Beranda » Budidaya Tanaman Herbal

Budidaya Tanaman Herbal

Memanfaatkan waktu luang untuk budidaya tanaman herbal sempat menjadi tren saat pandemi covid-19 sedang berlangsung. Banyak anak-anak maupun orang dewasa yang mulai belajar merawat tanaman.

Tanaman herbal atau biasa disebut tanaman obat adalah tanaman hasil budidaya rumahan sebidang tanah di halaman rumah, kebun, ataupun ladang, kita bisa gunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat ini.

Budidaya tanaman herbal ini tidak terlalu sulit. Dengan cara memanfaatkan sebidang lahan yang ada disekitar rumah, kebun, ataupun ladang. Ada beberapa tanaman herbal yang bisa ditanam, antara lain:

1. Jahe
Banyak sekali pecinta minuman herbal. Jahe ini sangat ampuh menghangatkan tubuh disaat cuaca dingin. Jahe bisa dibuat minuman seperti susu jahe, wedang jahe, teh jahe, dan lainnya.

2. Kunyit
Tanaman ini memiliki aroma yang cukup khas. Tanaman ini bisa digunakan untuk bumbu dapur, tapi tanaman ini juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Biasa digunakan untuk membuat jamu kunyit asam.

3. Temulawak
Tanaman lainnya adalah temulawak. Tanaman ini digunakan oleh orang tua yang mempunyai anak dengan nafsu makan rendah.

4. Lengkuas
lengkuas sering ditemukan di dalam masakan rendang. Namun, selain digunakan sebagai bumbu dapur, lengkuas bermanfaat digunakan sebagai obat herbal.

5. Brotowali
Di balik rasa pahit saat mengonsumsi brotawali, tanaman ini sangat berkhasiat mencegah dan mengobati berbagai penyakit, selain itu tanaman ini juga bisa dibuat sebagai jamu.

6.  Kencur
Jenis rempah yang bisa dijadikan sebagai obat, dengan cara dibuat jamu herbal

7. Kayu manis
Kayu manis merupakan rempah – rempah yang bisa digunakan juga sebagai ramuan tradisional.

Selain tanaman – tanaman di atas masih banyak lagi jenis tanaman herbal lainnya, seperti Jeruk Nipis, daun kemangi, kapulaga, brotowali dan sebagainya.

Bagikan Artikel Ini