptop sehingga pembelajaran dapat dilakukan di mana saja dengan waktu yang disepakati asal tetap terhubung dengan internet.
Nah, itu dia beberapa kekurangan dan kelebihan pembelajaran dalam daring. Sebenarnya pembelajaran daring adalah alternatif terbaik untuk proses pembelajaran di saat covid-19 seperti ini, Maka alangkah baiknya guru dan siswa dapat mengecilkan kekurangan yang ada sehingga pembelajaran berjalan dengan lancar.
Bagikan Artikel Ini