Beranda » Strategi Mewujudkan Impian Kuliah Ke Inggris

Strategi Mewujudkan Impian Kuliah Ke Inggris

When you study abroad every step is a learning experience – Johan Asplund

Begitulah kutipan Johan Asplund, seorang sosiolog asal Jerman yang menurutnya, belajar ke luar negeri itu penuh dengan pengalaman pembelajaran. Karena berbagai sisi positifnya, banyak orang mempunyai impian untuk kuliah ke luar negeri.

 Salah satu negara yang menjadi sasaran untuk kuliah di luar negeri adalah Inggris. Kuliah di Inggris sendiri memiliki banyak keunggulan, seperti  kualitas universitas di Inggris yang baik dan bertaraf internasional, terdapat jurusan perkuliahan yang sangat beragam, banyak beasiswa yang ditawarkan, dan yang lainnya.

Sayangnya, untuk mewujudkan impian kuliah ke Inggris bukanlah sesuatu yang remeh dan mudah karena adanya tingkat persaingan yang ketat. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas strategi-strategi yang dapat kamu lakukan untuk mewujudkan impian kuliah sarjanamu ke Inggris.

  • Tentukan jurusan dan universitas 

Sebelum kamu memilih universitas yang hendak dituju, sebaiknya pilihlah jurusan yang benar-benar ingin kamu pelajari. Kamu dapat mencari tahu apa minat dan bakatmu. Lalu, seleksilah jurusan yang sekiranya menjadi minat bakatmu. Kamu dapat mencari informasi dan memahami kelebihan dan kekurangan di antara jurusan-jurusan yang telah kamu seleksi. Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan di antara masing-masing jurusan, kamu dapat memutuskan jurusan mana yang akan kamu pilih. Apabila kamu agak kesulitan, mintalah bantuan kepada orang dewasa atau yang telah berpengalaman untuk dimintai pendapat.

Dilansir dari UKuni terdapat 89 universitas yang ada di Inggris dan menurut penilaian QS World University tahun 2021, Universitas Oxford menjadi universitas terbaik di Inggris. Tetapi tentu saja, universitas-universitas lainnya juga memiliki kualitas yang tidak kalah bagusnya. 

Maka dari itu, lebih baik tentukanlah jurusan yang hendak kamu ambil terlebih dahulu dan kemudian kamu dapat memilih universitas yang setidaknya cocok bagimu, seperti dalam segi sistem perkuliahannya, biaya maupun lingkungannya.  

  • Kuasai bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan kemampuan dasar yang harus kamu miliki untuk melanjutkan perkuliahan ke luar negeri. Bahasa Inggris ini diperlukan sebagai alat berkomunikasi dengan dosen atau teman-temanmu dan untuk menyerap materi-materi selama perkuliahan. Selain itu, kamu juga harus menyiapkan TOEFL/IELTS dengan skor tertentu. 

Oleh karena diperlukannya kualifikasi sebagai pembuktian kamu dalam berbahasa Inggris, kamu harus benar-benar menguasai bahasa Inggris. Tentunya, kamu bisa belajar secara mandiri maupun mengikuti kursus. Pilihlah metode pembelajaran yang efektif dan cocok bagimu, karena setiap orang memiliki gaya masing-masing dalam hal pembelajaran. Atau mungkin kamu dapat mengikuti metode-metode pembelajaran dari seorang poliglot (orang yang mahir berbahasa) yang lebih bersifat santai dan menyenangkan. Apabila kamu ingin menguasai bahasa Inggris dengan cepat, gunakanlah bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-harimu. Hal terpenting dari proses pembelajaran bahasa Inggris ini adalah kamu melakukannya secara efektif dan konsisten. 

  • Mencari tahu tentang segala persyaratan pendaftaran jurusan dan universitas 

Mencari informasi seputar persyaratan pendaftaran perkuliahan bisa dilakukan setelah kamu memutuskan universitas dan jurusan yang ingin kamu tuju. Kamu bisa mencari informasi persyaratan pendaftaran melalui website universitas tersebut. 

Melansir dari video youtube Viancqa Kurniawan, seorang mahasiswi asal Indonesia yang berkuliah di Coventry University di Inggris, ia memberikan informasi seputar administrasi yang diperlukan untuk mendaftar ke universitas di Inggris. Nah, simak perlengkapan administrasi apa saja yang diperlukan di bawah ini.

  • Kualifikasi A Level 

Inggris mengakui kualifikasi A Level untuk mendaftar ke universitas di negaranya. Namun, ada beberapa universitas yang dapat menerima kualifikasi dari SMA asal. Kak Viancqa bercerita bahwa dirinya mendaftar ke Coventry University menggunakan kualifikasi SMA, yaitu nilai UN. Walaupun pada masa sekarang UN ditiadakan, kualifikasi SMA yang dapat digunakan untuk mendaftar ke Coventry University yakni, nilai akhir raport sekolah. Selain itu, ada juga beberapa universitas di Inggris yang menerima kualifikasi SMA berupa nilai ijazah SMA.

Namun, apabila kamu ingin mendaftar ke universitas yang hanya menerima kualifikasi A level, kamu dapat mengikuti program foundation year. Foundation year merupakan sebuah program pra-perkuliahan yang dikhususkan bagi calon mahasiswa internasional supaya mempersiapkan ilmu-ilmu dasar dan umum sebelum memasuki dunia perkuliahan sesuai jurusan mereka.

  • IELTS/TOEFL

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, universitas di Inggris akan membutuhkan sertifikasi kemampuan bahasa Inggris calon mahasiswa internasional. Selain itu, beberapa universitas dan jurusan juga memiliki kualifikasi skor minimal yang berbeda-berbeda. Untuk mengetahui informasi yang lebih jelas, kamu dapat mengecek persyaratan tersebut pada website universitas dan jurusan masing-masing. Sebaiknya, kamu menyiapkan tes ini dari jauh-jauh hari agar skor yang kamu dapat bisa mencapai kriteria. Dan untuk berjaga-jaga, akan lebih baik jika kamu menyiapkan skor minimal 6.0 – 6.5 untuk IELTS dan skor minimal 600 untuk TOEFL. 

  • Personal Statement atau Karya Tulis Singkat

Personal statement merupakan karya tulis singkat yang dapat juga disebut sebagai essay. Personal statement berisikan alasan kamu memilih universitas dan jurusan yang ingin kamu tuju dan berisikan pengalaman-pengalaman hidup kamu yang dirasa perlu untuk calon universitas kamu ketahui, seperti pengalaman mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan organisasi selama sekolah, atau penghargaan yang pernah kamu capai, baik dalam dunia akademik maupun non-akademik.

  • Academic Reference and Recommendation Letter atau Surat Referensi dan Rekomendasi

Surat rekomendasi ini bisa kamu dapatkan melalui guru SMA kamu. Surat ini berisikan gambaran dirimu melalui sudut pandang gurumu. Penilaian-penilaian tersebut dapat berdasarkan dari pengalaman kamu ataupun penghargaan yang kamu miliki yang menurut gurumu penting untuk calon universitasmu ketahui. 

  • Application Form atau Formulir Pendaftaran

Kamu bisa mendapatkan formulir ini pada website universitas yang kamu tuju. Pada umumnya, formulir ini berisikan hal-hal sudah disebutkan di atas dan  biodata diri kamu. Lengkapilan dokumen-dokumen yang diperlukan dengan teliti dan periksalah kembali sebelum mengirimkannya. 

  • Mempersiapkan VISA

Sebelum mengurus VISA, kamu harus terlebih dahulu mendapatkan informasi pengumuman penerimaan perkuliahan atau Confirmation of Acceptance for Studies (CAS) dari kampus dan jurusan yang kamu tuju. Informasi tersebut dibutuhkan sebagai bukti bahwa kamu memiliki kepentingan dan berhak untuk mendapatkan VISA pelajar. Kamu bisa mencari informasi seputar mengurus VISA secara online melalui website kementerian luar negeri.

Selain itu, terdapat kebijakan baru post-study work visa yang memperbolehkan kamu untuk menetap di Inggris selama dua tahun setelah lulus dari perkuliahan. Hal ini tentunya, sangat berguna bagi kamu yang ingin berkarir di Inggris setelah lulus dari perkuliahan.

  • Mendaftar Beasiswa

Kamu juga bisa mewujudkan kuliahmu ke Inggris menggunakan beasiswa. Terdapat banyak institusi, baik pemerintah maupun swasta yang menawarkan program beasiswa. Berikut beasiswa yang terkenal seperti, Beasiswa Jardine Foundation dan Great Scholarship. Kamu dapat mencari informasi tentang beasiswa-beasiswa tersebut dengan memanfaatkan media internet.

Persiapkanlah hal-hal yang diperlukan untuk mendaftar beasiswa dari jauh-jauh hari. Pada umumnya, dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk proses pendaftaran adalah CV, portofolio, dan essay. Institut-institut yang menawarkan beasiswa biasanya mencari siswa yang aktif dan berprestasi untuk memenuhi kualifikasi beasiswa mereka. Selain itu, pentingnya menjadi siswa yang aktif agar kamu dapat mengembangkan kualitas dirimu. Kamu dapat aktif dalam kegiatan berorganisasi serta aktif mengikuti kompetisi-kompetisi, baik kompetisi akademik maupun non-akademik. 

Nah, itulah strategi-strategi yang dapat kamu lakukan untuk mewujudkan impian kuliahmu ke Inggris. Sebaiknya, buatlah rancangan persiapan yang matang mulai dari sekarang karena proses pendaftaran perkuliahan, terlebih lagi di luar negeri, membutuhkan waktu, tenaga, pikiran, dan biaya yang tidak sedikit. Jadikan strategi ini sebagai tahap awal perkembangan dirimu menuju perkuliahan.

Bagikan Artikel Ini