Beranda Opini Lima Tahun BantenNews.co.id

Lima Tahun BantenNews.co.id

Kami memulainya dari sebuah kios kecil di pinggiran Kota Cilegon pada 1 Maret lima tahun silam. Hanya ada satu lemari, seperangkat meja dan kursi, komputer tua, printer dan kipas angin. Keterbatasan tak menyurutkan kami untuk menghadirkan sebuah media informasi daring yang aktual bagi masyarakat.

Serupa waktu yang bergerak maju, kemajuan media yang kami kelola juga sebuah harapan. Pertumbuhan jumlah pembaca dan relasi pun terus kami rasakan. Untuk itu, ucapan terima kasih pantas kami alamatkan kepada para pembaca terbaik yang turut membesarkan kami. Segala saran dan kritikan mereka adalah asupan bagi kami untuk tetap tumbuh dan berkembang. Pun demikian kepada para relasi yang menaruh kepercayaan kepada kami untuk menjalin kolaborasi dan sinergi yang saling bermanfaat.

Lima tahun tentu belum masuk usia yang matang. Apalagi dalam setahun terakhir, pandemi membuat kami harus bersiasat agar tetap terus bertahan dan berkembang. Di saat-saat sulit seperti ini, kami harus bergerak dengan inovasi agar tak tergerus ketertinggalan. Kami yang semula hanya fokus pada penyebaran informasi teks melalui web, kini mulai memanfaatkan teknologi siaran langsung melalui ragam aplikasi untuk mengabarkan informasi. Dialog interaktif maupun podcast juga kami lakukan.





Selain itu kami juga membuka rubrik ‘Info Warga’ dan podcast yang menerima laporan informasi masyarakat terkait pelayanan publik. Untuk menghindari hoaks, kami upayakan verifikasi data dan informasi yang disampaikan warga.

Kami ingin media kami bisa menjadi corong aspirasi publik. Karena kebahagiaan bagi kami, bukan sebatas pada tingginya pembaca. Namun lebih dari itu, kami lebih berbahagia ketika menjadi jembatan dan bisa ikut terlibat dalam perubahan ke arah lebih baik bersama masyarakat. Kami bahagia ketika informasi jalan rusak, lampu PJU mati, sampah berserakan, sulitnya membuat dokumen kependudukan yang disampaikan warga melalui media kami bisa segera ditangani oleh instansi berwenang.

Memperluas jejaring pun terus kami lakukan, baik di tingkat lokal dan global. Selain membangun jaringan agregasi dengan Babe, Kurio, Suara.com, dan terbaru dengan LINE Today dan RCTI+, kami juga membangun sinergi dan kerja sama dengan pengembang aplikasi global. Hal ini kami lakukan agar informasi lokal yang kami sampaikan luas terbaca.

Kami patut memberi apresiasi atas kerja keras tim redaksi dan administrasi. Mereka telah menunjukkan dedikasi dan profesionalitasnya untuk bersama-sama besar dan membesarkan BantenNews.co.id.

Dan tentu saja, dalam perjalanan lima tahun ini kami tak lepas dari segala khilaf dan salah. Maka dengan kerendahan hati, mohon maafkan kami.

Tabe. (*)