Beranda » Skoliosis Penyakit yang Tidak Disadari

Skoliosis Penyakit yang Tidak Disadari

Sudah tidak asing bagi kita istilah skoliosis , skoliosis didengar oleh masyarakat dengar arti “penyakit tulang bagian punggung”. Sebelum membahas mengenai bagaimana pencegahannya, mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu skoliosis secara umum.

Jadi, Skoliosis merupakan penyakit yang menyebabkan tulang belakang bengkok dapat membentuk huruf s maupun huruf c . bagaimana itu bisa terjadi pada penderitanya? Apakah dari lahir? Atau pola hidup kita yang tidak baik?
Skoliosis bisa terjadi akibat adanya Infeksi tulang belakang.

Serta Bantalan dan sendi tulang belakang yang terganggu akibat usia bisa disebut (skoliosis degeneratif). ataupun Bawaan lahir (skoliosis kongenital). Namun ada juga Gangguan saraf dan otot (skoliosis neuromuskular), misalnya penyakit distrofi otot atau cerebral palsy, itu karena penderita sudah dirasakan dari lahir karena memiliki kelainan atau penyakit lain.

Namun kita yang terlahir secara normal pun bisa saja terkena skoliosis, karena pola hidup yang sekarang, lihat saja sedari kecil pada saat sekolah kita terbiasa membawa beban di punggung seperti membawa tas yang berisikan buku-buku terlalu banyak, bisa terjadi karena terlalu lama duduk didepan komputer pun bisa menyebkan skoliosis, bagaimana tidak pekerjaan melalui media online pun sangat dibutuhkan. maka penderita skoliosis ini tidak pandang usia, di usia muda pun banyak yang mengalaminya.

Sesuai dengan pengalaman saya kita bisa mencegahnya, dengan cara apa? yaitu dengan tidak membiasakan duduk bungkuk, miring satu sisi ke sebelah kiri ataupun ke sebelah kanan, tetapi tetaplah duduk dengan posisi tegak agar menjaga postur tulang tetap sempurna.

Selain itu, hindari aktivitas yang akan membuat tulang belakang terbebani. Salah satunya, dengan tidak membawa banyak beban pada tas yang dipakai pada area punggung atau menggunakan tas di salah satu sisi saja.

Mungkin pencegahan ini terlihat gampang namun kita hindari sedari sekarang, karena jika terus dibiarkan akan mengakibatkan timbul dalam jangka waktu panjang, sewaktu-waktu dan lambat laun efeknya akan terasa.

Dengan disertai asupan makanan yang memiliki kalsium tinggi, minum vitamin D, serta istirahat yang cukup, bahkan dengan makan dengan protein tinggi juga bisa mencegah terjadinya skoliosis.

Maka dari itu sayangilah tulang kita selagi sehat dan menjaganya.
Salam sehat!!

Bagikan Artikel Ini