Beranda » Budaya Kesenian “Tari Topeng Ireng”

Budaya Kesenian “Tari Topeng Ireng”

Deskripsi Data

Topeng Ireng merupakan salah satu kesenian tradisional yang berkembang di daerah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, namun seiring perkembangan zaman tarian ini sudah sangat jarang ditemukan.

Tarian ini hanya ada dibeberapa tempat khususnya ditempat awal berkembangnya seni ini yang masih menyajikan dan menampilkan sebagai pengenalan tarian khas Jawa Tengah pada masyarakat Modern.

Analisis Pertunjukan

Dalam pertunjukan topeng ireng ini memiliki beberapa unsur intrinsik yang mengarah kepada tata rias dalam pertunjukannya yang diiringi oleh alat musik tradisional, alat musik yang biasa digunakan untuk mengiringi pertunjukan ini sangat sederhana yaitu terdapat gamelan, kendang, seruling, dan rebana.

Dan dalam pertunjukan topeng ireng ini dihiasi oleh kostum yang menyerupai seperti pakaian khas adat Dayak.

Tarian ini menggunakan kostum hiasan warna-warni yang berbentuk seperti mahkota dan menghiasi kepala penari dan kostum bagian bawah seperti pakaian suku Dayak.

Rok yang berumbai-rumbai dan alas kaki seperti sepatu boot dengan dihiasi gelang kelintingan yang akan menimbulkan suara riuh saat pertunjukan dimulai.

Topeng ireng ini terbagi dalam 2 jenis tarian, tarian yang pertama adalah tarian yang disebut dengan Rodat berarti dua kalimat syahadat yang menampilkan gerakan pencak silat sederhana dan diiringi oleh lagu syiar islami.

Adapun jenis tarian kedua yang dapat disebut dengan Monolan, tarian ini melibatkan penari unik yang menggunakan kostum hewan karena dalam hal ini mengandung unsur mistik serta keahlian pencak silat tingkat tinggi.

Interpretasi

Tarian Topeng Ireng ini memiliki unsur keindahan tersendiri bagi para penikmatnya, terutama tarian tersebut memberikan dan memperkenalkan budaya adat istiadat yang diperkenalkan pada muka umum yang berasal dari Jawa Tengah.

Tarian ini memiliki peranan yang cukup penting bagi lingkungan sekitar, karena tarian ini merupakan seni pertunjukan rakyat yang biasa dilakukan dalam rangka memperingati acara tertentu.

Misalnya seperti dilakukan dalam festival rakyat, upacara bersih desa, dan dalam pertunjukan ini tidak ditentukan waktu, yang artinya memiliki waktu fleksibel dalam pertunjukan tersebut namun biasanya pertunjukan ini memakan waktu 8-15 menit.

Evaluasi Pertunjukan

Dari hasil pertunjukan tari topeng ini secara keseluruhan memiliki fungsi dan pesan moral yang dapat disampaikan, pertunjukan ini sangat menarik dan unik untuk ditampilkan dalam seni pertunjukan teater nasional yang akan menjadi internasional.

Namun terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pementasaannya, yaitu konsentrasi yang kuat agar menimbulkan kekompakan tarian tersebut di dalam kelompok agar dapat mengatasi kesalahan saat melakukan pertunjukan.

Pesan dan Kesan

Pertunjukan tari ireng ini memiliki 2 jenis tarian yang dapat dijadikan 1 dalam pementasan, serta memiliki kostum yang sebenarnya dapat membawa dan memperkenalkan 2 budaya adat yang berbeda.

Karena dalam tarian ini menunjukan semangat penari dan meluapkan unsur ekspresif mereka yang menambah suasana saat mengeluarkan realitas dan totalitas dalam pertunjukan yang akan menjadi emosional.

Saran

Seni pertunjukan di Indonesia sangat banyak dan layak dikagumkan, seharusnya dalam pertunjukan ini perlu difasilitasi tempat agar masyarakat lokal ataupun internasional dapat menyaksikan secara langsung di hadapan umum.

Karena akan menguntungkan bagi kita, terutama dari segi tarian dan alat musik yang digunakan dalam tarian ini dapat menarik daya minat penonton karena keunikannya.

Serta dapat memperkenalkan tarian tradisional budaya Indonesia kepada seluruh negara di era modern ini agar menjadi suatu kebanggaan untuk negeri tercinta ini.

Bagikan Artikel Ini