Beranda » Pesantren Mualaf Dompet Dhuafa Mendapat Penghargaan MUI

Pesantren Mualaf Dompet Dhuafa Mendapat Penghargaan MUI

Foto istimewa Dompet Dhuafa

Pesantren Mualaf Indonesia (PMI) Dompet Dhuafa (DD) menerima Anugerah LDK Award 2021 dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat. Sekretaris Jenderal (Sekjen) MUI Pusat Dr. KH. Amirsyah Tambunan, MA menyerahkan Anugerah LDK Award itu kepada  Koordinator Respon PMI-Dompet Dhuafa  M. Aris Alwi, pada acara “Diklat Nasional Kristologi Ke-6”, di Bekasi, Jawa Barat  Sabtu (2/10/2021).

Menurut Sekjen MUI  penghargaan pertama kali itu diberikan kepada individu dan lembaga yang sungguh-sungguh dan berkelanjutan dalam menangani mualaf. “Mulai dari pembinaan, advokasi kehidupan para mualaf, advokasi kesehatan, termasuk kekerapan layanan konsultasi mualaf.”

Sekjen MUI di hadapan 150-an peserta diklat se-Indonesia juga memberi apresiasi tinggi kepada lembaga kemualafan yang terus intensif terhadap penanganan mualaf. Peserta diklat menyambut suka-cita atas apresiasi itu.

PMI Dompet Dhuafa sendiri merupakan program yang direncanakan matang dan mulai diintensifkan membina mualaf sejak 2017. “Pendekatan yang kami gunakan  berkiblat pondok pesantren. Ada kurikulum,  ada pendampingan, dan ada capaian-capaian terencana lainnya,” ungkap Ahmad Pranggono Senior Officer Layanan Dakwah.

Pada sisi lain, Fajar SN selaku Pelaksana Nasional PMI-DD mengabarkan, PMI-DD baru fokus berprogram melayani mualaf di Jakarta-Banten-Jawa Barat. Di luar itu baru bisa melayani mualaf di Alor (NTT), Manado (Sulut), dan Pekan Baru (Riau). “Dompet Dhuafa mengajak semua semua pihak untuk terus peduli dan berbagi melayani mualaf. Zakat,  infak/sedekah, dan wakaf terbukti bisa menguatkan keimanan dan keislaman mualaf yang dibina.

TENTANG DOMPET DHUAFA

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.

(***)

Bagikan Artikel Ini