Beranda » 5 Jenis Ikan Gabus Populer

5 Jenis Ikan Gabus Populer

Ilustrasi, Sumber Foto : Dokumentasi Penulis

Setelah hampir 2 tahun dunia dilanda pandemi COVID-19 Masa Pandemi Covid-19 membuat banyak orang bekerja dirumah, hal ini membuat banyak orang untuk memiliki peliharaan di rumah, seperti Ikan Gabus yang sedang viral dikalangan masyarakat Indonesia. Kebanyakan orang mengenal ikan gabus untuk dikonsumsi dan dapat mempercepat penyembuhan luka, menambah gizi, menjaga kesehatan mata dan lain lain.

Tidak hanya itu saja ikan gabus dapat dijadikan sebagai ikan hias di akuarium? Faktanya ikan gabus memiliki beragam corak, warna dan bentuk yang menarik menjadikan ikan gabus cocok dijadikan penghias rumah anda. Kali ini Banten News akan menguraikan 5 jenis ikan gabus yang banyak diminati  dan seputaran tentang harga

1.Gabus Barca

dengan kategori High Fin grade A dan memiliki panjang 44 centimeter Gabus Barca dibanderol Rp 55 juta. Corak warna menjadi ciri khas gabus barca dengan dasar kulit berwarna abu-abu keputihan dan rintik dot hitam ditubuhnya membuat Gabus Barca ini menjadi Gabus kelas menengah atas karena begitu eksotis . Warna yang ditampilkan mampu memikat pencinta ikan hias. Siripnya bagian atas berwarna oranye samar-samar, sedangkan siripnya bagian bawah berwarna biru galaxy. Yang menarik adalah kedua sirip ini dipercantik strip hitam di bagian ujungnya. Soal ukuran tubuh, ia dapat mencapai panjang hingga 90 cm.

  1. Gabus Auranti

Ikan yang memiliki nama latin Channa aurantimaculata ini adalah endemik Sungai Brahmaputra. Ikan ini adalah ikan lokal dari wilayah Dibrugarh, wilayah paling timur laut Assam, India. Ikan ini memiliki tubuh berwarna coklat kehitaman yang bercampur dengan garis-garis oranye/ kuning vertikal. Dengan corak simetris dan anatomi yang baik Gabus Auranti Maculata dibanderol dengan varian harga Rp. 500.000 – Rp. !0.000.000 tergantung dari ukuran panjang tubuh ikan. Gabus Auranti jika diberi pasir berwarna hitam maka akan mengeluarkan warna galaxy pada bagian sirip atas, bawah dan belakang. Jika kalian ingin memelihara Gabus Auranti Maculata kalian harus siapkan air yang sudah diendapkan terlebih dahulu hingga kualitas Ph air menjadi rendah dengan alasan agar ikan lebih cepat menyesuaikan pada aquarium.

  1. Gabus Orna Tippinis

Dalam bahasa inggris disebut dengan Burmese Spotted Snakehead, Masyarakat Indonesia biasa menyebut gabus ini dengan panggilan Channa Orna. Memiliki ukuran maksimalnya sekitar 25 cm, jadi termasuk jenis channa kerdil. Tubuhnya berwarna biru ,merah,jingga, kemerahan dengan pola khusus bercak hitam di penutup insang dan tubuhnya. Mereka hidup liar di perairan air tawar yang tersebar di Myanmar dan Thailand. Harga Gabus Orna Tippinis dibanderol cukup mahal untuk ukuran 7-8 Cm mencapai Rp.450.00 semakin panjang dan semakin banyak corak bercak di kepala dan tubuh Gabus Orna maka semakin tinggi harga belinya.

  1. Gabus Maruliodes Yellow Sentarum

Gabus ini berasal dari Indonesia yang tersebar di perairan pulau Sumatra dan Kalimantan. Dengan ciri khusus mata merah dan corak beberapa angka 9 yang tersusun rapi pada tubuh ikan dengan warna dasar berwarna kuning, kehitaman. Membuat Ikan Gabus Hias ini digandrungi banyak orang khususnya pehobi ikan hias. Gabus ini cukup diminati oleh para hobby ikan hias, dibanderol dengan varian harga Rp.500.000 hingga Ratusan juta rupiah. Gabus ini semakin pekat warna kuningnya dan semakin banyak angka 9 pada tubuhnya maka harga ikan ini semakin melangit. Ikan ini tergolong cukup mudah dalam perawatan bisa dikatakan lebih cepat beradaptasi pada lingkungan barunya karena ikan ini terlahir di Indonesia.

  1. Gabus Andrao

Gabus andrao adalah salah satu jenis dwarf snakehead atau gabus kerdil karena ukuran tubuhnya yang mini. Andrao dewasa ukuran maksimalnya hanya sekitar 13-15 Cm saja. Gabus Andrao ini adalah ikan asli India yang hidup di sekitar sungai Brahmaputra. Tempat asal hidupnya memiliki iklim tropis dengan curah hujan tinggi seperti Indonesia. Bisa dikatakan ikan ini sangat cocok untuk para pemula yang ingin memiliki gabus hias dirumah, dan ikan ini tergolong cukup murah tanpa harus merogo kocek lebih dalam, dibanderol Rp.100.000 – Rp.1.000.000.

begitulah kesimpulan 5 jenis ikan gabus yang populer dipelihara sebagai ikan hias.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang berencana memelihara ikan gabus sebagai ikan hias.

Bagikan Artikel Ini