Beranda » Survei YouGov: Transfer Uang Melalui DANA Banyak Diminati

Survei YouGov: Transfer Uang Melalui DANA Banyak Diminati

Ilustrasi penggunaan dompet digital DANA - foto istimewa

Kepercayaan masyarakat terhadap keandalan DANA makin menguat. Dari survei yang dilakukan oleh lembaga riset dan konsultasi pasar YouGov terhadap lebih dari 4.000 responden secara nasional, DANA tercatat sebagai dompet digital yang secara konsisten membukukan pertumbuhan jumlah pengguna khususnya di bulan Maret 2021 hingga akhir kuartal kedua tahun 2021. Selain itu, hasil survei YouGov juga menunjukkan bahwa transfer uang melalui DANA banyak diminati oleh masyarakat.

“Sebagai perusahaan teknologi finansial yang menjadi jembatan bagi seluruh ekosistem, DANA terus berinovasi untuk menghadirkan solusi bagi masyarakat agar ekonomi digital semakin inklusif. Hasil riset ini menunjukkan bahwa semakin banyak masyarakat yang percaya terhadap kemudahan, keamanan, dan kenyamanan yang dihadirkan DANA sebagai solusi terintegrasi dalam memenuhi berbagai kebutuhan transaksi,” ujar Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA, Kamis (16/9/2021).

Berdasarkan survei YouGov, DANA terus menunjukkan tren pertumbuhan positif dalam jumlah pengguna, bahkan di kuartal kedua 2021 mampu tumbuh mencapai 40%. Tingginya pertumbuhan di kuartal ini dipicu pertambahan jumlah pengguna di kalangan muda, yaitu usia 18-24 tahun serta di kalangan usia di atas 35 tahun. Survei menunjukkan bahwa sebanyak 30% pengguna DANA adalah usia 18-24 tahun yang menunjukkan luasnya penerimaan terhadap DANA di kalangan generasi muda (Gen Z). Hasil ini juga sejalan dengan data kinerja yang telah dirilis DANA yang memperlihatkan pertumbuhan jumlah pengguna DANA dari 50 juta di akhir 2021 menjadi 80 juta di pertengahan Agustus 2021.

Survei YouGov memperlihatkan bahwa fitur dalam aplikasi DANA yang paling sering digunakan adalah fitur Kirim Uang. Fitur ini digunakan pengguna baik untuk transfer ke rekening bank maupun ke sesama pengguna. Fitur lain yang juga banyak digunakan adalah pembelian pulsa dan paket data, serta pembayaran tagihan. Hasil ini tidak lepas dari kecenderungan mayoritas responden yang memilih dompet digital untuk transaksi online dan pembelian pulsa telepon. Temuan menariknya, untuk dompet digital, DANA banyak dipilih untuk melakukan transfer uang (25% responden) setelah mobile banking (41% responden) dan transfer melalui ATM (39%).

Hasil survey juga memperlihatkan terus meningkatnya persepsi terhadap DANA. Selain aman, responden memilih DANA karena dianggap well-connected (terkoneksi dengan beragam aplikasi dan diterima di mana-mana), user-friendly, dan bebas biaya administrasi.

Data yang dihimpun YouGov selaras dengan data temuan DANA. Fitur Kirim Uang masih menjadi salah satu fitur teratas dalam deretan lima fitur yang paling diminati pengguna, selain pembayaran QRIS, Pulsa & Data, Online Commerce, dan Billers. Oleh karena itu, pembaruan terus dilakukan untuk memperkaya pengalaman pengguna termasuk menciptakan kolom pencarian untuk transfer yang lebih praktis pada tampilan antarmuka terbaru DANA v.2.0.

Tentang DANA

DANA adalah layanan dompet digital yang diselenggarakan oleh PT Espay Debit Indonesia Koe, perusahaan rintisan Indonesia yang bergerak di bidang teknologi finansial yang menyediakan infrastruktur pembayaran yang memungkinkan masyarakat Indonesia melakukan pembayaran dan transaksi secara nontunai dan nonkartu.

DANA dibangun dan dikembangkan di Indonesia dengan didukung oleh tenaga kreatif dan programmer Indonesia. Aplikasi DANA tersedia untuk iOS dan Android, serta terintegrasi dengan berbagai merchant dan aplikasi online ternama sebagai solusi pembayaran digital, baik secara online maupun offline. #DANASahabatUMKM merupakan inisiatif DANA untuk mendukung Digitalisasi UMKM Indonesia melalui platform DANA Bisnis.

Tentang YouGov

YouGov adalah perusahaan riset dan data analisis internasional, dan merupakan misi YouGov untuk membagikan aliran data yang akurat dalam membantu berbagai organisasi untuk melayani komunitas yang mereka miliki.

Setiap harinya, lebih dari 15 juta anggota panelis global kami mengalirkan ribuan data terkait opini, perilaku, dan kebiasaan konsumen. Kami mengkombinasikan aliran data tersebut dengan keahlian riset kami untuk dapat membantu pengambilan keputusan intelijen bagi pelaku bisnis, organisasi politik, akademisi, ataupun berbagai organisasi lainnya secara luas.

Beroperasi di UK, Amerika, Eropa, Timur Tengah, India, dan Asia Pasifik, YouGov merupakan salah satu jaringan riset terbesar di dunia.

(***)

Bagikan Artikel Ini