Beranda » Ready! Flex! Ship! FedEx Memperkuat Kapabilitas di AMEA untuk Meningkatkan Pengiriman di Momen Liburan  

Ready! Flex! Ship! FedEx Memperkuat Kapabilitas di AMEA untuk Meningkatkan Pengiriman di Momen Liburan  

Ready! Flex! Ship! FedEx Memperkuat Kapabilitas di AMEA untuk Meningkatkan Pengiriman di Momen Liburan

FedEx Express (FedEx), anak perusahaan FedEx Corp. (NYSE: FDX) yang merupakan salah satu perusahaan transportasi ekspres terbesar di dunia, memperkuat jaringannya dan kapabilitas e-commerce untuk mempersiapkan bisnis di Kawasan Asia Pasifik, Timur Tengah dan Afrika, menghadapi puncak liburan.

Ledakan penjualan pada platform e-commerce yang juga dipercepat oleh pandemi Covid-19 ini diperkirakan akan terus berlanjut. Pembelanjaan online secara global diestimasikan akan meningkat hingga 11% dari tahun ke tahun  menjadi $910 miliar selama momen liburan mendatang. Asia Pasifik  telah menyumbang lebih dari 60% penjualan ritel online, yang menjadi bukti bahwa belanja online semakin tinggi peminatnya.

Misalnya, festival belanja online terbesar di China – Singles’ Day – diharapkan dapat memacu pertumbuhan ritel online lebih tinggi di seluruh wilayah Asia Pasifik, Timur Tengah dan Afrika. Di Asia Tenggara, sekitar 40% e-tailer mengatakan hasil penjualan selama musim liburan dapat mewakili sebagian besar jumlah penjualan tahunan mereka. Di Timur Tengah dan Afrika, 22% konsumen siap berbelanja online selama Black Friday dan Cyber ​​Monday.

Dengan pertumbuhan e-commerce yang pesat dan volume pengiriman yang kian meningkat, FedEx berharap momen puncak di 2021 dapat memenuhi atau melampaui musim liburan di 2020. Tantangan-tanganan pada rantai pasokan, termasuk pengiriman logistik melalui laut, juga berperan dalam menambah permintaan kapasitas kargo melalui udara sebagaimana para pelaku bisnis meningkatkan stok mereka untuk musim liburan. Di wilayah AMEA, perusahaan telah mengambil langkah-langkah dalam menyambut musim liburan ini, diantaranya dengan menambah tenaga kerja, memperluas fasilitas, mengoptimalkan jaringan, serta menyediakan solusi e-commerce yang inovatif untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Menambah Kapasitas dan Fasilitas: FedEx telah meningkatkan kapasitas jaringannya dengan menambahkan enam penerbangan antar benua di jalur dengan permintaan tinggi, yang menghubungkan Asia Pasifik, Amerika Serikat dan Eropa. Secara total terdapat 225 penerbangan setiap minggunya yang dioperasikan perusahaan di dalam dan di luar kawasan. FedEx juga menciptakan konektivitas dan mempersiapkan ketahanan operasional saat musim liburan.

Selain itu, FedEx telah membuka fasilitas gerbang baru di Clark, Filipina, pada bulan Oktober lalu guna mendukung pertumbuhan e-commerce untuk permintaan pengiriman massal dan barang besar yang keluar dan masuk dari Asia selama musim liburan.

Memaksimalkan e-commerce: Untuk memberdayakan e-tailers dengan menyediakan akses instan ke portfolio e-commerce FedEx yang kuat dan memberikan solusi pengiriman berbiaya terjangkau tanpa perlu mengganti platform atau akun, FedEx meluncurkan program FedEx Compatible and Alliance, yang merupakan kerja sama dengan platform e-commerce terkemuka di wilayah Asia Pasifik.

Perusahaan juga memperkenalkan solusi  pengiriman baru berdasarkan penentuan waktu yaitu  FedEx International Connect Plus (FICP) yang menawarkan keunggulan dari aspek kecepatan dan harga yang menarik untuk menjawab kebutuhan konsumen yang terus meningkat terhadap layanan pengiriman internasional dan memastikan barang akan dikirimkan dalam waktu 1 hingga 5 hari kerja di wilayah tersebut.

Memperbaiki Visibilitas dan Mempersonalisasi Layanan: Untuk mengantisipasi pelacakan barang dan meningkatkan preferensi layanan pengiriman yang dipersonalisasi, FedEx juga meningkatkan layanan FedEx Delivery Manager, yang memungkinkan pelanggan untuk menyesuaikan waktu, lokasi dan pilihan pengirimannya.

Para penjual online bisa menawarkan pelanggan untuk melacak barang, mendapatkan notifikasi dari aplikasi FedEx Mobile dan memeriksa status pesanan keluar dan masuk. FedEx juga menyediakan pengiriman yang fleksibel seperti penjemputan dan pengembalian barang dengan jaringan ritel mereka.

Merekrut Lebih Banyak Tenaga Kerja: FedEx Corp dan perusahaan operasionalnya berencana untuk merekrut 90.000 anggota baru di Amerika Serikat sebagai bagian dari upaya untuk menjamin ketersediaan jumlah tenaga kerja yang memadai untuk menghadapi lonjakan pengiriman.

“Tidak pernah terlalu dini untuk membuat rencana pengiriman lebih awal. Hal ini berlaku terutama pada saat musim liburan yang akan datang dengan memecahkan rekor volume pengiriman sebelumnya. Faktanya, hampir setengah dari konsumen di seluruh dunia (48%) berencana untuk memulai belanja saat liburan di awal tahun ini, termasuk 21% yang sudah mulai berbelanja di bulan September,[8]” kata Kawal Preet, President, Asia Pacific, Middle East and Africa (AMEA) region, FedEx Express.

“Di FedEx, kami berupaya untuk membantu e-tailer memenangkan penjualan e-commerce sambil menavigasi lanskap rantai pasokan yang kompleks. Dengan jaringan kami yang semakin luas, layanan yang ditingkatkan, dan rangkaian solusi e-commerce, bisnis yang termasuk para e-tailer sekarang memiliki alat dan waktu yang tepat untuk memberikan kepuasan terhadap pelanggan mereka melalui pengiriman yang cepat, fleksibel, hemat biaya, dan lancar di musim liburan ini,” lanjutnya.

(***)

Bagikan Artikel Ini