Beranda » Serat TENCEL dan LAKUMAS Dukung Pemberdayaan Perempuan Pegiat Tenun di Asia Tenggara

Serat TENCEL dan LAKUMAS Dukung Pemberdayaan Perempuan Pegiat Tenun di Asia Tenggara

Foto istimewa Lenzing Group, serat TENCEL

Merek serat alami dan ramah lingkungan untuk tekstil dari Lenzing Group, serat TENCEL™, berkolaborasi dengan salah satu mitra produsen benang dan kain, PT Laksana Kurnia Mandiri Sejati (LAKUMAS), untuk berpartisipasi dalam perhelatan mode pertama di Asia Tenggara yang didedikasikan untuk kain tenun tradisional, TENUN Fashion Week.

Diselenggarakan pada 15 – 17 Oktober 2021 secara virtual, ajang fashion show ini juga menghadirkan sejumlah ahli di industri tekstil dan tenun yang akan berbagi tentang inovasi dan kreasi produk tenun dengan material ramah lingkungan dan berkelanjutan, serta program untuk memberdayakan para perempuan pegiat tenun agar dapat memberikan dampak ekonomi dan sosial yang positif bagi komunitasnya.

Dalam sesi diskusi yang bertajuk “Innovation in Woven Textiles” pada hari pertama TENUN Fashion Week, Marketing Director LAKUMAS, Erick Halim, akan memberikan pemaparan tentang inisiatif yang dilakukan perusahaan untuk memberdayakan para perempuan pegiat tenun, serta inovasi dan keunggulan produk tenun yang menggunakan serat TENCEL™. Sesi ini juga akan dihadiri oleh para ahli di bidang tekstil — Celia Elumba, perwakilan dari Philippine Textile Research Institute (PTRI), dan Dr. Sitthichai Smanchat, dari Ubon Ratchathani University, Thailand.

Di hari ketiga TENUN Fashion Week ini, LAKUMAS bersama dengan Edric Ong, dari Eon Company, Sarawak – Malaysia, akan memperkenalkan lima koleksi kain tenun yang bertajuk “Off The Loom”. Koleksi ini menampilkan desain yang anggun dan menawan, serta dibuat secara berkelanjutan dengan menggunakan benang Candimas yang terbuat dari serat TENCEL™. “Benang Candimas ini telah banyak dipakai oleh penenun di seluruh Indonesia untuk beragam kain tradisional — mulai dari Songket Sumatera, Batik Pekalongan, hingga Tenun Ikat asal NTT.

Serat TENCEL™ membuat benang Candimas memiliki banyak keunggulan. Selain warna yang cerah, kualitas, ketahanan, hingga kemudahan untuk diolah dengan material tekstil lainnya membuat kain tenun ini tidak hanya istimewa namun juga ramah lingkungan. Kami yakin material yang alami seperti serat TENCEL™ mampu menciptakan industri tenun dan tekstil yang lebih berkelanjutan dari sisi ekonomi maupun sosial,” ujar Erick.

Serat TENCEL™️, yang menjadi bahan utama pembuatan benang dan kain, terbuat dari pulp kayu yang berasal dari hutan industri yang dikelola secara berkelanjutan dan bersertifikasi. Karena terbuat dari bahan dasar yang alami, produk tekstil yang mengandung serat ini mampu terurai kembali ke alam, sehingga aman terhadap lingkungan dan mengurangi pencemaran.

“Sebagai pelaku di industri tekstil, kami di Lenzing melihat produk tenun sebagai warisan budaya yang perlu diberdayakan, termasuk para pegiatnya. Kami sangat senang dan antusias dapat memberikan dukungan bagi LAKUMAS, sebagai salah satu mitra yang terus berkomitmen memberdayakan para perempuan penenun di seluruh Indonesia bahkan Asia Tenggara, untuk berinovasi menciptakan hasil tenunan yang tidak hanya bernilai ekonomi, tetapi juga ramah terhadap Bumi,” kata Mariam Tania, Marketing and Branding Manager for Lenzing Group, Asia Tenggara dan Oseania.

Selama bertahun-tahun, sejarah dan budaya masyarakat Asia Tenggara tertuang dalam keindahan dan keberagaman kain tenun tradisional. Industri kain tenun di Asia Tenggara mayoritas digerakkan oleh para perempuan. Dalam situasi yang penuh tantangan seperti saat ini, komunitas perempuan pegiat tenun ini membutuhkan dukungan dari berbagai pihak untuk bertahan dan berkembang, melalui inovasi dan teknologi. TENUN Fashion Week juga turut mendukung ASEAN’s Strategic Plan on Culture and Arts 2016-2025 dengan memfasilitasi interaksi dan kolaborasi antar negara, membangkitkan rasa kepemilikan terhadap warisan budaya Asia Tenggara, serta mendorong pembangunan yang inklusif serta berkelanjutan melalui budaya.

Gelaran TENUN Fashion Week dapat disaksikan secara virtual melalui Halaman Facebook dan YouTube TENUN Fashion Week. Acara akan dimulai setiap pukul 18.00 WIB, mulai tanggal 15 Oktober 2021.

(***)

Bagikan Artikel Ini