Beranda » Peran Penyuntingan Bahasa Indonesia dalam Meningkatkan kualitas Buku University Press

Peran Penyuntingan Bahasa Indonesia dalam Meningkatkan kualitas Buku University Press

Penyuntingan Bahasa dalam meningkatkan buku  akademik pada university di perguruan tinggi ialah sangat penting hal ini karena buku-buku menjadi acuan untuk dibaca oleh kalangan akedemik dan menjadi bahan untuk memperoleh sumber daya membuat karya ilmiah. Metode penelitian yang digunakan pada jurnal ini dengan  Pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek  penelitian adalah lembaga yang berkaitan dengan university press di Indonesia dan personal yang terlibat dalam university press seperti pimpinan perguruan tinggi, dosen, pimpinan dan staf  university  press, penulis, penyunting, serta mahasiswa. Hasil dari penilitian diperoleh perlu adanya perhatian khusus dalam dunia penyuntingan dalam meningkatkan kualitas buku akademik pada university press di perguruan tinggi karena Berkaitan dengan hal tersebut maka pernah pembenahan manajemen university press baik  secara internal maupun eksternal.

Dalam penyuntingan Buku University Press ada beberapa point penting yang harus dipahami hal ini menjadi dasar tentang kualitas buku press itu sendiri, sebagai berikut:

1.Bahasa yang meliputi, (1) Apakah judul bab harus ditulis dengan kapital semua; (2) Apakah boleh ada tanda baca dalam judul bab, subbab, dan sub- subbab; (3) Kata-kata mana yang tidak boleh ditulis dengan huruf kapital?

2.Tipografi  yang meliputi, (1) Berapa  poin  selayaknya  perbedaan ukuran  fonta antara bab, subbab, dan sub-subbab; (2) Apakah bab, subbab, dan sub-subbab perlu dicetak tebal (bold)?

3.Sistematika yang meliputi, (1) Apakah penomoran bab menggunakan angka Arab atau angka Romawi?; (2) Apakah penomoran subbab dan sub- bab menggunakan sistem desimal (angka) atau gabungan angka dan huruf?

4.Tata Letak yang mencakup berapa poin perbedaan jarak antarbaris setiap perpindahan subbab dan sub-subbab, yaitu antara after dan before-nya?

Dapat kita lihat point-point di atas menegaskan bahwa sistematika penulisan buku untuk university press di perguruan tinggi menekankan point (1) bahasa yang meliputi (2) tipografi yang meliputi (3) sistematika yang meliputi (4) tata letak. hal ini bisa di simpulkan.

(1) bahasa yang meliputi harus menggunakan ejaan yang benar dalam bahasa indonesia merujuk kepada ejaan kbbi V

(2) tipografi yang meliputi harus mengacuh kepada penulisan itu dimana tipografi ini sangat penting dalam penulisan buku itu sendiri

(3) sistematika penulisan yang jelas karena penulisan yang tidak terstuktur akan membuat tulisan itu tidak mudah dipahami oleh pembaca

(4) tata letak hal ini membuat tata letak mempengaruhi komponen-komponen dari point (1) sampai (3)

Peran penyunting bahasa dalam meningkatkan kualitas buku pada University press di perguruan tinggi menentukan buku-buku yang dihasilkan oleh universit. Buku yang dihasilkan memiliki kelebihannya sesuai dengan peraturan yang dibuat. Oleh sebab itu menyunting buku press harus memahami point-point seperti: bahasa, tipografi, sistematik penulisan, dan  tata letak. Dimana point-point yang disebutkan tersebut harus dipahami terlebih dahulu sebelum menyunting buku press.

Kegiatan penyunting bahasa pada buku university harus memiliki pemahaman yang luas oleh karena itu, seluk-beluk pada jurnal ini memberikan penjelasan tentang apa peran penting penyunting bahasa dalam meningkatkan kualitas buku akademik pada university press di perguruan tinggi.

Bagikan Artikel Ini