Beranda » Resep Cemilan Kerupuk Seblak Bumbu Pecel

Resep Cemilan Kerupuk Seblak Bumbu Pecel

DELIA DWI PURNAMASARI 171011201602

MAHASISWA AKUNTASI UNIPERSITAS PAMULANG

“Kerupuk Seblak Bumbu Pecel ala @DELI-Ciousnack ini memiliki 2 inovasi variant yaitu kerupuk yang ngembang dan yang bantet, dengan level pedas yang berbeda, seperti original, pedas sedang dan pedas gila. Selain itu, bahan baku Kerupuk Seblak Bumbu Pecel ala @DELI-Ciousnack mudah di dapat dan berkualitas, sehingga menghasilkan tekstur kerupuk yang renyah, gurih dan tidak lengket di gigi. Kerupuk Seblak Bumbu Pecel ala @DELI-Ciousnack juga terdapat beberapa ukuran, ada yang 90gr, 250gr dan 600gr.” Ucap Delia Dwi Purnamasari yang merupakan owner dari Kerupuk Seblak Bumbu Pecel ala @DELI-Ciousnack.

Kerupuk Seblak Bumbu Pecel ala @DELI-Ciousnack merupakan cemilan yang dapat dinikmati oleh semua orang baik dari kalangan anak-anak hingga kalangan dewasa, karena banyak sekali masyarakat yang menyukai olahan dari kerupuk. Sehingga dengan adanya potensi pasar yang luas, Kerupuk Seblak Bumbu Pecel ala @DELI-Ciousnack menangkap peluang yang ada untuk menjalankan usaha ini. Kerupuk Seblak Bumbu Pecel ala @DELI-Ciousnack berbeda dengan kerupuk seblak lainnya, produk Kerupuk Seblak Bumbu Pecel ala @DELI-Ciousnack memiliki tiga varian, yaitu Original (tidak pedas), pedas sedang, dan pedas gila.

Seperti apa yang dikatakan Delia Dwi Purnamasari—yang merupakan owner dari Kerupuk Seblak Bumbu Pecel ala @DELI-Ciousnack juga mahasiswi Universitas Pamulang, jurusan Akuntansi S1 Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Bisnis. “Harga jual yang diberikan sangat terjangkau untuk kalangan mahasiswa yaitu @Rp5.000,-/Pcs, dan untuk memperoleh bahan bakunya juga tidak sulit.” Selain itu ia juga menjelaskan alur produksi Kerupuk Seblak Bumbu Pecel ala @DELI-Ciousnack sebagai berikut:

Keterangan alur produksi:

  • Tahap pertama ialah pemilihan bahan baku yang berkualitas, dimana kualitas bahan baku yang dibutuhkan berorientasi pada kerupuk yang renyah, tidak keras juga tidak lengket di gigi, seperti kerupuk merk Matahari Pagi. Bumbu Pecel yang dipilih juga yang kering, tidak basah, karena hal itu akan berpengaruh terhadap berapa lama produk bertahan. Begitu juga dengan daun jeruk dan kencur yang dipilih dari tukang sayur setempat. Perlengkapan kemasan pelastik standing pouch dipilih yang tebal, seperti pelastik merk Kacer dan Davina, karena jika pelastiknya tipis akan mudah rusak dan mempengaruhi kualitas produk Kerupuk Seblak Bumbu Pecel ala @DELI-Ciousnack.
  • Tahap kedua ialah proses pencetakan stiker dari percetakan setempat yang memiliki kualitas print gambar yang bagus, tidak pecah dan tidak berubah warna.
  • Tahap ketiga ialah proses penempelan stiker pada kemasan pelastik standing pouch.
  • Tahap keempat ialah proses inti pada produksi Kerupuk Seblak Bumbu Pecel ala @DELI-Ciousnack, dimana cara memasak kerupuk ini yaitu kerupuk di rendam terlebih dahulu di dalam minyak dingin kurang lebih 5-10 menit, lalu nyalakan kompor dengan api kecil aduk terus hingga kerupuk naik keatas minyak atau mengambang dan bewarna kecoklatan, lalu angkat dan tiriskan, letakan kerupuk di dalam wadah.
  • Tahap kelima ialah proses penghalusan bumbu, seperti kencur, daun jeruk dan bumbu pecel. Campurkan bumbu pecel dengan kencur yang sudah dimasak dan dihaluskan, siapkan cabe bubuk yang sudah dicampurkan dengan penyedap rasa.
  • Tahap keenam ialah proses pencampuran semua bahan baku, seperti kerupuk, bumbu pecel, daun jeruk dan bubuk cabe di campur jadi satu lalu diaduk hingga merata.
  • Tahap ketujuh ialah proses quality control, di cek apakah level pedas sudah sesuai takaran atau belum, dan juga mengecek rasa apakah sudah sesuai, pas, enak juga gurih.
  • Tahap kedelapan ialah proses pengemasan, kerupuk yang sudah siap dikemas dalam pelastik standing pouch yang sudah ditempelkan stiker.
  • Tahap terkahir ialah proses pemasaran.

“Konsep pemasaran dari usaha Kerupuk Seblak Bumbu Pecel ala @DELI-Ciousnack ini adalah e-commerce seperti shopee dan media masa online seperti Whatsapp, Facebook dan Instagram, dan menggunakan satu tempat untuk produksi tanpa membuka toko offline. Usaha Kerupuk Seblak Bumbu Pecel ala @DELI-Ciousnack ini berlokasi di Griya Parung Panjang Blok B3/C12 RT04/06 desa Kabasiran, kecamatan Parung panjang, kabupaten Bogor, provinsi Jawa barat. Pemasaran online dipilih karena akan lebih hemat dari segi biaya dan tenaga, dimana pengelolaan usaha hanya akan berfokus pada penjualan secara online. Dengan begitu, Kerupuk Seblak Bumbu Pecel ala @DELI-Ciousnack dapat menjangkau pasar yang lebih luas, karena produk ini aman untuk dikirim secara nasional. Dan keuntungan yang didapatkan akan lebih maksimal.” Ucap Delia Dwi Purnamasari.

Dengan memanfaatkan peluang yang ada Kerupuk Seblak Bumbu Pecel ala @DELI-Ciousnack dapat memberikan lapangan pekerjaan kepada masyarakat sekitar sesuai kebutuhan yang diperlukan serta dapat memotivasi teman – teman mahasiswa untuk berwirausaha yang akan terus berkembang.

Bagikan Artikel Ini