Beranda » Tim PHP2D Ormawa Matematika UNPAM Turut Membantu Terlaksananya Kegiatan Imunisasi di Posyandu Gelatik 12 Kampung Citugu

Tim PHP2D Ormawa Matematika UNPAM Turut Membantu Terlaksananya Kegiatan Imunisasi di Posyandu Gelatik 12 Kampung Citugu

Foto Dokumen Penulis

Oleh : Pradina Arfiananda, Mahasiswa Universitas Pamulang Prodi Matematika, semester 3. Merupakan salah satu anggota tim PHP2D HIMATIKA

Pada Rabu (25/08/2021), Posyandu Gelatik 12 Kampung Citugu, Desa Puraseda, Kec. Leuwiliang, Kabupaten Bogor, kembali dibuka. Pelaksanaan kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB sampai selesai di rumah Bu Suryati selaku pengurus posyandu Gelatik 12 tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Pandemi Covid-19 tidak memudarkan semangat para ibu di Kampung Citugu untuk memeriksakan tumbuh-kembang anak mereka. Kegiatan Posyandu yang dilakukan sebulan sekali ini bertepatan dengan kegiatan PHP2D Ormawa Matematika UNPAM. Bulan Agustus ini merupakan jadwal pemberian vitamin A untuk bayi berusia 6-11 bulan dan balita berusia 1-5 tahun.

Selain diberikan vitamin A, anak-anak balita juga diukur tinggi badan, serta berat badannya. Selain itu, ada juga beberapa ibu hamil yang memeriksakan kandungannya, sebanyak 3 orang. Dikarenakan saat itu tidak ada bidan, maka sehingga yang didata hanya berat badan serta usia kandungan ibu tersebut.

Ketua Posyandu Gelatik 12, Suryati, menjelaskan alur pendataan anak-anak di Kampung Citugu. “Data-data yang didapat akan dikirim ke puskesmas dan biasanya akan ada bidan yang berkunjung sebulan sekali ke Kampung Citugu untuk pemberian obat dan vitamin serta mengisi KMS bagi ibu hamil dan balita di kampung Citugu.” Jelas beliau.

“Dan kami tetap ingin melakukan kegiatan posyandu ini dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, demi memantau kesehatan dan tumbuh kembang anak-anak di Kampung Citugu ini,” lanjut beliau.

Pada pukul 11.00 WIB, terdapat 63 balita yang melakukan imunisasi di Posyandu Gelatik 12. Selain bayi dan balita, beberapa anggota tim PHP2D juga yang turut menimbang serta mengukur berat badannya. Dan data tersebut juga dimuat dalam pendataan Posyandu Gelatik 12 Kampung Citugu.

Keinginan untuk memantau tumbuh-kembang anak mereka membuat para orang tua sangat antusias mengantarkan anak-anak mereka ke posyandu. Pelayanan masyarakat khususnya Posyandu Gelatik 12 dilakukan oleh Bu Suryati dan beberapa anggota PHP2D. Bu Suryati melayani penimbangan berat badan bayi dan balita.
Kemudian, beberapa anggota tim PHP2D turut membantu terlaksananya kegiatan tersebut.

Yang mana, Dwi bertugas mencatat dan mendata anak-anak, Reisya bertugas mengukur tinggi badan, dan Pradina memberikan vitamin A kepada setiap anak sesuai dengan usia mereka.
Selain itu, ada seorang ibu yang datang ke posyandu untuk pertama kalinya setelah melahirkan juga ikut menimbang dan mengukur serta mendata tanggal lahir anaknya di Posyandu Gelatik 12. Hal ini bertujuan untuk menjaga imun tubuh bayinya agar terhindar dari berbagai penyakit. Setelah selesai, pukul 12.10 WIB Posyandu Gelatik 12 Kampung Citugu pun ditutup.

(***)

 

Bagikan Artikel Ini