Beranda Opini Mengulik Hobi Menjadi Bisnis

Mengulik Hobi Menjadi Bisnis

Ilustrasi - foto istimewa

Oleh : Jihan Fatma, Mahasiswi Fakultas Ekonomi, Prodi D3 Sekretari, Universitas Pamulang

Di zaman yang sudah serba modern ini, semua orang berlomba-lomba ingin menjadi yang terbaik dan terdepan di segala bidang, baik itu di bidang pendidikan, gaya hidup, maupun  bisnis.

Berbicara tentang bisnis memang tidak akan ada habisnya, karena ialah ujung tombak pensejahteraan ekonomi. Dengan adanya pebisnis dalam suatu negara dapat membantu mengurangi angka pengangguran karena  pebisnis akan menciptakan lapangan kerja baru.

Jika kita menjalani  suatu bisnis tersebut dengan konsisten, maka kita pun akan menuai hasilnya.

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi. Dunia bisnis, kini sudah mulai digandrungi oleh banyak anak muda, yang ingin sukses dan menjadi pengusaha di usia muda. Bukan hanya untuk memperkaya diri dan menjadi pengusaha di usia muda, tetapi ada alasan lain bagi mereka. Yaitu karena taraf hidup masyarakat yang semakin tinggi, dan lapangan kerja yang terbatas, hal itulah yang membuat mereka para anak muda tergerak untuk menjalankan bisnis.

Jika kita ingin memulai bisnis. Sangatlah diperlukan suatu perencanaan yang matang, kita harus menentukan bisnis seperti apa,  yang ingin kita jalankan nantinya, setelah itu kita mempelajari peluang  apa, yang ada dari bisnis tersebut. Selain itu, kita juga harus memahami diri kita sendiri dalam mengelola bisnis tersebut.

Berikut ini, ada beberapa tips yang dapat kita terapkan dan pahami sebelum memulai bisnis, serta dapat membantu kita untuk menghasilkan lebih banyak keuntungan adalah sebagai berikut :

* Mengikuti Hobi

Suatu bisnis yang dijalankan sesuai dengan kesukaan kita atau hobi, dapat membuat kita lebih percaya diri dalam menghadapinya. Karena kita akan lebih mencintai pekerjaan tersebut. Serta kita dapat lebih tenang dan fokus dalam menghadapi masalah yang mungkin terjadi, selagi menjalankan bisnis.

* Memanfaatkan Teknologi

Agar bisnis, yang kita jalankan dapat berkembang. Kita bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada. Seperti menjalankan bisnis dengan sistem online, agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas, dan keuntungan yang diperoleh pun akan semakin besar. Bisnis yang dijalankan dengan sistem ini, akan menarik lebih banyak calon konsumen. Dan hasil yang didapat pun akan lebih optimal.

* Persaingan sekitar

Mempunyai produk dengan kualitas yang bagus, tidak bisa menjamin kesuksesan bisnis kita karena terdapat persaingan didalam dunia bisnis. Tentunya hal ini sangat tidak menguntungkan bagi pebisnis. Solusi dalam menangani masalah ini adalah melakukan riset pasar. Dengan begitu kita dapat mengetahui seberapa besar peluang dari bisnis yang akan kita jalankan, serta untuk mengetahui, banyak atau tidaknya pesaing dari ruang lingkup bisnis kita.

 

Setelah  kamu mengetahui tips dan trik menjalankan bisnis, kamu juga perlu melakukan beberapa strategi khusus, untuk tetap mempertahankan bisnismu agar tidak bangkrut serta tidak tersingkir oleh pembisnis lain adalah sebagai berikut :

* Membuat Inovasi

Inovasi ini sangat penting, dalam suatu bisnis. Tujuannya agar pelanggan tidak bosan dengan produk yang kita jual serta, agar pelanggan juga tetap mengandalkan produk kita, untuk pemenuhan kebutuhannya.

* Memberi Diskon dan Penawaran Menarik

Tidak perlu takut rugi saat memberi diskon, untuk berbagai produk yang kita jual. Karena dengan memberi diskon serta penawaran yang menarik kepada pelanggan. Di situlah, kita akan  menarik pelanggan lebih banyak menuju store kita, dengan begitu penjualan pun akan meningkat.

* Menjaga Pelanggan Lama

Cara terbaik selanjutnya adalah dengan menjaga kepercayaan pelanggan tetap kita. Ini merupakan suatu langkah awal yang dapat dilakukan agar bisnis kita tetap bertahan, apalagi di masa krisis seperti ini.

* Bekerja Sama

Tak hanya manusia, bisnis pun memiliki kelemahan serta kekuatan juga. Untuk mengatasi hal tersebut, lakukanlah kerja sama antar perusahaan atau pebisnis lain,   untuk melengkapi kelemahan dan membantu membangun produk layanan serta penawaran baru untuk pelanggan.

* Promosi Menarik

Agar bisnis kita tetap bertahan, kita perlu melakukan suatu promosi. Promosi yang dilakukan haruslah menarik,  untuk menarik minat pelanggan baru dan menyebarluaskannya,  serta menawarkan produk kepada pelanggan lama.

 

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, yaitu cara agar kita dapat menjalankan bisnis kita dengan maksimal. Salah satunya dengan menjalankan bisnis yang sesuai dengan hobi serta minat kita. Berikut ini ada beberapa jenis bisnis yang dapat kamu jalankan. Berdasarkan bidang keahlian dan hobimu.

 

Bidang Kuliner.

Untuk kamu yang menyukai bidang kuliner, kamu bisa memulai bisnis seperti :

* Usaha Makanan Ringan

Produk makanan selalu digandrungi banyak orang. Terutama produk makanan ringan ,  karena antusiasme masyarakat untuk mencoba hal baru cukup besar. Artinya, potensi bisnisnya masih cukup besar. Jika kamu memilih bisnis ini , kuncinya adalah kualitas dan keunikan pada produk. Setelah itu, untuk lebih meningkatkan penjualan, kamu dapat memasarkannya dengan online. Memulai bisnis ini tidak harus dengan modal besar.

* Usaha Katering

Jika kamu berada di kota besar, kamu dapat membuka bisnis katering ini . Karena , bisnismu akan banyak dicari oleh para pekerja kantoran yang menginginkan menu makan siang yang enak dan sehat . Kamu dapat berkreasi dengan menu dan pilihan bisnismu sendiri. Bisnis katering ini sangat berpeluang besar di tahun 2021 , apa lagi disaat pandemi seperti ini.

* Food Truck

Kata food truck sendiri masih asing didengar oleh masyarakat awam. Karena memang bisnis food truck ini belum terlalu populer di Indonesia . Bisnis ini memang berasal dari luar negeri yang awalnya dikenal sebagai truck es krim. Namun, saat ini sudah mulai banyak orang yang menjajal bisnis food truck. Yang dijual di truck ini, seputar makanan dan minuman cepat saji. Seperti,  burger,sosis bakar, takoyaki, rice bowl hingga aneka minuman kekinian.

Jika kamu tidak mempunyai cukup modal untuk menjual produkmu di sebuah ruko. Kamu dapat  menjajakannya pada sebuah kendaraan, yang sudah di rombak. Setelah itu , kamu dapat mulai mengenalkan bisnismu kepada masyarakat sekitar, dengan menggunakan promosi  melalui media sosial. Atau bergabung ke dalam AFTI (Asosiasi Food Truck Indonesia) untuk memperbanyak relasi.

* Usaha Minuman Kesehatan

Masyarakat Indonesia memang masih memiliki keterikatan dengan jamu, sebagai minuman kesehatan. Bahkan, pada zaman modern seperti saat ini masih banyak konsumen yang menginginkan konsumsi makanan yang enak dan juga sehat. Di tambah lagi pola hidup sehat yang sedang trend saat ini. Artinya, kamu dapat  terjun ke bisnis ini, jika memiliki keahlian dalam meracik minuman kesehatan lainnya. Pemasarannya bisa dilakukan secara offline maupun online.

 

Bidang Fashion

Bagi kamu yang menyukai bidang fashion atau memiliki keahlian menjahit , kamu dapat membisnis kan nya seperti :

* Bisnis Menjahit Pakaian

Bisnis fashion di Indonesia saat ini memang tengah naik daun. Bahkan, nilai ekspor bisnis fashion di tahun lalu mencapai Rp122 triliun! Tak heran jika bisnis Ini menjadi bisnis yang sangat menjanjikan di tahun ini. Hanya dengan keahlianmu dalam menjahit serta kekreativitasan memilih bahan terbaik, untuk membuat produk fashion yang dibutuhkan masyarakat.

* Usaha Sewa Pakaian

Adanya peringatan Hari Kartini kerap mewajibkan dresscode berupa busana daerah. Tidak hanya pada peringatan event saja ,  tetapi juga pakaian pengantin. Ini dapat menjadi peluang usaha yang menarik. Sebab, sebagian besar orang selalu bingung bagaimana mendapatkan dresscode yang pas. Kamu dapat berkreasi dengan jenis bisnis sewa pakaian seperti ini . Kuncinya adalah , melihat peluang pasar yang baik sesuai tren yang berkembang saat ini.

 

Bidang Kecantikan

Bagi kamu yang hobi merias, kamu dapat menyalurkannya dengan membuka usaha

* Rias Pengantin

Untuk memulai bisnis ini kamu membutuhkan modal sekitar 8 – 10 juta rupiah tergantung besar kecilnya bisnis yang akan kamu bangun. Sebagian modal tersebut akan digunakan untuk pembelian alat makeup, busana pendukung, serta biaya promosi. Peluang bisnis ini cukup besar, karena dapat balik dengan cepat. Kamu juga dapat mempromosikan jasa makeup mu dan berkolaborasi pada sebuah wedding organizer (WO) , dengan begitu pendapatan yang kamu peroleh akan semakin banyak. Serta jasa makeup mu akan lebih dikenal orang.

 

Kemudian ada pula usaha yang dapat kamu manfaatkan menjadi bisnis, seperti disaat orang tidak memiliki banyak waktu yang cukup untuk mencuci, yaitu :

* Bisnis Laundry

Pastinya kamu tidak heran lagi dengan bisnis ini, bisnis jasa cuci ini memang masih menjanjikan.modal awal yang dibutuhkan tergantung seberapa besar bisnis laundry yang akan kamu bangun. Bahkan, kamu bisa memulainya dari rumah terlebih dahulu. Jika ingin mengembangkan bisnis tersebut, pemanfaatan teknologi juga bisa dilakukan.

Tujuannya, selain menjangkau lebih banyak orang, juga memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen kamu . Selain jasa cuci pakaian ada juga jasa cuci sepatu. Bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan dengan banyaknya aktivitas, mengharuskan mereka memakai alas kaki yang bersih dan nyaman setiap saat. Tidak mungkin mereka membeli alas kaki setiap hari, atau mungkin tidak ada waktu untuk membersihkannya. Nah,  jasa cuci sepatu ini dapat menjadi peluang usaha untukmu.

 

Bagi kamu yang suka menulis, kamu dapat menuang kan ide – ide kreatifmu dalam sebuah tulisan, seperti :

* Menjadi Penulis

Bisnis ini dapat dijalankan dari rumah dan bahkan tanpa modal sekalipun,  menulis bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan, kamu dapat menjadikannya salah satu hobimu, yang dapat kamu kerjakan secara paruh waktu. Untuk memulai nya kamu dapat menulis hal – hal ringan seperti cerita rutinitasmu sehari – hari, kemudian kamu dapat mencoba menulis artikel, membuat blog, atau bahkan menulis sebuah novel.

Selanjutnya jika kamu memiliki kekreatifitasan serta kesabaran yang tinggi , kamu dapat menjadikannya sebagai bisnis, seperti

* Menciptakan Kerajinan Tangan

Keterampilan dalam mengolah suatu bahan menjadi kerajinan tangan bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Tentu kamu tak harus memulainya dengan modal besar. Cukup dengan beberapa ratus ribu saja,  kamu  sudah bisa memulai bisnismu. Yang terpenting kamu harus tekun dan telaten dalam menjalankannya.

Bagi kamu yang hobi traveling , kamu dapat menjadikannya sebagai bisnis,  yaitu  bisnis seperti :

* Tour and Travel

Bisnis ini bisa kamu mulai,  dengan merekomendasikan berbagai tempat liburan unik di sosial media dengan mensuguhkan berbagai paket liburan yang menarik. Menjajal bisnis pada tour wisata, seperti ini, adalah bisnis yang cukup menjanjikan. Tak hanya itu kamu pun dapat berkolaborasi dengan beberapa fotografer handal, yang dapat mengabadikan moment bahagia, para pengguna jasa travelmu. Kehadiran jasa fotografer pada tour wisatamu,  dapat menambah nilai plus untuk jasa travelmu.

 

 

Sedangkan bagi kamu yang menyukai  hewan, kamu dapat membuka bisnis :

* Pet Shop

Kamu dapat memulai bisnismu ini, dengan jasa perawatan hewan peliharaan . Sebab, kesadaran masyarakat akan perawatan kesehatan hewan peliharaan kian meningkat. Kamu  bisa memasarkan usaha Pet Shop secara online, dengan media sosial.

Bukan hanya itu, bagi kamu yang menyukai anak kecil pun ,  dapat dijadikan sebuah bisnis, yaitu membuka jasa penitipan anak.

* Penitipan Anak

Jasa penitipan anak ini,  bisa menjadi pilihan yang menarik. Bisnis ini sangat cocok dijalankan di kota-kota besar . Karena kesibukan orang tua yang bekerja, seringkali mengharuskan anak dititipkan ke pihak lain. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis bagi kamu. Jika ingin membuka bisnis seperti ini,  kamu mungkin harus menyiapkan modal untuk melakukan renovasi rumah . Tujuannya, menjadikan sebagian area rumahmu, tempat bermain yang menyenangkan untuk anak – anak . Selain itu kamu perlu membeli beberapa perlengkapan bermain anak sekaligus mempromosikan usahamu .

Selain semua contoh bisnis diatas, kamu juga dapat memulai usaha dengan modal yang hanya sekali dikeluarkan atau dengan modal yang sedikit , yaitu menjadi :

* Reseller atau Dropshipper

Reseller atau Dropshiper ini, juga memungkinkan kamu memulai bisnis tanpa modal. Namun, jangan salah, potensi penghasilannya tidak dapat dianggap remeh.  Mengapa begitu,  karena hasil keuntungan yang di dapat berasal dari selisih harga yang kamu terima, yaitu dari pembeli yang membeli produk dari penjual.

(***)
 

Penutup

Cukup banyak kan,  peluang usaha yang bisa kamu bisniskan. Untuk membuka sebuah usaha kamu bisa memulainya dengan hal yang kamu sukai, contohnya seperti menyalurkan hobi mu. Dengan kata lain, ikuti passion mu . Lalu, kamu bisa mengembangkan bisnis  dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, seperti memakai sosial media untuk promosi . Dan yang tidak kalah penting adalah selalu pelajari potensi pasar bisnis tersebut,  dengan data yang cukup.  Jika, kamu sudah menemukan ide peluang usaha yang akan kamu jalani , kamu  bisa memulainya sekarang. Berapapun modal yang kamu miliki,  bisa menjadi hal penting bagi keberlangsungan bisnismu kelak.  Nah, tak ada lagi alasan kamu tidak punya cukup modal kan, tidak punya keahlian atau bahkan tak punya ide. Kamu dapat memulai usaha-usaha kekinian tersebut, sekarang juga. Jangan mudah putus asa karena tentunya akan banyak rintangan menghadang. Teruslah berjuang hingga sukses.

(***)