Beranda » 3 Tips Kebiasaan Baru Supaya Lebih Produktif

3 Tips Kebiasaan Baru Supaya Lebih Produktif

Ketiklah kata ‘produktif’ pada mesin pencari Google, maka anda akan melihat banyak definisi, salah satunya menurut gramedia.com ‘produktif adalah sebuah cara untuk mendapatkan suatu keinginan dengan sedikit waktu dan sedikit usaha.’ Jelas bukan? Produktif merupakan usaha anda untuk mendapatkan sesuatu yang sesuai keinginan. Jika anda bermalas-malasan tidak mungkin keinginan itu datang sendiri. Ketika anda tidak produktif apakah menjadi individu konsumtif? Bisa jadi, karena anda hanya memakai tidak menghasilkan sendiri.

Kata produktif juga ternyata tumpang tindih dengan kata sibuk. Apakah perbedaan antara orang yang produktif dan orang sibuk? Jika orang produktif akan lebih fokus kepada pekerjaan yang benar-benar penting di kerjakan dengan waktu tertentu, bisa di sebut sesuai dengan agenda. Sementara orang sibuk akan melakukan semua pekerjaan. Jadi, orang sibuk belum tentu produktif.

Berbicara mengenai produktif kata ini sedang trendi di pakai oleh generasi milenial. Apalagi pada saat pandemi seperti ini, yang mengharuskan masyarakatnya tetap di dalam rumah dan kata ini muncul bersanding dengan kata kebiasaan. Apakah yang dimaksud dengan kebiasaan? Kebiasaan adalah sesuatu yang biasa di kerjakan dan dilakukan berulang kali. Namun kebiasaan yang seperti apa yang anda lakukan berulang kali? Apakah kebiasaan itu baik untuk anda? Atau malah membuat diri anda tidak ada perubahan?

Untuk menjadi individu yang produktif tidak selalu berpatokan kepada pandai dalam berbagai hal atau ilmu pengetahuan saja. Ternyata kebiasaan juga salah satu faktor yang mempengaruhi anda untuk menjadi individu yang produktif. Apalagi di masa pandemi seperti ini ada beberapa orang yang harus bekerja di dalam rumah. Hal ini akan menjadi daya pikir kita untuk berpikir mengubah jadwal. Walaupun di dalam rumah saja tidak menutup diri untuk menjadi individu yang kreatif. Ketika hari libur ada baiknya di manfaatkan untuk lebih produktif, menghasilkan sesuatu yang inovatif dan kreatif. Supaya anda tidak menjadi individu yang konsumtif.

Anda sadar atau tidak mulai bangun tidur sampai tidur lagi, merasa tidak menghasilkan suatu hal yang bermanfaat. Bangun tidur malah bengong, bingung mau melakukan apa. Sampai hari berganti hari lagi pun masih seperti itu tidak ada hasil yang di kerjakan. Banyak keinginan yang ingin di capai tetapi bingung mau mulai dari mana. Apakah karena anda tidak bisa mengatur waktu? Atau kebiasaan yang seperti itu? Pernah merasa demikian? Mari simak 3 Tips Mengubah Kebiasaan Lama Supaya Lebih Produktif!

Pola Pikir

Mengapa pola pikir menjadi tips yang pertama? Karena setiap anda melakukan suatu hal itu merupakan hasil dari perintah otak. Jika anda sudah memiliki pola pikir yang baik maka akan mempengaruhi kebiasaan. Oleh karena itu jika anda ingin menjadi individu yang produktif, maka harus mengubah pola pikir terlebih dahulu salah satunya berpikir positif.

Rutinitas di Pagi Hari

Rutinitas di pagi hari itu penting karena anda bersiap untuk mengawali hari, hal ini tentu akan mempengaruhi kebiasaan. Ada beberapa hal yang termasuk rutinitas di pagi hari, yaitu bangun pagi, merapikan tempat tidur, minum air putih, olahraga, mandi dan sarapan.

Berbicara mengenai bangun pagi, ternyata tidak semua individu bisa melakukannya. Akan tetapi bangun pagi hari harus dilakukan oleh individu yang ingin lebih produktif, karena hal ini akan mempengaruhi kebiasaan hidup anda. Jika di pagi hari saja anda bangun terlambat, apakah pekerjaan anda yang lain akan selesai tepat waktu? Tentu tidak. Bangun terlalu siang merupakan kebiasaan yang buruk walaupun dirasa itu tidak sengaja. Tetapi jika anda tanamkan niat dalam diri bahwa harus bangun pagi, maka itu akan lebih efektif. Oleh karena itu jika ingin pekerjaan atau keinginan anda cepat tercapai maka harus mengubah kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru yaitu bangun pagi.

Ketika anda sudah mulai konsisten dengan diri sendiri untuk bangun pagi setiap hari, maka anda juga harus bertanggung jawab kepada diri sendiri dengan cara merapikan tempat tidur. Sebagian orang menganggap hal ini biasa saja mungkin tidak berpengaruh, tetapi hal yang seperti ini akan menjadikan kebiasaan anda lebih baik. Oleh karena itu, untuk menjadi individu yang lebih produktif maka anda harus bertanggung jawab kepada diri sendiri.

Untuk mengawali hari ada baiknya anda meminum air putih karena tubuh anda mengandung air sebanyak 60%-70% dari berat badan. Oleh karena itu, air penting sekali supaya anda tidak dehidrasi. Mengapa harus minum air putih di pagi hari? Karena air putih akan meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini di penjelas dari laman Idntimes.com, bahwa minum air putih di pagi hari baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan begitu, saluran metabolisme anda pun akan menjadi lebih baik dan dapat menyerap nutrisi dengan optimal.

Mengawali hari dengan berolahraga akan baik bagi tubuh karena akan menjaga daya tahan tubuh anda dari serangan penyakit. Jika di massa pandemi seperti ini dan tidak boleh keluar anda bisa melakukannya di dalam rumah atau ruangan khusus olahraga, dengan gerakan seperti melakukan pemanasan. Ada baiknya jika berolahraga setiap hari kurang lebih 30 menit untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kebugaran.

Mandi adalah salah satu hal yang penting bagi tubuh karena jika anda tidak mandi itu akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan akan mengurangi tingkat percaya diri. Namun, tidak sedikit individu yang kurang mementingkan mandi. Apa lagi di masa pandemi seperti ini merasa tidak ada aktivitas keluar rumah jadi mandi pun jarang dilakukan. Padahal mandi akan membuat tubuh anda merasa segar dan rileks, apa lagi jika mandi di pagi hari banyak sekali manfaatnya yaitu dapat meningkatkan produktivitas, organisme tubuh, membuat daya pikir menjadi lebih cepat, dan menjadi salah satu pendinginan setelah berolahraga.

Ketika anda akan memulai aktivitas, tentu tubuh anda membutuhkan energi, untuk itu anda perlu sarapan. Selain itu sarapan juga akan menjadi kebiasaan yang baik, jika dilakukan setiap hari. Percaya atau tidak orang yang sarapan akan terlihat lebih siap dalam beraktivitas maupun untuk mengerjakan suatu pekerjaan. Setelah anda mempersiapkan diri, anda juga harus membuat hal apa saja yang akan anda lakukan, bisa dikatakan anda harus membuat jadwal atau catatan rencana harian. Mengapa demikian? Karena pekerjaan yang akan anda kerjakan tidak hanya satu, hal ini akan tampak lebih tersusun dengan rapi. Dan hal ini akan mempermudah anda untuk melakukan pekerjaan selanjutnya. Oleh karena itu, langsung maupun tidak langsung hal ini akan membuat anda lebih produktif.

Pola Hidup Sehat

Di era normal ini menerapkan pola hidup sehat itu penting, seperti mematuhi protokol kesehatan, menjaga kebersihan, dan peduli lingkungan.

Setelah mempersiapkan diri seperti tips di atas, artinya anda siap untuk memulai aktivitas. anda harus bangun jangan menyerah, mewujudkan semua keinginan, dan kerjakan setiap pekerjaan dengan tepat waktu. Membuat hal yang inovatif dan kreatif supaya lebih produktif. Demikian 3 Tips Mengubah Kebiasaan Lama Supaya Lebih Produktif, penulis berharap tips ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Bagikan Artikel Ini