Beranda » Kebudayaan Suku Sunda

Kebudayaan Suku Sunda

Setiap suku tentunya memiliki ciri khas nya masing-masing, suku sunda misalnya, suku sunda merupakan salah satu suku yang menempati wilayah Indonesia bagian barat di pulau Jawa. Populasi suku Sunda mencapai 15,5% dari penduduk Indonesia sekaligus menjadi suku terbesar kedua setelah suku Jawa. Sebagaian besar suku sunda beragama Islam, namun ada juga yang memeluk agama lain dan menganut kepercayaan Sunda wiwitan seperti masyarakat Baduy. Kali ini kami akan membahas beberapa hal menarik dari suku Sunda atau ciri khas orang Sunda.

  1. Logat berbicara

Orang Sunda berbicara dengan logat yang mendayu seperti nada-nada yang bergelombang, biasanya dari logat bicaranya saja sudah bisa dikenali kalau mereka orang sunda, bahkan ketika berbicara menggunakan bahasa Indonesia juga masih kelihatan logat Sunda nya. Mereka memiliki intonasi masing-masing yang kadang terdengar lucu bagi sebagian orang.

  1. Letak geografis

Lokasi geografis Jawa barat dikelilingi pegunungan dan relatif memiliki udara sejuk menyebabkan mayoritas orang-orang Sunda yang bermukim di tanah Pasundan ini memiliki kulit yang tergolong putih dan berseri. Selain karena keadaan geografis nya, hal lain yang menjadi alasan mengapa orang Sunda memiliki kulit putih dan berseri adalah kebiasaan mereka memakan sayuran segar. Sudah bukan rahasia lagi jika mengkonsumsi sayuran sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit dan membantu menghindari radikal bebas dan penuaan. Maka tidak heran orang Sunda banyak yang berparas menawan dan awet muda.

  1. Keramahan

Orang Sunda memang terkenal memiliki orang-orangnya yang mempunyai sifat ramah di Indonesia, hal ini terbukti ketika orang Sunda menyapa orang-orang yang dikenal ataupun tidak dikenal di sekitar mereka, maka mereka akan selalu tersenyum diikuti dengan sapaan teh/neng untuk wanita dan Aa/kang untuk pria. Orang Sunda juga terkenal dengan tutur kata dan bahasa yang santun dengan cengkok yang sangat indah dan khas, hal ini merupakan logat yang hanya dimiliki orang Sunda.

  1. Makan lalapan

Jika kalian mampir ke restoran sunda tidak lengkap rasanya kalau tidak ada lalapan dan sambal pedas, karena lalapan menjadi salah satu khas suku Sunda. Beberapa penelitian sosiologi mengungkap bahwa kebiasaan mengkonsumsi lalapan oleh orang Sunda tak terlepas dari budaya, tradisi, karakter masyarakat serta letak geografis dan keadaan alam tanah Jawa barat yang dikelilingi oleh pegunungan. Hal inilah yang menjadikan daerahnya begitu subur. Berbagai jenis tanaman dapat tumbuh tanpa banyak masalah ditanah Sunda, keadaan alam yang dingin khas daerah pegunungan akhirnya membuat orang Sunda berupaya membuat makanan yang mampu meningkatkan rada pedas dalam tubuh, seperti cabai yang relatif mudah ditemukan dan mudah tumbuh ditanah Sunda menjadi pilihan untuk diolah menjadi santapan sambal.

  1. Alat musik tradisional.

Suku Sunda juga mempunyai alat musik khas yang terbuat dari bambu. Alat musik tersebut adalah angklung, angklung sendiri merupakan alat musik tradisional yang terkenal hingga mancanegara.

  1. Tarian tradisional.

Suku Sunda memiliki beragam tari tradisional khas, beberapa tarian yang sangat populer di Indonesia yakni tari jaipong, tari topeng dan tari rampak kendang.

Bagikan Artikel Ini